Canggihnya Drone Buatan Anak bangsa Yang Membuat Negara Lain Terpukau

Drone pada saat ini sangat mengalami perkembangan yang sangat pesat. Indonesia juga ikut memunculkan inovasi baru Drone sebagai berikut.

TongkolPedia -  Drone merupakan salah satu pesawat tanpa awak yang dikendalikan dark jarak jauh menggunakan Remote Controller. Kecanggihan drone atau pesawat tanpa awak ini sedang berkembang dengan pesawat. Beberapa negara maju seperti Cina, Jepang, Amerika dan lainnya pada saat ini sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan pesawat tanpa awak ini. 

Di negara kita Indonesia, Sudah ada juga Drone besutan anak bangsa yang tak kalah keren dan canggih dari negara luar. Drone di Indonesia tidak hanya digunakan dalam bidang Militer dan Pertahanan, tetapi Drone buatan anak bangsa ini juga bisa digunakan sebagai pemetaan secara fisik, Pengindraan 3D hingga Pengambilan sampel gas dari gunung berapi. Penasaran gimana bentuk dan kecanggihan Drone ini? Simak ulasan berikut!

Canggihnya Drone Buatan Anak bangsa Yang Membuat Negara Lain Terpukau


1. Aeroterrascan Ai 450, Memetakan Isi Perut Gunung Berapi
Image: Aeroterrascan Ai 450 (Youtube.com)

Drone buatan anak bangsa yang pertama yang sangat canggih dan membantu masyarakat adalah Ai 450. Drone ini dirancang menggunakan Aeroterrascan, sebuah starup teknologi yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Pesawat Drone ini telah berhasil untuk menjalankan misi pertamanya yaitu mencari tau isi perut Gunung Agung di Bali.
Image: Aeroterrascan Ai 450 (Aeroterrascan.com)
Drone ini mampu terbang selama 90 menit dan menempuh jarak hingga 60 Km. Fungsi dari Al 450 ini adalah memetakan lahan dan dapat menghitung jumlah pohon yang ada. 

Pada saat menjalankan misinya di Bali, Drone yang dilengkapi dengan kamera Thermal dan sensor Uncooled Voxmicrobolometer ini mampu mendeteksi dan mengambil sampel gas yang keluar dari Gunung Agung. Drone ini dijual dengan harga Rp 300 Juta.

2. Drone LSA, Memetakan Wilayah Nusantara

Sebuah inovasi terbaru pada bidang penerbangan kini telah dilakukan oleh Lapan. Bekerja sama dengan Universitas Berlin di Jerman, Lapan telah berhasil menciptakan pesawat tanpa awak yang bernama Lapan Surveillance Aircraft (PK-LSA01). Pesawat ini akan digunakan untuk validasi citra satelit, monitoring produksi pertanian, pemetaan banjir, deteksi kebakaran, dan pemetaan tata kota.
Image: PK-LSA01 (Indo-defense.blogspot.com)
Pesawat LSA ini juga telah dilengkapi dengan kemampuan terbang non-stop selama 6-8 Jam dengan jangkauan sejauh 1300 Km dan sanggup mengangkut beban seberat 160 Kg. 


3. Bladeless Drone

Ternyata anak bangsa Indonesia juga memiliki keahlian di bidang aerodinamika. Seperti salh seorang anak bangsa yang bernama Muhammad Rizki Fauzan yang telah berhasil membuat sebuah Drone tanpa baling-baling atau disebut Bladeless Drone
Image: Bladeless Drone (Sefsed.com)
Cara kerja Drone miliknya ini sangat unik sekali. Karena drone buatannya ini tidak memiliki baling-baling, maka ia menggunakan air pressure untuk memancing udara. Didalam drone, disematkan sebuah kompresor yang disebut pneumatic speed untuk menghasilkan tekanan udara.

4. Wulung, Aset Pertahanan Canggih Indonesia

Image: Wulung (Defense-studies.blogspot.com)
PT. Dirgantara Indonesia telah berhasil membuat Drone yang digunakan untuk kebutuhan militer Indonesia yang diberi nama Wulung. Drone yang memiliki bentuk menyerupai pesawat capung ini mempunyai panjang 4,42 meter dan lebar 1,48 meter. Tak salah lagi jika drone ini digunakan dalam kebutuhan militer seperti survey, dan pengintaian yang akan membuat negara lain segan.

5. Drone MALE, Drone Dengan Sistem Persenjataan

Image: MALE (Indosecuritysystem.com)
Drone yang satu ini hampir sama dengan Wulung, Drone yang diberi nama MALE (Medium Altitude Long Endurance) juga digunakan dalam bidang Militer Indonesia. Tetapi, Drone MALE ini bukan hanya digunakan dalam pengintaian tetapi juga digunakan dalam keperluan tempur karena drone ini sudah dilengkapi dengan sistem persenjataan.


Demikian ulasan mengenai beberapa Drone buatan anak bangsa yang tidak kalah canggih dengan buatan luar negeri. Perkembangan pesat drone, tidak membuat indonesia diam saja. Tetapi, Indonesia juga ikut menciptakan inovasi baru Drone.