5 Prosesor Dengan Performa Terbaik

Salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan ketika membeli sebuah smartphone adalah melihat dari sisi performa. Hal ini merujuk pada pemrosesan daya utama yaitu Prosesor.
Prosesor merupakan otak sebuah smartphone

TongkolPedia - Salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan ketika membeli sebuah smartphone adalah melihat dari sisi performa. Hal ini merujuk pada pemrosesan daya utama yaitu Prosesor.

Prosesor adalah komponen terpenting dari sebuah smartphone atau bisa dibilang sebagai otaknya smartphone. Prosesor sangat berpengaruh pada kecepatan, kehematan daya bahkan juga berpengaruh pada kemampuan mengolah sumber daya.

Untuk mendapatkan performa yang maksimal dan bagus, kamu membutuhkan prosesor yang bagus pula. Nah, berikut ini deretan prosesor terbaik dengan performa maksimal.

5 Prosesor Dengan Performa Terbaik

1. Qualcomm Snapdragon 855

Qualcomm Snapdragon 855 untuk smartphone high-end
Qualcomm Snapdragon pada smartphone high-end
Seri 800 yang dirpoduksi oleh Qualcomm ini memang diperuntukkan untuk smartphone pada segmen flagship. Fitur-fiturnya juga cukup berlimpah mulai dari konfigurasi octa-core dengan klusterisasi yang terbagi tiga yaitu modem Wi-Fi 6, AI Engine mutakhir, dan juga dukungan modem 5G.

Qualcomm Snapdragon 855 sudah tersedia pada berbagai smartphone high-end yang dirilis berbagai vendor smartphone ternama seperti LG G8, Oppo Reno 10X Zoom, Xiaomi Mi 9, Samsung S10 Series, dan masih banyak lagi.

2. Apple A12 Bionic 

Chipset Apple A12 Bionic hanya untuk iPhone
Chipset Apple A12 Bionic hanya untuk iPhone
Prosesor yang dibuat oleh sebuah perusahaan besar Apple, SoC seri A ini menawarkan optimalisasi yang sangat luar biasa untuk mendapatkan harmonisasi antar software maupum hardware. Prosesor dengan kemampuan grafis terkencang ini bisa kamu dapatkan hanya pada produk iPhone seperti Apple iPhone XS, Apple iPhone XS Max dan Apple iPhone XR.

3. Exynos 9820

Prosesor Exynos 9820 meningkatkan performa smartphone
Prosesor Exynos 9820 meningkatkan performa smartphone
Prosesor Exynos sudah sangat populer dan banyak sekali digunakan di berbagai vendor smartphone. Exynos ini juga kerap menjadi lawan bagi prosesor Qualcomm. Prosesor Exynos 9820 ini diklaim dapat memberikan peningkatan performa dan efisien daya yang sangat baik dari seri sebelumnya masing-masing mencapai 20% dan 40%. Smartphone yang sudah dibekali oleh prosesor Exynos 9820 adalah Samsung Galaxy S10, Samsung Galaxy S10 Plus dan Samsung Galaxy S10e.

4. HiSilicon Kirin 980

prosesor HiSilicon Kirin 980 hanya untuk Huawei
Prosesor HiSilicon Kirin 980 hanya untuk Huawei
Prosesor yang memiliki performa terbaik selanjutnya adalah HiSilicon Kirin 980 dimana saat ini prosesor ini hanya digunakan oleh vendor smartphone Huawei. Maka dari itu banyak pengguna yang masih asing dengan prosesor tersebut dan menganggap remeh.

Sebenarnya performa Kirin 980 ini juga tidak kalah saing dengan prosesor lainnya. HiSilicon Kirin 980 merupakan SoC pelopor dengan fitur artificial intelegence yang diklaim dapat memberikan kinerja smartphone menjadi lebih efektif. Kirin 980 sudah dapat kamu temukan di berbagai produk Huawei seperti Huawei P30, Huawei P30 Pro, Huawei Mate 20, Huawei Mate 20X, Huawei Mate 20 Pro dan Huawei Mate X.

5. MediaTek Helio P70

MediaTek merupakan produk semikonduktor yang sangat populer pada smartphone yang sangat terjangkau. Melalui Prosesor Helio P30, MediaTek menghadirkan MediaTek NeuroPilot yang merupakan ekosistem pemrosesan berbasis AI. Diantara smartphone yang sudah menggunakan prosesor MediaTek Helio P70 adalah Oppo F11 Pro dan Vivo V15.


Penutup

Diantara prosesor diatas ini, adakah prosesor yang sedang kamu gunakan saat ini? Sebenarnya masih banyak lagi prosesor lainnya yang tidak kalah keren, namun TongkolPedia merekomendasikan kelima daftar prosesor ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.