Jarang Diketahui! Inilah Fungsi HDR Pada Kamera Smartphone

Perkembangan teknologi dalam smartphone bisa dibilang berjalan dengan sangat pesat. Bahkan hingga sekarang sangat banyak vendor smartphone seperti Oppo, Xiaomi, Vivo, dan lain sebagainya yang berlomba-lomba dalam mengembangkan smartphonenya masing-masing terutama pada bagian kamera. Jika ingin membeli smartphone, biasanya para pembeli melihat dari beberapa hal seperti RAM, Baterai, dan yang paling utama adalah Kamera. Sekarang hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur canggih. Namun, masih banyak dari pengguna smartphone yang belum mengetahui fungsi dari fitur-fitur tersebut, salah satunya adalah fitur HDR. Berikut ini fungsi dari HDR yang wajib kamu ketahui.
TongkolPedia - Perkembangan teknologi dalam smartphone bisa dibilang berjalan dengan sangat pesat. Bahkan hingga sekarang sangat banyak vendor smartphone seperti Oppo, Xiaomi, Vivo, dan lain sebagainya yang berlomba-lomba dalam mengembangkan smartphonenya masing-masing terutama pada bagian kamera.

Jika ingin membeli smartphone, biasanya para pembeli melihat dari beberapa hal seperti RAM, Baterai, dan yang paling utama adalah Kamera. Sekarang hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur canggih. Namun, masih banyak dari pengguna smartphone yang belum mengetahui fungsi dari fitur-fitur tersebut, salah satunya adalah fitur HDR. Berikut ini fungsi dari HDR yang wajib kamu ketahui.

Jarang Diketahui! Inilah Fungsi HDR Pada Kamera Smartphone


Sekarang hampir setiap smartphone sudah dilengkapi dengan fitur HDR pada kameranya. Namun, masih banyak pengguna yang belum mengetahui fungsi dari fitur ini. HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range. Berdasarkan Wikipedia, HDR merupakan salah satu fitur yang memungkinkan untuk mendapatkan gambar dengan jangkauan dinamis yang sangat tinggi.

Maksud dari pengertian tersebut adalah apabila kita menggunakan fitur HDR saat memotret sesuatu, maka foto yang diambil akan mendapatkan pencahayaan yang sangat baik. Nantinya foto yang kalian ambil tersebut akan terlihat lebih cerah ketimbang dengan foto yang diambil tidak menggunakan fitur HDR. Kamu bisa melihat perbandingannya berikut ini.

Kamera Tanpa Menggunakan Fitur HDR



Kamera Menggunakan Fitur HDR



Nah, sudah kelihatan banget kan perbedaanya? Namun, perlu kamu ingat bahwa tidak disarankan untuk menggunakan fitur HDR jika memotret di malam hari karena bisa membuat foto yang kamu ambil terlihat blur. Hal ini dikarenakan fitur HDR berfungsi untuk mendapatkan pencahayaan gambar secara paksa. Apabila digunakan di siang hari mungkin sangat cocok, namun jika di malam hari biasanya foto aakan terlihat blur.



Penutup

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui apa sebenarnya fungsi dari fitur HDR ini. Kesimpulannya adalah fitur HDR digunakan hanya untuk mendapatkan pencahayaan foto dengan kualitas yang sangat baik. Apabila kamu memiliki tambahan silahkan cantumkan saja di kolom komentar dibawah ini.