Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30

Samsung tampaknya sangat serius untuk memperbarui dan mempercanggih smartphone buatannya, dilihat dari cukup rajinnya Samsung mengeluarkan produk terbarunya. Misalnya saja pada seri Samsung Galaxy M. Belum cukup lama, Samsung meluncurkan Samsung Galaxy M10 dan M20. Kini, Samsung mengeluarkan kembali produkya yaitu Samsung Galaxy M30.
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30

TongkolPedia - Samsung tampaknya sangat serius untuk memperbarui dan mempercanggih smartphone buatannya, dilihat dari cukup rajinnya Samsung mengeluarkan produk terbarunya.

Misalnya saja pada seri Samsung Galaxy M. Belum cukup lama, Samsung meluncurkan Samsung Galaxy M10 dan M20. Kini, Samsung mengeluarkan kembali produkya yaitu Samsung Galaxy M30.

Bukan hanya melalui desainnya, Samsung kini berani keluar dari pakemnya dengan mengeluarkan berbagai spesifikasi yang lebih menarik pada Samsung Galaxy M30.

Kelebihan Samsung Galaxy M30


1. Layar yang Mendapat Upgrade

Layar Samsung Galaxy M30

Seri Samsung Galaxy M kini mendapatkan upgrade pada sisi layarnya yang sudah mendukung dengan resolusi yang lebih baik. Samsung Galaxy M30 menggunakan layar Infinity-U, dimana layar ini sudah mendukung resolusi hingga Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Selanjutnya, Samsung ini juga dilengkapi pula dengan perangkat yang lebih baik dan teknologi yang lebih super dibandingkan Samsung Galaxy M10 dan M20. Layar pada Samsung Galaxy M30 berukuran 6,4 inchi dan sudah menggunakan Super AMOLED.

2. Kamera Yang Sangat Baik

Kamera Samsung Galaxy M30

Berkat dukungan chipset Exynos 7904, Samsung Galaxy M30 sudah memiliki triple kamera dengan kombinasi 13 MP lensa utama, 5 MP lensa live focus, dan 5 MP lensa Wide Angle.

3. Sertifikat Widevine dan Dolby ATMOS

Samsung Galaxy M30

Samsung Galaxy M30 sudah dirancang dengan sungguh-sungguh untuk menciptakan perangkat yang dapat memenuhi kebutuhan multimedia para. penggunanya. Hal ini dapat dibuktikan dengan sertifikat Widevine dan juga Dolby ATMOS.

Sertifikat Widevine berkaitan dengan kemampuan perangkat untuk menghadirkan video dengan kualitas HD dan Dolby ATMOS berkaitan dengan kemampuam perangkat menghasilkan suara 3D.

4. Baterai Besar dan Fast Charging

Baterai Samsung Galaxy M30

Samsung Galaxy M30 dilengkapi dengan baterai yang berkapasitas 5000 mAh, yang diklaim Samsung dapat digunakan menonton video selama 25 jam, telepon 30 jam hingga mendengarkan musik selama 105 jam.

Bukan hanya itu, perangkat ini juga sudah mendukung fitur fast charging berdaya 5 watt yang tentunya dapat melakukan pengisian daya lebih cepat.

5. USB Type-C


Tampaknya Samsung sudah mulai meninggalkan teknologi Micro-USB pada perangkat menengahnya. Hal ini dapat kita lihat pada Samsung Galaxy M30 yang sudah meenggunakan USB Type-C yang dapat memberikan kemampuan pengisian daya dan transfer data yang lebih cepat.

6. Aman Bagi Kesehatan Tubuh

Berdasarkan dari data yang disampaikan Samsung, bahwasanya Samsung Galaxy M30 sudah mengantongi nilai SAR 0.409 W/Kg yang berarti perangkat ini memancarkan cahaya radiasi yang masih aman bagi tubuh manusia.

SAR (Spesific Absorption Rate) adalah laju kemampuan penyerapan energi spesifik oleh tubuh manusia saat terkenal medan elektromagnetik frekuensi radio (RF) dari smartphone. Secara Umum, perangkat dikatakan aman apabila memiliki SAR kurang dari 6 W/Kg.

Kekurangan Samsung Galaxy M30


1. Menggunakan Samsung Experience 9.5

Sebenarnya Samsung telah meluncurkan antarmuka yang terbaru yaitu One UI. Namun, pada Samsung Galaxy M30 ini mereka masih menggunakan versi sebelumnya, yakni Samsung Experience 9.5.

Perbedaannya, pada Samsung Experience 9.5 masih menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo, sedangkan One UI sudah menggunakan Android 9 Pie.

2. Bodi Glasstic 

Produk ini juga masih menggunakan bahan bodi glasstic di bagian belakang. Glasstic merupakan bahan plastik polikarbonat yang dibuat mengkilat seperti berlapis kaca.


Penutup

Demikianlah pembahasan singkat mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M30. Apakah kamu tertarik memiliki smartphone yang satu ini? Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kamu.