Cara Mudah Melindungi Data Pribadi di Smartphone

Di Smartphone juga bisa diisi dengan data-data pribadi kita. Hal ini tentunya sangat private dan tidak boleh sampai bocor ke tangan orang lain yang tidak bertanggung jawab.
Cara Mudah Melindungi Data Pribadi di Smartphone
Cara Mudah Melindungi Data Pribadi di Smartphone
TongkolPedia - Smartphone saat ini menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi kebanyakan orang. Hampir semua kegiatan sudah ada di dalam genggaman tangan kita. Mulai dari melakukan pekerjaan, berbelanja, hiburan, game, sosial media, dan masih banyak lagi hal yang bisamkita lakukan emnggunakan Smartphone.

Di Smartphone juga bisa diisi dengan data-data pribadi kita. Sebagi contohnya adalah saat kita mengunduh aplikasi perbankan dan menggunakan smartphone untuk melakukan berbagai alat pembayaran. Hal ini tentunya sangat private dan tidak boleh sampai bocor ke tangan orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itulah, penting bagi kita untuk membuat ponsel dan seluruh data pribadi kita juga lebih aman. Sangat banyak para peretas atau hacker diluar sana yang bisa meretas dan mencuri data-data pribadi kamu. Berikut ini beberapa cara untuk melindungi data pribadi di Smartphone.

Cara Mudah Melindungi Data Pribadi di Smartphone

1. Gunakan Password (Kata Sandi)

Gunakan Password (Kata Sandi)
Gunakan Password (Kata Sandi)
Kata sandi pada smartphone merupakan hal penting dan tidak bisa kamu sepelekan. Banyak sekali pengguna Smartphone yang mengabaikan dan tidak menggunakan kata sandi pada smartphone pribadinya. Bagaimana misalnya apabila smartphone kesayangan kamu hilang? Maka kamu bisa diibaratkan seperti menyerahkan semua data pribadi kamu kepada sang penemu. Orang yang menemukannya bisa dengan leluasa mengakses dan mengambil data-data pribadi kamu.

2. Berhati-hati Ketika Mengunduh Aplikasi

Berhati-hati Ketika Mengunduh Aplikasi
Berhati-hati Ketika Mengunduh Aplikasi
Kamu juga harus berhati-hati ketika mengunduh aplikasi dari sumber yang masih belum bisa dipercaya. Karena bisa saja aplikasi tersebut dapat mengakses dan melihat data pribadi yang terdapat pada Smartphone kamu. Hal ini bisa disebabkan karena "izin" yang diminta aplikasi tersebut sebelum kamu menginstallnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk membaca penjelasan izin sebelum kamu menerimanya.

3. Jangan Klik Tautan Sembarangan

Nah, hal ini biasanya sangat sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna Smartphone karena dianggap sepele. Karena tanpa sepengetahuan kamu, bisa saja tautan yang kita buka dapat mengakses dan memberikan data pribadi kita.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk tidak sembarangan meng-klik tautan yang kamu tsendiri tidak tau tautan tersebut dan snagat mencurigakan. Apalagi jika tautan tersebut sampai meminta kamu untuk mengisi data-data pribadi.

4. Perbarui Perangkat Lunak

Memperbarui perangkat juga sangat penting untuk kamu lakukan. Setiap pembaharuan biasanya untuk menutup atau mengatasi bug atau kesalahan pada sektor keamanan dan privasi yang ditemukan pada Smartphone. Oleh karena itu, untuk menciptakan smartphone yang memiliki tingkat keamanan yang sangat baik, kamu perlu melakukan pembaruan secara berkala.

5. Tidak Menggunakan Wi-Fi Sembarangan 

Tidak Menggunakan Wi-Fi Sembarangan
Tidak Menggunakan Wi-Fi Sembarangan
Apabila kamu sedang tidak menggunakan Wi-Fi, ada baiknya untuk mematikannya dan tidak menyambungkan smartphone kesayangan kamu pada Wi-Fi yang masih belum jelas keberadaannya. Sebab, Wi-Fi yang kamu sambungkan bisa sama dapat mengirimkan data pribadi seperti kada sandi hingga kartu kredit kamu.



Penutup

Demikianlah beberapa tahap dan cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi dan mengamankan data pribadi pada smartphone kamu. Apabila kamu memiliki tambahan, silahkan cantumkan saja di kolom komentar dibawah ini agar bisa kami tambahkan. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kamu semua.