Bahaya Melakukan Root Pada Android

Handphone kamu di root? Kamu perlu tau bahaya pada Handphone yang telah di root..


TongkolPedia - Rooting Android merupakan proses untuk bisa mendapatkan akses penuh dan kontrol terhadap Handphone anda.
Beberapa orang melakukan root dengan alasan untuk bebas mengisntall aplikasi yang tidak bisa diinstal sebelum di root, bebas memodifikasi tema, dan masih banyak lagi.
Tahu kah kamu jika Root itu sangat berbahaya bagi handphone kamu? Berikut beberapa bahaya melakukan Root.


Bahaya Melakukan Root Pada Android


1. Garansi Hilang

Jika handphone kamu sudah di root dan kamu membawa ke tempat service untuk memperbaik, maka kamu tidak bisa lagi menggunakan garansi kamu walaupun masa berlakunya belum habis. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan root dengan otomatis, segel yang terpasang pada handphone kamu itu rusak.

2. Gagal Root


Ketika kamu melakukan proses root, dan tiba tiba proses root itu gagal bisa menyebabkan handphone kamu mengulang proses dari awal yang cukup memakan waktu lama dan yang paling berbahaya adalah Handphone kamu bisa mati total.


3. Sulit Update OS


Apabila handphone kamu sudah di root, maka kamu bisa melakukan berbagai macam hal seperti menghapus aplikasi bawaan dan yang lain-lainnya. Tetapi yang menjadi masalah adalah jika kamu melakukan root maka kamu akan kesulitan dalam update OS secara OTA.


4. Mempermudah Virus atau Hacker masuk

Nah jika kamu memutuskan untuk melakukan root pada handphone kamu, maka secara tidak langsung kamu juga memperbolehkan virus dan hacker menyusupi handphone kamu. virus bisa leluasa masuk karena pada saat handphone kamu telah di root firewall kamu akan terbuka.

5. Memperlambat Kinerja Handphone


Ada yang bilang jika handphone itu di root maka handphone kita akan semakin cepat kinerja nya. Nah, hal ini malah sebaliknya. Melakukan rooting pada Handphone malah akan mengakibatkan handphone kamu semakin lambat dan semakin cepat panas.



Itulah beberapa bahaya ketika melakukan Rooting. Memang jika handphone kita di root itu kita bisa mendapat beberapa fitur fitur istimewa, tapi sebelum melakukan kita lihat dahulu bahaya yang akan terjadi ketika melakukan root.