Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Layar AMOLED dan IPS LCD

Perbedaan Layar AMOLED dan IPS LCD

TongkolPedia - Layar smartphone pada saat ini menjadi salah satu segmen penting yang selalu diperhatikan oleh setiap calon pembeli. Dengan memiliki layar smartphone yang jernih, maka pengguna akan merasakan pengalaman yang berbeda dan tentunya memuaskan saat menggunakan smartphone kesayangannya.

Sejumlah vendor atau perusahaan smartphone yang meluncurkan produk-produk terbaru sering kali menunjukkan sertifikasi yang diterima oleh layar yang dimiliki produk tersebut. Selain melihat dari segi tampilan yang bagus, sejumlah calon pembeli juga biasanya melihat dari segi ketahanan layar smartphone yang ingin dibelinya. Hal ini dilakukan setiap pembeli agar nantinya smartphone tersebut bisa tahan banting.

Terdapat dua jenis layar yang kerap dipakai oleh produk smartphone, yaitu layar AMOLED dan juga IPS LCD. Kedua jenis layar ini tentu saja memiliki perbedaannaya masing-masing. Oleh karena itu, kali ini TongkolPedia akan memberitahu perbedaan diantara kedua layar tersebut, AMOLED dan juga IPS LCD.

Perbedaan Layar AMOLED dan IPS LCD

IPS LCD

LCD atau Liquid Crystal Display  merupakan salah satu jenis layar yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai jenis smartphone sejak awal kemunculan Android. Sesuai namanya, layar ini menggunakan kristal cair, dimana setiap satu piksel LCD layar ini terbuat dari satu buah kristal cair sebagai titik cahaya.

IPS LCD memiliki kelebihan yaitu harga produksi yang lebih murah dibanding dengan jenis layar lainnya, termasuk AMOLED. Bukan hanya itu, smartphone dengan layar ini bisa dikatakan akan bertahan lebih lama dibanding dengan smartphone yang memiliki layar jenis lainnya. Hal ini dikarenakan IPS LCD tidak memiliki efek burn-in seperti pada layar AMOLED.

Layar IPS LCD (straightupbrands.com)
Dibalik itu semua, konrasi warna yang dimiliki oleh layar IPS ini bisa dibilang kurang baik dan juga smartphone yang menggunakan jenis layar ini cenderung membuat daya baterai samrtphone menjadi lebih boros. Untuk kamu yang sering menggunakan smartphone bermain game, maka memiliki smartphone dengan jenis layar IPS bisa dikatakan kurang cocok mengingat kemampuan refresh rate dari layar ini dinilai rendah.

AMOLED

Layar AMOLED (harapanrakyat.com)
Jika dilihat dari beberapa kekurangan layar IPS LCD diatas seperti kontrasi warna yang kurang, maka hal itu berbanding terbalik dengan layar AMOLED. Smartphone dengan layar AMOLED juga memiliki kontras yang lebih tinggi dan juga memiliki kejelasan warna yang sangat baik. Smartphone dengan layar ini juga melakukan pembaruan warna piksel secara independen dan memiliki refresh rate yang sangat tinggi.

Bukan hanya itu, kelebihan layar AMOLED jika dilihat pada segi penggunaan baterai juga bisa dikatakan smartphone yang menggunakan layar ini memiliki daya baterai yang cukup hemat mencapai 10 kali lipat jika dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan layar IPS.

Namun, AMOLED juga memiliki beberapa kekurangan seperti layar ini yang sering menimbulkan efek burn-in jika digunakan membuka aplikasi dalam durasi yang lama. Selain itu, biaya produksi layar ini juga memerlukan biaya yang cukup besar.

Perbandingan Harga Layar AMOLED dan IPS LCD

Jika membahas mengenai perbandingan ataupun perbedaan maka kurang lengkap apabila kita tidak membahas dalam segi harga dari kedua jenis layar ini. Satu buah layar AMOLED biasanya dibanderol dengan harga berkisar sekitar 1 juta rupiah. Sednagkan untuk IPS LCD, harga yang ditawarkan berkisar 350 ribu rupiah.


Penutup

Itulah beberapa perbedaan diantara layar AMOLED dan juga IPS LCD. Kamu lebih memilih smartphone yang menggunakan jenis layar apa? Apabila kamu memiliki pendapat lain ataupun tambahan mengenai informasi kali ini, silahkan tambahkan saja di kolom komentar dibawah ini. Semoga infromasi kali ini dapat bermanfaat bagi kamu semua.

Post a Comment for "Perbedaan Layar AMOLED dan IPS LCD"