Diremehkan! Inilah Keunggulan Processor MediaTek Yang Jarang Diketahui

Processor MediaTek kerap kali dianggap sebelah mata. Padahal sebenarnya MediaTek ini tak kalah tangguh dengan Snapdragon buatan Qualcomm ataupun Exynos besutan Samsung.
Diremehkan! Inilah Keunggulan Processor MediaTek Yang Jarang Diketahui

TongkolPedia - Processor MediaTek kerap kali dianggap sebelah mata. Padahal sebenarnya MediaTek ini tak kalah tangguh dengan Snapdragon buatan Qualcomm ataupun Exynos besutan Samsung.

Pada umumnya setiap processor memiliki kelebihan atau keunggulannya masing-masing. Tak terkecuali dengan chipset MediaTek ini. Meskipun sering diremehkan, namun sebenarnya MediaTek ini memiliki keunggulan yang jarang diketahui oleh pengguna lain. Nah, berikut ini keunggulan dari Processor MediaTek yang jarang kamu ketahui. 

Diremehkan! Inilah Keunggulan Processor MediaTek Yang Jarang Diketahui


1. Processor True Octa Core Pertama

Processor True Octa Core Pertama

Mungkin banyak yang belum mengerti maksud dari Processor True Octa Core ini. Processor True Octa Core merupakan processor yang memiliki 8 buah inti yang dimana semua inti tersebut memiliki kecepatan yang sama. 

MediaTek mencetuskan processor ini untuk pertama kalinya pada tahun 2013 yang diberi nama MT6592 yang memiliki 8 inti dengan kecepatan masing-masing 2 gigahertz (Ghz).

2. Processor Deca Core Pertama

Processor Deca Core Pertama

Setelah True Octa Core, MediaTek ini juga merupakan Processor Deca Core pertama yang merupakan processor dengan 10 inti pemprosesan. Processor Deca Core MediaTek pertama adalah Helio X20 yang sudah dipasang pada banyak smartphone seperti Xiaomi Redmi Note 4. Bukan hanya itu, MediaTek juga telah beberapa kali mengeluarkan penerusnya seperti Helio X23, Helio X25, Helio X27 dan yang terbaru adalah Helio X30.

3. Processor Deca Core Pertama Dengan Fabrikasi 10 nm

Processor Deca Core Pertama Dengan Fabrikasi 10 nm
Meskipun Snapdragon 835 merupakan processor dengan fabrikasi 10 nanometer (nm) pertama, namun Snapdragon hanya memiliki 8 buah inti. Hal ini berbeda dengan MediaTek yang sudah memiliki deca core atau 10 inti dan dengan fabrikasi 10 nm yaitu pada seri Helio X30. Semakin kecil angka fabrikasi sebuah processor, maka semakin hemat juga daya dan akan tetap kencang.

4. Harga Terjangkau

Kelebihan lainnya dari MediaTek ini adalah harga yang sangat terjangkau dan lebih murah dari kompetitor lainnya. Dengan harga chipset yang sangat terjangkau ini membuat banyak sekali smartphone yang menjalin kerja sama dan memunculkan berbagai produk smartphone dengan harga murah spesifikasi tinggi.


Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan processor MediaTek yang banyak dianggap remeh oleh banyak pengguna. Kamu sendiri sekarang memakai smartphone yang didukung oleh processor apa ni? Apa saja sih keunggulan dan kekurangan processor yang kamu gunakan? Yuk tulis di kolom komentar dibawah ini.