Film Animasi Karya Anak Bangsa yang Terpopuler

Jangan kita kira bahwa Negara Tanah Air kita ini tidak bisa menciptakan film animasi yang tak kalah keren dari animasi Amerika ataupun Jepang. Berikut beberapa film Anmiasi buatan Indonesia yang tak kalah keren dari Amrika dan Jepang.


TongkolPedia - Jika klian mendengar kata Animasi mungkin kalian berpikir tentang film animasi terkenal buatan Amerika ataupun Jepang bukan? Itu gak salah kok. Memang benar jika Negara Amerika dan Jepang terkenal dengan film animasi mereka yang banyak disukai kalangan Anak-anak, remaja , bahkan dewasa.

Tetapi jangan kita kira bahwa Negara Tanah Air kita ini tidak bisa menciptakan film animasi yang tak kalah keren dari animasi Amerika ataupun Jepang. Berikut beberapa film Anmiasi buatan Indonesia yang tak kalah keren dari Amrika dan Jepang.


Film Animasi Karya Anak Bangsa Yang Terpopuler



1. Battle Of Surabaya

Image: Battle Of Surabaya

Battle Of Surabaya adalah film animasi yang di produksi oleh MSV Pictures pada 20 Agustus 2015. Film merupakan film Animasi 2D petama di Indonesia. FIlm ini menceritakan tentang Petualangan seorang Remaja yang bernama Musa yang bekerja sebagai seorang tukang semir sepatu yang menjadi pejuang Arek-Arek Suroboya dan TKR pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Film ini dibuat dengan tokoh-tokoh nyata dan juga terdapat tokoh fiktif yang ditujukan agar memperkuat pesan yang ingin disampaikan film ini seperti Pesan agar tetap semangat, Cinta tanah air, dan juga perdamaian.


2. Meraih Mimpi ( Sing to the Dawn )
Image: Meraih Mimpi ( Sing to the Dawn )

Meraih Mimpi adalah film animasi 3D musikal pertama di Indonesia. Film ini di produksi oleh Mediacorp Raintree Pictures pada 16 September 2009 di Indonesia. Film ini merupakan versi lokalisasi dari bahasa Inggrisnya yang berjudul Sing to the Dawn. 

Meraih mimpi menceritakan tentang Dana (Gita Gutawa) seorang gadis kecil yang tinggal di sebuah desa di Batam. Desa tempatnya tinggal itu dikuasai oleh Pairot (Surya Saputra). Pairot membebani warga dengan wajib membayar pajak tanah yang cukup tinggi. Setelah mengetahui kebijakan jahat dari Pairot itu, Dana beserta adiknya berusaha memperjuangkan Desa yang mereka cintai itu.





3. Pada Suatu Ketika
Image: Pada Suatu Ketika
Pada Suatu Ketika Adalah film yang mengangkat cerita robot seperti di film Transformer. Film ini di Produksi oleh Studio Lakon Animasi. Studio Lakon Animiasi membuat film ini dengan tujuan untuk membuktikan bahwa Orang Indonesia mempu memproduksi film Animasi dengan grafis yang keren dan tak kalah dengan Animasi luar negeri.

Film Pada Suatu Ketika ini menceritakan tentang bagaimana reaksi masyarakat di Indonesia bertemu dengan UFO  dan robot canggih di lingkungan mereka.




4. Petualangan Si Adi
Image: Petualangan Si Adi
Petualangan Si Adi merupakan film yang di prodksi oleh 50 siswa dari 10 SMK se-Indonesia. Film ini dirilis pada 24 Oktober 2013.  



FIlm ini menceritakan tentang Adi seorang Siswa SMK yang sangat cerdas dan Mandiri. Adi ini dirawat dan dibesarkan oleh kakeknya. Ibu Adi sudah meninggal dunia saat melahirkan Adi dan ayahnya pergi merantu. Pada saat di perantauan itulah ayah Adi berubah menjadi jahat dan menjadi musuh Adi.





5. Samufly
Image: Samufly


Samufly merupakan film yang menceritakan tentang lalat yang sangat mencinta kebersihan. setelah kalian nonton film ini, yakin pikiran kalian tentang lalat akan berubah 180 derajat. Samufly membasmi para Gerombolan lalat jahat yang berusaha agar Bumi kotor dan bertebaran sampah.




6. Keluarga Somat
Image: Keluarga Somat

Keluarga Somat adalah serial animasi yang di produksi oleh Dreamtoon dan episode pertama dirilis pada 8 Juni 2013. Serial animasi ini menceritakan tentang kehidupan sehari hari keluarga Pak Dudung yang memiliki istri Inah dan memiliki anak Dudung & Nunung yang penuh dengan keceriaan dan lelucon yang membuat para pendengar tertawa.

Serial animasi Keluarga Somat ini pernah mendaptkan penghargaan Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia 2015 kategori Program Animasi Terbaik pada tahun 2015.



7. Adit Sopo Jarwo
Image: Adit Sopo Jarwo

Adit Sopo Jarwo merupakan serial animasi Indonesia yang di produksi oleh MD Animation. Episode pertama serial ini rilis pada tanggal 27 Januari 2014 dan disiarkan pertama kali di MNCTV.
Serial ini menceritakan tentang Kisah hidup Adit dan teman temannya sehari hari yang penuh dengan keceriaan dan mereka harus berhadapan dengan dua orang yang ingin mendapatkan penghasilan tanpa usah yaitu, Sopo dan Jarwo.