Cara Merawat Smartphone Games Agar Tetap Awet

Smartphone games sekarang sudah banyak dirilis. Para gamers terkadang tidak mengingat bahwa keselamatan smartphone nya sangat penting. Berikut beberapa cara untuk merawat smartphone games.
TongkolPedia - Pada zaman millennial ini, bermain game menjadi hal yang paling menyenangkan. Bermain games di smartphone lebih praktis dibanding bermain games di PC. Banyak para gamers yang rela meenghabiskan waktunya hanya dengan bermain games. Namun, kebanyakan dari mereka tidak memperhatikan kondiai Smartphone mereka dan cenderung asal-asalan. Tak jarang banyak dari mereka yang mengeluhkan smartphone mereka berumur pendek.

Maka dari itu, berikut ini beberapa cara yang bisa di terapkan agar smartphone games kamu tetap awet.

Cara Merawat Smartphone Games Agar Tetap Awet


1. Jangan bermain sambil di Charger


Terkadang kita saat sedang asyik bermain games tidak memperhatikan bahwa baterai kamu sedang penuh atau sedikit. Apalagi saat kamu bermain MOBA yang tidak dapat di hentikan saat baterai kamu low, maka kamu memutuskan untuk bermain games sambil mencharger smartphone.

Namun, untungnya smartphone saat ini sudah pintar untuk mengatur daya baterai ketika di charger sehingga tidak menyebabkan kebocoran baterai. Namun, hal ini tetap berbahaya bagi smartphone kamu karena baterai kamu berpotensi mengalami overheat atau bahkan meledak.

2. Gunakan Charger Original

Image:Charger Original (Palingseru.com)
Masalah charger terkadang dianggap remeh oleh sebagian orang. Di saat darurat terkadang para gamers meminjam charger ataupum powerbank milik teman. Namun dampaknya akan menjadi buruk jika terus terusan menggunakan charger yang tidak orisinil.

3. Jaga Temperatur Smartphone Agar Tetap Dingin

Image: Jaga Temperature Smartphone (Pinterest.com)
Terkadang kita lupa bahwa temperatur suhu smartphone juga perlu kamu perhatikan. Perlu kamu ingat bahwa jangan paksakan untuk bermain games jika smartphone terasa sudah panas. Disarankan keluarlah dari games dan diinginkan smartphone hingga temperatur normal.

4. Rutin Merestart Smartphone

Image: Restart Smartphone (Thedroidguy.com)
Hal yang terakhir ini yang sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Mereka terkadang tidak memikirkan RAM mereka. Menjaga performa RAM diperlukan agar menjaga kondisi smartphone agar tetap stabil. Saat bermain games, RAM kamu akan penuh dengan sampah tak berguna yang tidak bisa hilang sepenuhnya walaupun sudah dihapus. Cara yang paling efektif adalah dengan rutin restart smartphone minimal 3 hari sekali untuk merefresh RAM menjadi baru kembali.



Penutup

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu terapkan di rumah untuk menjaga smartphone games kamu tetap awet dan tahan lama. Apabila kamu memiliki tambahan silahkan cantumkan saja di kolom komentar dibawah ini.