Waktu Terbaik Untuk Mencharger Smartphone Yang Perlu Diketahui

Semua orang ketika baterai nya hampir habis tentu akan melakukan pengisian daya atau charger. Nah kapan sih waktu paling tepat untuk mencharger?

TongkolPedia - Bukan hanya kamera dan Fingerprint saja, tetapi Baterai juga termasuk komponen yang sangat penting untuk kamu jaga dan rawat. Tanpa baterai, Smartphone kamu yang secanggih apa pun tidak akan bisa dibawa dan digunakan.

Mengingat sangat pentingnya baterai pada smaetphone, maka kamu wajib untuk menjaga baterai kamu agar tetap tahan dan berumur panjang. Cara menjaga baterai ini sangat mudah apabila kamu mengatahui waktu yang tepat untuk mencharger Smartphone.

Waktu Terbaik Untuk Mencharger Smartphone Yang Perlu Diketahui


1. Pada Saat Baterai Hanya Tersisa 10%

Image: Ilustrasi Mencharger Smartphone (Shopback.co.id)

Waktu terbaik untuk mencharger smartphone adalah pada saat baterai kamu tersisa 10%. Sebab, pada saat baterai kamu ingin habis, maka proses pengisian daya smartphone akan menjadi lebih cepat.

Hindari untuk mencharger smartphone pada saat baterai benar benar habis atau pada 0% dan hindari juga mencharger pada saat baterai penuh. Mencharger smartphone pada saat baterai habis akan membuat proses pengisian daya semakin lama. 

2. Pada Pagi Hari

Image: Ilustrasi Mencharger Smartphone (Tekno.kompas.com)

Disarankan kamu untuk mencharger baterai pada saat pagi hari setelah kamu bangun tidur. Apabila kamu mencharger malam hari dan meninggalkannya tidur, itu akan membuat baterai kamu overcharging dan memperpendek umur baterai itu sendiri. 

Alasan untuk mencharger smartphone pada pagi hari adalah karena kamu bisa melakukan proses pengisian daya sembari kamu mandi dan menyantap sarapan pagi sebelum beraktifitas dan tanpa khawatir overcharging.

3. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Image: Ilustrasi Mencharger Smartphone (Pintarkomputer.com)

Janganlah kamu sering sering melakukan charger pada saat baterai kamu masih banyak atau penuh. Ada baiknya kamu mencharger smartphone pada saat baterai kamu hampir habis atau 10%. Karena, jika baterai tinggal 10% dan kamu charger hingga 100% itu akan dihitung 1 siklus. 

Kemudian, apabila kamu mencharger baterai 60% atau tinggal setengah dan kamu tunggu hingga 100% itu juga akan dihitung 1 siklus. Umumnya sebuah baterai smartphone itu hanya bisa mencapai 500-1000 siklus dan artinya kamu hanya bisa mencharger sebanyak 500-1000 kali.


Demikian informasi yang TongkolPedia berikan mengenai Waktu-waktu terbaik mencharger Smartphone kamu. Semoga bermanfaat!