Cara Mengatasi Mata Minus Saat Bermain Game

Kamu suka memainkan game tapi takut mata minus? Berikut cara mengatasi mata minus akibat bermain Game.

TongkolPedia - Bermain game merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Keseruan dan kesengangan saat bermain ini kadang kali sering membuat kita terlupa seperti terlupa mengistirahatkan mata. Apabila mata kamu tidak atau jarang istirahat, maka akibatnya adalah mata kamu akan minus.

Minus mata adalah keadaan dimana mata kita tidak bisa melihat suatu objek dari jauh dengan jelas. Mata minus dapat diakibatkan berbagai hal seperti bermain game, minim cahaya dan bermain saat gelap atau saat tidur. Berikut beberapa cara agar mata kamu tidak minus ketika bermain game.

Cara Mengatasi Mata Minus Saat Bermain Game


1. Atur Pencahayaan Layar Yang Cukup

Image: Atur Pencahayaan Layar Yang Cukup (Dianisa.com)
Meskipun smartphone kamu sudah diaktifkan mode pembaca, tetap saja cahaya yang dipancarkan terlihat terang. Agar mata kamu tidak sakit atau minus, atur pencahayaan pada layar agar lebih rendah. Selain itu, hindarilah bermain game ketika gelap dan usahakan agar tidak bermain terlalu dekat dengan layar. Apabila kamu tidak melakukan hal diatas, maka mata kamu berakibat terkena minus sekaligus silinder.

2. Makan Makanan Bergizi

Image: Makan Makanan Bergizi (Inaheart.or.id)
Sekalipun kamu gamer, kamu gak boleh menyepelekan asupan makanan bergizi. Hal itu karena, hanya asupan makanan yang menentukan kesehatan.

Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh terutama kesehatan mata. Kemudian, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, karena hal itu berpengaruh buruk bagi kesehatan mata.

3. Istirahat dan Melakukan Senam Mata

Image: Istirahat dan Senam Mata (Kompasiana.com)
Bermain game terus menerus dan menatap layar Smartphone terlalu lama tidak baik bagi kamu. Cobala berhenti sejenak untuk beristirahat dan melakukan senam mata yang sangat mudah. Caranya dengan menggerakkan bola mata ke kiri, kanan, atas dan bawah. Kamu bisa juga melakukannya dengan cara memutar bola mata beberapa menit.

4. Hindari Kebiasaan Yang Membuat Mata Lelah

Image: Kebiasaan Yang Membuat Mata Lelah (Lifestyle.okezone.com)

Seperti yang kita ketahui tadi, bahwasanya bermain game terlalu berlelbihan tidak baik untuk mata dan bisa membuat mata lelah. Selain bermain game, masih banyak lagi kegiatan atau aktifitas yang membuat mata lelah seperti Menonton Televisi, menatap layar, dan masih banyak lagi. Maka dari itu kita harus mengusahakan menghindari kebiasaan buruk tadi.


Demikian lah pembahasan mengenai cara untuk menghindari mata minus saat bermain game yang bisa kamu terapkan. Bagi kalian yang memiliki pendapat atau saran lain, silahkan cantumkan di kolom komentar dibawah ini.