Dari ZenUI hingga MIUI, Inilah 10 UI Terbaik di Android

User Interface atau biasa disebut UI merupakan tampilan layar atau antarmuka untuk menjalankan Android. UI saat ini sangat banyak dan berbeda-beda. Setiap vendor smartphone saat ini sudah memiliki UI mereka masing-masing.
Dari ZenUI hingga MIUI, Inilah 10 UI Terbaik di Android

TongkolPedia - User Interface atau biasa disebut UI merupakan tampilan layar atau antarmuka untuk menjalankan Android. UI saat ini sangat banyak dan berbeda-beda. Setiap vendor smartphone saat ini sudah memiliki UI mereka masing-masing.

Sebagai tampilan layar, UI juga berfungsi sebagai identitas sebuah vendor smartphone. Contohnya saja ada ZenUI yang digunakan khusus untuk smartphone besutan ASUS, sedangkan MIUI khusus untuk smartphone buatan Xiaomi. 

Setiap User Interface juga memiliki berbagai fitur yang berbeda pada setiap UI. Biasanya semakin banyak fitur yang terdapat pada UI, maka semakin berat pula konsumsi RAM, begitu sebaliknya. Oleh karena itu, UI menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk membeli sebuah smartphone. Nah, kali ini TongkolPedia akan memberikan 10 UI terbaik yang kamu pertimbangkan.

Dari ZenUI hingga MIUI, Inilah 10 UI Terbaik di Android


1. ZenUI

ZenUI

UI pertama adalah User Interface yang dimiliki vendor smartphone ASUS. User Interface miliki ASUS ini memiliki fitur dan juga tampilan yang sangat bagus. Oleh karena itulah, UI ini terasa sedikit berat karena banyaknya fitur. Namun, walaupun sedikit berat, UI ini tetap stabil dan terasa nyaman ketika kamu gunakan. 

2. TouchWiz

TouchWiz

TouchWiz merupakan salah satu dari UI yang dimiliki vendor Samsung. Namun sayangnya UI ini sudah tidak gunakan lagi karena Samsung sudah merilis UI terbarunya yang diberi nama One UI. Walaupun begitu, TouchWiz ini masih termasuk kedalam User Interface Android terbaik berkat tampilan yang sangat sederhana dan tidak terlalu banyak fitur yang membuang konsumsi RAM.

3. IDOS

IDOS

IDOS atau Indonesia Operating System merupakan User Interface yang miliki oleh vendor smartphone lokal yaitu Advan dan sesuai namanya, UI ini merupakan hasil karya anak bangsa. Kita sebagai bangsa Indonesia perlu bangga dengan prestasi yang dimiliki ini karena UI ini dapat bersaing dengan berbagai UI vendor terkenal lainnya.

4. Fira OS

Fira OS

Bukan hanya IDOS, Fira OS ini juga merupakan UI hasil karya anak bangsa yang digunakan pada produk smartphone Android Polytron. Fira OS ini dibuat untuk dikhususkan bagi masyarakat Indonesia, sehingga UI ini sangat nyaman apabila kita gunakan. 

5. ColorOS

ColorOS

Selanjutnya ini ada User Interface salah satu vendor smrtphone yang sangat populer saat ini yaitu Oppo. ColorOS ini sekilas sangat mirip dengan User Interface ZenUI dimana tampilannya sama-sama menggunakan warna-warna cerah. Tetapi, untuk fitur dan ikon ColorOS lebih unggul dibanding ZenUI karena memiliki fitur yang lengkap dan elegan.

6. Funtouch OS

Funtouch OS

Bukan hanya itu, Funtouch juga memiliki kemiripan dengan ZenUI dan ColorOS. Namun ciri khas dari User Interface ini adalah untuk menghidupkan Bluetooth maupun data, kamu harus menariknya dari bawah keatas. Sedangkan untuk notifikasi masih sama dengan UI lainnya dengan menariknya dari atas kebawah. Funtouch OS ini bisa dibilang sebagai UI teringan saat ini.

7. Flyme OS

Flyme OS

Selanjutnya ada User Interface yang diniliki oleh vendor Meizu. Meizu ini merupakan vendor smartphone yang berasal dari Cina. User Interface ini termasuk salah satu UI terbaik karena tampilan pada UI ini sangat elegan dan keren. 

8. EMUI

EMUI

Biasanya setiap vendor smartphone memiliki seri produk populernya. Mislanya Samsung memiliki seri Galaxy, Xiaomi memiliki Redmi, dan Huawei juga memiliki seri Honor. Nah, EMUI atau Emoticon UI ini digunakan untuk produk smartphone Huawei seri Honor. EMUI ini memiliki tampilan yang sangat elegan dan juga memanjakan mata setiap pengguna.


9. MIUI

MIUI

Nah, pasti deh kamu tau dengan User Interface ini. MIUI merupakan User Interface besutan Xiaomi yang sudah sangat populer pada saat ini khususnya di negara Indonesia. Xiaomi di Indonesia termasuk kedalam vendor dengan penjualan terbanyak dibawah Smasung dan bisa saja nanti Xiaomi menyusul Samsung.

10. Stock UI

Stock UI

User Interface terbaik yang terakhir adalah Stock UI yang dimiliki vendor Google. UI ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dan minim fitur. UI ini digunakan pada smartphone Nexus dan Pixel buatan Google. 


Penutup

Itulah pembahasan singkat mengenai 10 UI terbaik pada smartphone Android. Kamu sendiri saat ini menggunakan smartphone apa dan UI apa nih? Yuk tulis di kolom komentar beserta perasaannya menggunakan UI tersebut. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kamu semua.