Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A40s

Salah satu smartphonenya adalah Samsung Galaxy A40s yang diluncurkan di Tiongkok dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Perangkat ini juga sudah mengikuti trend saat ini dengan layar yang penuh berponi.
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A40s

TongkolPedia - Pada tahun 2019 Samsung menggemparkan dunia pasar smartphone dengan mengeluarkan beberapa produk pada A Series dengan harga yang terbilang sangat murah. 

Salah satu smartphonenya adalah Samsung Galaxy A40s yang diluncurkan di Tiongkok dengan spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Perangkat ini juga sudah mengikuti trend saat ini dengan layar yang penuh berponi.

Bagi kamu yang ingin membeli smartphone ini, ada baiknya kamu simak dahulu kelebihan dan kekurangan smartphone Samsung Galaxy A40s ini untuk menjadi pertimbangan kamu.

Kelebihan Samsung Galaxy A40s


1. Performa Kencang

Samsung Galaxy A40s sudah ditenagai dengan chipset Exynos 7904 Octa-core. Untuk sektor penyimpanan, perangkat ini didukung dengan RAM sebesar 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. 

Dengan chipset dan penyimpanan sebesar ini diyakini bahwa smartphone ini akan dapat menghasilkan performa yang sangat kencang dan mampu menjalankan beberapa aplikasi ataupun games dengan sangat lancar.

2. Kamera Bokeh

Kamera Samsung Galaxy A40s
Kamera Samsung Galaxy A40s
Samsung Galaxy A40s sudah dilengkapi dengan tiga buah lensa kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera ultra-wide 5 MP, dan kamera sekunder 5 MP serta dengan LED Flash. Dengan kombinasi kamera ini maka Samsung Galaxy A40s mampu menghasilkan foto bokeh dengan instan.

Kamera ultra-wide pada Galaxy A40s berfungsi untuk menghasilkan foto dengan area yang luas. Kemudian, pada kamera depan sudah dilengkali dengan kamera 16 MP yang mampu menghasilkan foto selfie dan video call dengan sangat baik.

3. Layar Penuh

Notch waterdrop Samsung Galaxy A40s
Notch waterdrop Samsung Galaxy A40s
Samsung Galaxy A40s juga tidak ketinggalan dengan trend masa kini dimana smartphone ini juga memiliki layar 6,3 inchi dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 piksel. Untuk desain, smartphone ini menggunakan Infinity-U dengan bagian depan terdapat poni atau notch water drop seperti tetesan air.

4. Baterai Besar

Salah satu smartphone dalam keluarga A ini sudah dilengkapi dengan baterai yang memiliki kapasitas sangat besar yaitu 5000 mAh. Dengan baterai sebesar ini diklaim Samsung akan mampu bertahan selama seharian penuh untuk pemakaian normal. 

Baterai besar tidak lengkap rasanya jika pengisian dayanya masih sangat lambat. Untuk Samsung Galaxy A40s sudah didukung dengan fitur Fast Charging 15W yang memungkinkan untuk mengisi daya dengan sangat cepat.

5. Sistem Keamanan

Untuk menjaga privasi dan keamanan smartphone kamu dari tangan jahil dan pencurian, Samsung sudah menyertakan sistem keamanan Fingerprint dan juga Face Unlock pada smartphone ini.

Sensor Fingerprint telah diletakkan pada bagian punggung smartphone dimana akan memudahkan pengguna membuka kunci layar. Untuk sensor Face Unlock bisa menjadi alternatif kamu untuk membuka kunci layar hanya menggunakan wajah.

Kekurangan Samsung Galaxy A40s


1. Noda Sidik Jari Mudah Menempel

Walaupun sudah dilengkapi dengan sensor keamanan fingerprint, namun masih terdapat sedikit kekurangan pada sensor tersebut yaitu noda sidik jari akan mudaj menempel pada smartphone. Oleh karena itu, setiap pengguna direkomendasikan untuk menambahkan casing tambahan agar lebih aman.

2. Tidak Terdapat NFC

Dengan harga sekitar Rp. 3 jutaan, seharusnya Smartphone Samsung Galaxy A40s ini sudah memiliki fitur NFC. Fitur NFC ini berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam hal transaksi, berbagi file hingga game multiplayer.

Namun, untuk saat ini fitur NFC ini belum terdapat pada Samsung Galaxy A40s yang membuat smartphone ini sedikit tertinggal dari beberapa smartphone lainnya.


Penutup

Bagaimana? Apakah kamu masih berminat membeli smartphone ini? Walaupun terdapat beberapa kekurangan, namun smartphone ini masih nyaman dipakai dan tidak terlalu mengganggu aktivitas kamu. Semoga artikel kali ini dapat membantu kali dalam memilih smartphone.