Kebiasaan Salah Yang Membuat Laptop Cepat Rusak

Pengguna Laptop terkadang melakukan hal sepele pada saat memainkan laptop tanpa tahu akibat yang akan ditimbulkan jika ia melakukan hal tersebut.

TongkolPedia - Di zaman modern saat ini, komputer sudah tidak menjadi barang mahal lagi. Itu karena hampir semua orang sudah memilikinya dan sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Laptop menjadi pilihan utama, karena laptop sangat praktis untuk dibawa kemana-mana dibanding PC.

Tetapi, kepraktisan tersebut ternyata memperbesar kemungkinan laptop cepat rusak apabila tidak diperhatikan cara memainkan dan menjaganya. Berikut ini kebiasaan sepele yang ternyata sangat fatal bagi nyawa laptop kamu.

Kebiasaan Salah Yang Membuat Laptop Cepat Rusak


1. Bermain Laptop Diatas Bantal atau Kasur

Image: Bermain Laptop Diatas Bantal atau Kasur (Jalantikus.com)
Sepertinya hal seperti ini terdengar sepele dan banyak yang melakukannya. Padahal hal ini tidak boleh dilakukan karena sangat bahaya. Orang-orang hanya tahu pembuangan angin panas pada laptop terletak pada bagian samping atau bawah laptop yang jika kita lihat terdapat sirip-sirip pendingin prosesor. Mereka semua tidak tahu bahwa ada tempat untuk udara masuk pada laptop.

Logikanya, jika ada udara yang keluar, pasti ada udara yang masuk. Nah begitu pula dengan laptop yang memiliki tempat masuknya udara pada bagian bawah laptop. Jika lubang sirkulasi udara tersebut tertutup, maka prosesor akan menjadi sangat panas dan bisa menyebabkan kematian. Kemudian, debu yang terdapat pada kasur atau bantal, sangat mudah masuk kedalam sirkulasi udara yang dapat menghambat keluarnya udara panas.

2. Menggeser Laptop Ketika Sedang Menyala

Image: Menggeser Laptop Ketika Sedang Menyala (Bakulindo.com)
Ketika laptop sedang dalam keadaan menyala, maka hardisk pun juga ikut menyala. Dengan kita menggeser laptop, maka akan menimbulkan getaran yang memeungkinkan hardisk juga ikut bergetar dan akan menyebabkan terdapat goresan-goresan pada hardisk.

Akibatnya hardisk akan menjadi Bad Sector yang membuat laptop sangat lemot bahkan akan rusak dan tidak terbaca lagi.

3. Tidak Pernah Menyalakan Laptop Dalam Waktu Lama

Image: Tidak Pernah Menyalakan Laptop Dalam Waktu Lama (Njt.co.id)
Banyak orang yang mengira bahwa jika ingin sebuah benda awet, maka kita harus menyimpannya saja. Hal ini tidak berlaku pada Laptop. Karena jika kita tidak pernah memainkan atau menyalakan laptop dalam waktu lama, maka itu sangat berbahaya.

Jika tidak pernah dinyalakan, maka komponen-komponen yang ada pada laptop akan cepat mengalami korosi atau pengkaratan.

4. Menyalakan Laptop Pagi Hari

Image: Menyalakan Laptop Pagi Hari (Hencozs.blogspot.com)
Apakah kamu pernah mengalami kejadian laptop yanh tidak bisa hidup padahal semalam masih bisa? Nah, mungkin kamu pernah melakukan hal ini.

Udara yang dingin pada malam hari dan pagi hari dapat membuat bagian dalam laptop mengembun. Nah, embun pada bagian dalam laptop itu akan mengendap dan menimbulkan bercak air pada bagian dalam. Jika kamu menghidupkan dalam keadaan ini, maka akan tamatlah atau rusaklah laptop kamu.


Itulah beberapa hal sepele yang banyak dilakukan tetapi sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup laptop kesayangan kamu. Maka dari tiu, hidarilah hal diatas untuk memperkecil kemungkinan yang tidak diinginkan pada laptop kamu.