Bolehkah Mengisi Baterai Hingga Penuh? Ini Jawabannya!

Banyak orang yang mengatakan bahwa mengisi baterai anda semalam akan merusak baterai anda dan membuat umur baterai anda kamu sendiri. Saya juga sering melakukan hal ini, saya mengisi baterai semalam dan ketika pagi baterai sudah 100 persen dan sampai sekarang saya belum mengalami satu kendala.


TongkolPedia - Beberapa pengguna ponsel mungkin juga termasuk kamu masih bingung dengan persoalan ini. Banyak orang yang mengatakan bahwa mengisi baterai anda semalam akan merusak baterai anda dan membuat umur baterai anda kamu sendiri. Saya juga sering melakukan hal ini, saya mengisi baterai semalam dan ketika pagi baterai sudah 100 persen dan sampai sekarang saya belum mengalami satu kendala.

Menurut Daniel Steingard, Associate Professor - Princeton University mengatakan bawa kita boleh mengisi baterai kamu semalaman hingga penuh sesuka dan sejauh kalian mau. Menurutnya hal ini dikarenakan kini Smartphone sangat cerdas, dan juga software didalamnya juga sudah mendukung.

Jika menurut Daniel Steingard hal ini diperbolehkan, tetapi ada satu pendapat lain yang berbeda pendapat dengan nya yaitu Verkat Srinivasan.

Menurut Verkat Srinivasan, Director of Argonne Collaborative Center yang bekerja untuk Energi Strotage Science mengatakan bahwa kita dilarang untuk mengisi daya pada baterai Smartphone kita hingga 100 persen. Cabutlah charger kalian jika daya pada Smartphone kalian sudah menyentuh angka 90 persen. Alasan nya dikarenakan jika kamu mengisi daya sampai angka 100 persen maka akan ada Gangguang Elektromagnetik yang akan mengganggu baterai Smartphone kamu. Ia juga mengatkan bahwa cara yang benar untuk mengisi daya baterai adalah ketika baterai kamu diantara 30-80 persen.

Dari dua pendapat para ilmuwan diatas, dapat kita simpulkan melalui sebuah pendapat seorang lagi yang menurut saya sangat benar.

Menurut Dan yang mengatakan kepada The Verge bahwa jika kamu dalam keadaan santai atau tidak terburu buru, maka kamu boleh mengisi daya kamu hingga penuh sesuka kamu. Tetapi, jika kamu dalam keadaan sibuk atau was-was, kamu harus lakukan cara seperti yang dikemukakan oleh Verkat Srinivasan yaitu pada istilah batrai 30-80 persen, dan cabutlah charger kamu jika baterai kamu 80 persen.
.
Maka terjawablah sudah persoalan tentang Bolehkan mengisi daya hingga 100 Persen yang banyak diperbincangkan orang lain dengan pendapat yang berbeda beda.