Tips Ketika Ingin Membeli Smartphone Baru

Pada saat ini Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama di era serba digital. Mulai dari berkomunikasi, menonton video, browsing hingga berbelanja kini bisa dilakukan hanya menggunakan smartphone. Terkadang kamu juga menemukan beberapa hal yang kurang puas menggunakan smartphone saat ini.

TongkolPedia - Pada saat ini Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama di era serba digital. Mulai dari berkomunikasi, menonton video, browsing hingga berbelanja kini bisa dilakukan hanya menggunakan smartphone. Terkadang kamu juga menemukan beberapa hal yang kurang puas menggunakan smartphone saat ini. 

Oleh karena itu, sebelum kamu mengulangi masalah ini kembali, ketika kamu ingin membeli smartphone baru, kamu harus memperhatikan beberapa hal ini agar semua yang dilakukan terasa nyaman dan memuaskan. Kali ini TongkolPedia akan memberikan tips ketika kamu ingin membeli smartphone baru.

Tips Ketika Ingin Membeli Smartphone Baru


1. Chipset (SoC)

Chipset (SoC)

Hal pertama dan utama yang perlu kamu perhatikan ketika kamu ingin membeli smartphone terbaru adalah Chipset. Hal ini dikarenakan Chipset merupakan inti dari sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengatur segala aktivitas pada smartphone. Apalagi saat ini sudah banyak sekali muncul smartphone dengan chipset model terbaru dan dengan harga yang cukup menggoda. 

Berbagai produsen chipset dan smartphone kita menjalin kerja sama guna menghasilkan smartphone yang dilengkapi dengan dukungan chipset terbaik. Sehingga smartphone tersebut akan memberikan performa yang mengagumkan untuk melakukan segala aktivitas. Oleh karena itu, jangan sampai kamu salah membeli smartphone yang menggunakan chipset yang lama.

2. RAM dan Storage

RAM dan Storage

Bukan hanya performa, penyimpanan juga perlu diperhatikan saat ingin membeli smartphone baru. RAM dan Storage ini sangat menunjang kinerja maksimal pada smartphone. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak bermunculan smartphone yang memiliki RAM cukup besar hingga 12 GB. 

Apabila kamu ingin menginstall aplikasi yang cukup besar, maka smartphone kamu juga perlu memiliki RAM yang memadai juga. Oleh karena itu, pilihlah smartphone yang dilengkapi dengan penyimpanan besar sehingga tidak mengalami hambatan dan lancar pada saat digunakan bermain hingha untuk bekerja.

3. Baterai

Sebagai sumber tenaga, maka baterai juga sangat perlu kamu perhatikan. Apalagi jika kamu bekerja menggunakan smartphone, maka kamu harus membutuhkan sebuah smartphone yang memiliki sumber tenaga yang besar. Untuk itu, ada baiknya kamu memilih smartphone yang mempunyai baterai berkapasitas besar.

Baterai

Sepertinya hal ini tidak sulit untuk kamu lakukan mengingat saat ini sudah banyak sekali smartphone yang menghadirkan kapasitas baterai yang sangat besar hingga ada yang sudah mencapai 10.000 mAh. Bukan hanya itu, sudah banyak juga sekarang smartphone yang dilengkapi dengan teknologi AI dan software battery management sehingga baterai kamu tahan lebih lama.

4. Layar

Layar

Agar segala aktivitas terasa menyenangkan, terlebih jika kamu seorang gamers atau hobi menonton video, maka kamu harus memilih smartphone yang memilimi layar yang besar. Di pasaran sudah banyak smartphone yang beredar dengan ukuran layar yang beragam hingga 6,5 inchi sehingga dapat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk melakukan segala aktivitas yang beragam di smartphone.

5. Kamera

Kamera

Kamu hobi bersua foto atau kamu adalah seorang photographer? Nah kamu wajib banget memilih dan memperhatikan resolusi kamera pada smartphone yang ingin kamu beli. Saat ini sudah banyak smartphone yang didukung dengan kamera dan fitur unggulan yang menunjang aktivitas bersua foto kamu. Mulai dari jumlah lensa kamera, Flashlight, kamera depan dan belakang yang memiliki resolusi cukup besar, hingga teknologi AI dan lain sebagainya. Jadi tidak ada salahnya jika kamu memilih smartphone yang memiliki kualitas kamera yang sangat baik.

6. Desain

Desain

Tak perlu kita pungkiri, desain memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengguna smartphone. Berbagai vendor smartphone menawarkan berbagai pilihan desain mulai dari bobot, material, warna, dan juga dimensi. Desain notch dan material masih menjadi trend di kalangan pengguna smartphone pada saat ini. Jadi, pilihlah smartphone yang memiliki desain sesuai dengan keinginan kamu sendiri ya!

7. Harga

Harga

Nah, yang terakhir ini tidak boleh ketinggalan. Pilihlah smartphone yang ingin kamu beli sesuai dengan budget kamu. Tentunya hal ini juga sangat mudah, mengingat banyak sekali produk smartphone yang memiliki spesifikasi sangat tinggi tetapi memiliki harga yang sangat terjangkau.


Penutup

Sekarang kamu gak boleh bingung lagi ketika memilih smartphone. Kamu bisa memperhatikan beberapa hal diatas tadi ketika memilih smartphone agar tidak menyesal kemudian. Apabila terdapat pertanyaan, silahkan tuliskan saja di kolom komentar dibawah ini dan semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kamu.