Belajar Asyik SBMPTN Ditengah Pandemi Bersama Ruangguru

Aplikasi yang menemani saya belajar di rumah ditengah pandemi COVID-19 ini untuk mempersiapkan berbagai tes masuk perguruan tinggi negeri tidak lain dan tidak bukan adalah Ruangguru.

SBMPTN, SIMAK UI, Ujian Mandiri! Itulah beberapa hal yang selalu ada di otak dan terus menghantui saya saat ini karena sekarang ini adalah waktunya calon mahasiswa sibuk mempersiapkan diri untuk menghadapi tahun ajaran baru sebagai seorang mahasiswa dengan  terlebih dahulu mengikuti berbagai tes masuk perguruan tinggi impiannya.

Namun sayangnya tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada bulan seperti ini biasanya banyak sekali pelajar yang sedang giatnya mengikuti belajar tambahan di tempat les privat favoritnya. Tapi pada tahun 2020, hal ini tidak bisa dilakukan lagi karena kita semua terkendala oleh pandemi COVID-19 yang sudah kurang lebih 4 bulan ada di Indonesia dan menyebabkan seluruh kegiatan, baik pekerjaan hingga aktivitas belajar mengajar hanya bisa dilakukan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dengan adanya pembelajaran jarak jauh ini tentunya menjadi sebuah tantangan tersendiri karena saya merupakan salah satu tipe pelajar yang sangat sulit memahami materi pelajaran apabila hanya dipelajari sendiri tanpa ada guru ataupun orang yang mengajari ditambah saya bisa dikatakan sebagai seorang gapyear yang tentu saja sudah banyak materi yang terlupa dan diharuskan untuk menguasai kembali materi-materi yang diajarkan sejak SMA.

Namun, virus corona tidak boleh menjadi alasan untuk berhenti berjuang mewujudkan mimpi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorit. Justru dibalik dari musibah yang sedang menimpa kita sekarang ini, menurut saya terdapat juga beberapa hal bermanfaat yang bisa kita rasakan seperti waktu untuk berkumpul dengan keluarga menjadi lebih banyak dan juga waktu untuk kita belajar pun menjadi lebih banyak.

Oleh karena itulah saya memanfaatkan waktu tersebut untuk menghidupkan kembali mimpi dengan bersemangat dan belajar agar bisa mewujudkan mimpi yang sudah saya idamkan sejak dulu. Gimana cara belajarnya? Nah, sejak duduk di bangku SMA hingga saat ini, saya menggunakan aplikasi bimbingan belajar online yang cukup membantu saya untuk mengulang setiap pelajaran yang diajarkan oleh guru disekolah.


Aplikasi yang menemani saya belajar di rumah ditengah pandemi COVID-19 ini untuk mempersiapkan berbagai tes masuk perguruan tinggi negeri tidak lain dan tidak bukan adalah Ruangguru. Pasti semuanya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini karena Ruangguru telah menjadi aplikasi bimbingan belajar online nomor 1 di Indonesia.

Kenapa Harus Ruangguru?

Pertanyaan ini pasti langsung muncul ketika saya mengatakan bahwa saya belajar menggunakan aplikasi Ruangguru. Belajar menggunakan aplikasi Ruangguru memiliki banyak sekali kelebihan yang tentunya sangat membantu kita semua dalam menggapai segala impian. Berikut ini beberapa kelebihan yang menjadi alasan saya untuk tetap setia memilih belajar menggunakan aplikasi Ruangguru.
Kelebihan yang dimiliki Ruangguru

Harga Terjangkau dan Banyak Diskon

Harga Terjangkau & Banyak Diskon
Siapa sih yang tidak tertarik dan tidak mau bimbingan belajar murah? Biasanya kamu harus membayar uang les privat bisa mencapai hingga 500 ribu perbulan. Tapi, dengan Ruangguru kamu bisa mendapatkan potongan sehingga kamu hanya perlu membayar sekitar 500 ribuan saja untuk belajar selama satu tahun. Untuk mendapatkan diskon atau potongan harga kamu juga bisa menggunakan kode mitra Ruangguru agar mendapatkan diskon sebesar 60%. Sangat murah bukan?

Materi Belajar Terlengkap

Materi Belajar Lengkap
Nah, ini sangat cocok untuk kamu yang saat ini gapyear dan sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Dimana kamu harus mengulang kembali materi yang diajarkan saat kamu sekolah mulai dari kelas 10 hingga kelas 12. Kamu jangan khawatir karena di aplikasi Ruangguru semuanya lengkap mulai dari materi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan lain sebagainya. 


Selain itu, yang membuat saya jatuh cinta dengan Ruangguru adalah karena kini Ruangguru juga sudah menyediakan paket khusus SBMPTN sehingga saya bisa mempelajari berbagai tips sukses menjawab soal Tes Potensi Skolastik (TPS) ditambah dengan berbagai prediksi soal dan juga contoh soal SBMPTN tahun sebelumnya.

Video Belajar Dilengkapi Animasi Menarik

Video Belajar Dilengkapi Animasi Menarik
Belajar dengan menonton video yang hanya menyajikan pembahasan oleh sang tutor tentunya sangat membosankan dan membuat ngantuk bukan? Namun, berbeda dengan Ruangguru dimana pada setiap video belajarnya dilengkapi dengan berbagai animasi seru dan menarik yang akan membuat kamu lebih bersemangat dan tentunya sangat mudah memahami materi yang disampaikan. Bukan hanya video beranimasi, biasanya pada materi hitung menghitung seperti Kimia, Fisika, ataupun Matematika juga dilengkapi dengan Rumus Jitu yang akan membuat kamu lebih mudah dalam menghapal setiap rumus.

Latihan Soal Beserta Pembahasannya

Latihan Soal Beserta Pembahasannya
Pada aplikasi Ruangguru, sistem yang mereka gunakan ini seperti layaknya sedang bermain game sehingga kamu akan terus ingin belajar dan tidak merasa bosan. Setelah selesai menonton video pembelajaran, Ruangguru selalu memberikan beberapa soal latihan untuk mengetahui seberapa paham kamu dengan materi yang diajarkan sebelumnya. 


Namun, kamu tidak perlu khawatair jika salah menjawab soal latihan karena setiap soal yang diberikan sudah dilengkapi dengan pembahasannya. Jadi apabila kamu salah menjawab soal, kamu bisa mempelajari dan memahami pembahasannya hingga dirasa cukup paham dan boleh lanjut pada level belajar berikutnya. Menyenangkan sekali bukan belajar seperti bermain game menggunakan Ruangguru.

Rangkuman Setiap Materi

Rangkuman Setiap Materi
Jika sudah menyelesaikan semua video belajar dan menjawab soal latihan dengan benar, maka diakhir setiap pembelajaran di Ruangguru terdapat rangkuman dari keseluruhan materi yang sudah kamu pelajari. Nah, rangkuman ini tentunya sangat memudahkan kamu untuk memamahi setiap inti materi yang sudah kamu tonton dan pelajari. Biasanya rangkuman pelajaran ini selalu saya cetak untuk dijadikan catatan dan bisa dibaca kembali dengan mudah.


Banyak banget kan kelebihan yang bisa kamu dapatkan apabila belajar menggunakan aplikasi Ruangguru. Yuk, download aplikasi Ruangguru untuk menghidupkan kembali mimpimu dan jangan biarkan pandemi ini menjadi penghalang dan juga alasan kamu untuk berhenti mewujudkan mimpi.