Awet dan Tahan Lama! Berikut Cara Menjaga Fingerprint Smartphone

Smartphone pada saat ini sudah dilengkapi dengan Fingerprint. Tetapi ada hal terlarang yang tidak boleh dilakukan agar Fingerprint tidak rusak.

TongkolPedia - Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, maka fitur yang terdapat pada Smartphone juga ikut berkembang. Dari yang cuma menggunakan layar sentuh untuk membuka Lock screen, kemudian berkembang menjadi Fingerprint, bahkan sekarang sudah dilengkapi dengan Face Lock.

Jika kamu memiliki smartphone yang dilengkapi dengan Fingerprint, maka kamu akan mudah untuk membuka lock screen hanya dengan sidik jari kamu. Nah, kali ini TongkolPedia akan membahas bagaimana cara untuk menjaga Fingerprint biar awet dan tahan lama.

Awet dan Tahan Lama! Berikut Cara Menjaga Fingerprint Smartphone


1. Jangan Digunakan Ketika Jari Basah

Image: Fingerprint Smartphone (Digit.in)
Ketika ingin membuka lockscreen, pastikan jari kamu kering. Hal itu karena Fingerprint merupakan sebuah fitur perangkat elektronik yang ketika basah akan rusak di kemudian hari.

2. Jangan Mendaftarkan Jari Terlalu Banyak

Image: Mendaftar Sidik Jari Di Fingerprint Smartphone (Tekno.liputan6.com)
Cara selanjutnya agar Fingerprint kamu awet dan tahan lama adalah kamu jangan mendaftarkan sidik jari kamu terlalu banyak ke Fingerprint. Kelebihan dari Fingerprint ini adalah kamu bisa mendaftarkan lebih dari 1 sidik jari untuk mengaksesnya. Akan tetapi, agar awet dan tahan lama sebaiknya kamu menghindari hal ini.

3. Hindari Fingerprint Tergores

Image: Fingerprint Smartphone (Gihphone.com)
Fingerprint ini sama halnya seperti lensa kamera kamu, kedua sensor ini sangat sensitif akan goresan. Tugas dari fingerprint ini adalah mendeteksi sidik jari yang kamu daftarkan, apabila terdapat goresan pada fingerprint kemungkinan akan membuatnya rusak.

4. Jangan Memindai Selain Jari

Image: Fingerprint Smartphone (Supgraphcode.blogspot.com)
Hal ini sangat penting untuk kamu hindari. Jangan untuk melakukan hal hal usil dengan memindai menggunakan bagian tubuh lain pada Fingerprint. Fingerprint ini dibuat hanya untuk memindai sidik jari dan apabila ada yang memindai selain jari, maka fitur ini akan mengalami Malfungsi atau tidak berfungsi dengan baik.


Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Cara untuk menjaga Fingerprint agar awet dan tahan lama. Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi kamu. Jika kamu memiliki tambahan, silahkan cantumkan pada kolom komentar dibawah ini.