Benarkah Mengangkat Ponsel Tinggi Bisa Mendapatkan Sinyal? Ini Jawabannya

Apakah kamu pernah mengangkat ponsel ke atas untuk mendapatkan sinyal? Ini jawaban dan pembuktiannya

TongkolPedia - Sinyal merupakan salah satu perangkat dasar yang dimiliki sebuah ponsel. Sinyal ini digunakan ketika menggunakan yang berhubungan dengan Sim Card seperti, sms, menelpon, dan juga data seluler. Sinyal ini merupakan jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel yang bisa mengirim dan menerima data dari provider.

Sinya ini terkadang bisa membuat kita kesal. Ketika kita berada di tempat yang sangat susah mendapatkan jaringan, kita sering mengangkat ponsel kita tinggi tinggi kearah langit berharap kita bisa mendapatkan sinyal. Naha benarkan tindakan yang kita lakukan? Apakah bisa mendapat sinyal? Inilah jawabannya.


Benarkah Mengangkat Ponsel Tinggi Bisa Mendapatkan Sinyal? Ini Jawabannya


Image: Ilustrasi mengangkat posnsel untuk mendapatkan sinyal (Jawapos.com)

Seseorang Professor teknik elektro dan komputer yang berasal dari Rice University di Houston, Texas, Amerika serikat yang bernama Lin Zhong melakukan sebuah penelitian tentang mendapatkan sinyal dengan mengangkat ponsel ini.
Image: Lin Zhong (gcurs.rice.edu)

Dalam penelitiannya, ia mengungkapkan bahwa mengangkat gadget yang menggunakan kartu seluler sebagai penyedia jaringan merupakan hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat.

Menurutnya, hal ini disebabkan oleh sinyal yang buruk atau tidak ada itu terhalang oleh bangunan. Terlebih jika kita berada di perkotaan yang sangat padat dengan gedung gedung tinggi.

Bukan hanya itu, penyebab lainnya adalah kondisi lingkungan dan orang-orang dk sekitar kita juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

"Sebab jika memang daerah itu merupakan area yang sulit untuk mendapat sinyal, ya tetap saja sulit. Percuma mengangkat ponsel tinggi-tinggi," Ujar Lin Zhong.

Lin Zhong juga mengungkapkan bahwa sekalipun kita berada di area terbuja, jika memang disana tidak ada pemancar sinyal, maka tetap saja kita tidak akan mendapatkan sinyal. Karena itu mengangkat ponsel tinggi tinggi dengan harapan mendapatkan sinyal yang bagus merupakan hal yang sangat keliru.

Zhong menyarankan, jika ada indikasi sinyal itu terhalang oleh bangunan-bangunan, sebaiknya kita berjalan kearah yang lebih tidak terhalang.

"Berjalan ke tempat yang tak terhalang oleh benda-benda dan sumber keramaian orang bisa menjadi solusi. Sebab jika kita berada di kerumunan orang yang keseluruhannya memegang ponsel, bisa jadi sinyal itu menjadk rebutan," Ucap Zhong.


Nah itulah jawaban tentang mengangkat ponsel tinggi untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Jadi jawabannya adalah sangat tidak bermanfaat dan sia sia untuk dilakukan. Kamu bisa mengikuti saran diatas untuk mendapatkan sinyal dengan bagus.