Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan dan Cara Daftar di Aplikasi Bibit

Panduan dan Cara Daftar di Aplikasi Bibit

TongkolPedia - Di era teknologi saat ini, masyarakat sudah di mudahkan untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari belajar, bekerja, hingga berinvestasi sekali pun. Sudah banyak beredar berbagai platform yang dapat memudahkan penggunanya dalam berinvestasi hanya melalui smartphone

Baru 1% orang Indonesia yang sudah berinvestasi di pasar modal, artinya masih ada  99% orang Indonesia menjadi investor pemula. Beberapa hal yang menjadi penyebab orang belum mulai berinvestasi adalah bingung cara mulai investasi, bingung memilih reksadana terbaik, bingung kapan waktu yang tepat berinvestasi reksadana, dan yang terakhir yaitu takut investasi bodong. 

Nah, disini bibit hadir sebagai solusi dari permasalahan dengan misi untuk membantu investor pemula mulai berinvestasi dengan mudah dan benar. Bibit merupakan aplikasi investasi reksadana yang sudah banyak menyita perhatian banyak orang dalam berinvestasi karena kemudahannya dan juga Bibit sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keamanan) sehingga tidak perlu di ragukan lagi keamanan dari aplikasi Bibit ini.

Apa itu Reksadana?

Reksadana adalah investasi yang didalamnya terdapat pasar uang, obligasi, dan saham. Investasi ini dikelola oleh para ahli keuangan yaitu manajer investasi yang sudah berpengalaman di pasar modal. Uang dari investasi kamu nantinya akan dikumpulkan untuk diinvestasikan ke beberapa aset oleh manajer investasi dan keuntungannya akan kamu dapat dari kenaikan harga NAV atau harga per unit Reksadana.

Keuntungan investasi Reksadana

1. Diversifikasi

Dana yang kamu investasikan akan disebar oleh manajer investasi ke beberapa aset dengan tujuan untuk mengurangi resiko. Apabila salah satu kinerja aset tidak bagus maka kinerja aset yang bagus lainnya akan membantu supaya terciptanya keuntungan yang lebih optimal.

2. Lebih terjangkau (bisa dimulai hanya dengan Rp.100.000)

3. Lebih simpel 

Kamu tidak khawatir memikirkan pengelolaan uang karena ketika investasi di Reksadana, maka uang yang kamu investasikan sudah otomatis dikelola oleh manajer investasi.

Keuntungan Investasi Reksadana di Bibit

1. Berpihak Kepada Investor Pemula 

Dengan Bibit kamu dapat berinvestasi dengan benar secara gratis dan mengandalkan bibit untuk membantu investasi kamu berjalan dengan baik.

2. Reksadana terseleksi dan berkualitas 

Sebelum bibit melakukan kerjasama dengan manajer investasi, bibit akan melakukan analisa dan hanya bekerja sama dengan manajer investasi yang terbukti memiliki track record dan reputasi yang baik. Bukan hanya itu, Bibit juga melakukan riset dan seleksi reksadana yang terbaik dan menaruhnya pada list top Reksadana sehingga gampang untuk memilihnya.

2. Gratis biaya Transaksi

Dengan aplikasi Bibit, kamu tidak akan dikenakan fee beli maupun fee jual karena di bibit semua transaksi pembelian dilakukan secara online. Berbeda ketika kamu berinvestasi pada bank konvensional kamu akan dikenakan fee beli dan fee jual.

3. Pembayaran bisa melalui Go-Pay dan LinkAja

Dengan aplikasi Bibit, kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan Go-Pay atau LinkAja secara praktis instan dan tentunya tanpa perlu melakukan upload bukti transfer. Bukan hanya itu, apabila melakukan pembayaran menggunakan e-wallet maka kamu tidak akan dikenakan biaya transfer.

4. Kualitas Customer Support yang baik

Kamu bisa curhat seputar Reksadana atau bertanya seputar Reksadana 24 jam kapan pun kamu inginkan.  Bibit akan melakukan pendampingan investasi untuk kamu apabila diperlukan.

5. Mulai Investasi dari Rp.100.000

6. Dana Bisa Dicairkan Kapan Saja 

Apabila kamu membutuhkan dana darurat, kamu bisa mencairkan Reksadana tanpa harus kena denda maupun penalti.

7. Bebas Pajak

Keuntungan investasi di Reksadana bukanlah objek pajak jadi keuntungan yang kamu dapatkan dari Reksadana tidak perlu kamu bayarkan Pajak.

Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi Bibit untuk berinvestasi? Nah, kali ini TongkolPedia akan menjelaskannya kepadamu.

Cara Registrasi atau Mendaftar Pada Aplikasi Bibit

1. Sebelum memulai registrasi di Bibit, pastikan sudah memiliki KTP dan juga nomor rekening tabungan atas nama kamu sendiri ya.

2. Pastikan di smartphone kamu sudah terinstall aplikasi Bibit ya. Jika belum kamu bisa men-download dahulu pada Google Play Store ataupun App Store. Jika sudah, silahkan buka aplikasi Bibitnya.

3. Jika sudah, kamu tinggal klik Registrasi dan kamu akan ditanyakan 6 pertanyaan yang mana 6 pertanyaan ini bakal menentukan profil resiko kamu. Jadi, isilah pertanyaan tersebut dengan baik dan jangan asal-asalan.
Cara mendaftar di Bibit


4. Jika sudah menyelesaikan semua pertanyaan, kamu akan mengetahui alokasi investasi yang sesuai dan profil resiko kamu. Jika sudah mengetahui, kamu tinggal klik Lanjut Registrasi.
Cara Mudah investasi di Bibit

5.  Input nomor telepon kamu untuk mendapatkan kode OTP yang bisa dikirim lewat WhatsApp ataupun lewat SMS. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan cashback sebesar 25% yang bisa dipakai pada saat pembelian reksadana, silahkan masukkan kode tongkolpedia pada kolom Refferal.
INGAT! Kamu cuma bisa mendapatkan ini sekali saja. Apabila kamu melanjutkan step tanpa mengisi, kamu tidak bisa mendapatkan cashback ini lagi. Jadi, gunakan kesempatan ini sebaik mungkin ya.
Cara untung investasi di Bibit

6. Selanjutnya kamu akan disuruh untuk mengisi data diri, upload KTP, upload selfie dengan KTP dan juga menginput tanda tangan digital.

7. Jika sudah, kamu akan mendapatkan email verifikasi dari tim Bibit dan atur PIN kamu untuk menjaga keamanan aktivitas kamu di Bibit. Ingat selalu PIN yang kamu isi ya.

8. Silahkan buka email kamu, terdapat email verifikasi dari tim Bibit dan lakukan verifikasi lewat email kamu dengan mengklik Verifikasi Email. Kamu tinggal tunggu maksimal 1 x 24 jam untuk tim bibit memverifikasi akun.

9. Jika sudah di verifikasi, maka akun kamu sudah dapat digunakan dan kamu sudah bis mulai berinvestasi.

Cara Mulai Investasi di Bibit

1. Untuk mulai berinvesatasi, kamu cukup klik Investasi Sekarang karena di Bibit kamu sudah dibantu dialokasikan investasi kamu ketiga jenis Reksadana dan kamu sudah dibantu riset dan seleksi reksadana yang terbaik berdasarkan kriteria yang tepat dan untuk mengurangi resiko kerugian.
Cara memulai investasi di Bibit

2. Selanjutnya kamu disuruh untuk memasukkan nominal yang ingin kamu investasikan. Kamu bisa mulai investasi dari Rp100.000 dan tinggal pilih metode pembayaran. Jika ingin instan dan tanpa perlu upload bukti transfer, kamu bisa menggunakan metode pembayaran melalui Go-Pay atau LinkAja.
Tips untuk memulai investasi di Bibit


3. Terakhir kamu tinggal tunggu unit Reksadana kamu masuk ke portofolio. Untuk mengetahui kapan unit Reksadana kamu masuk ke portfolio, kamu harus mengetahui cut off time-nya.


Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai aplikasi Bibit dan tutorial bagaimana mendaftar atau registrasi pada aplikasi Bibit serta cara memulai investasi. Apabila masih ada hal yang belum dipahami, kamu bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi dan tutuorial kali ini bermanfaat bagi kamu semua.

Post a Comment for "Panduan dan Cara Daftar di Aplikasi Bibit"