Mengintip Sejarah Awal Terbentuknya Handphone. Siapa Penemunya?

Apakah kamu tau asal mula dari Handphone saat ini? Siapa sih pencetus Handphone pertama? Berikut sejarahnya

TongkolPedia - Kamu pasti tidak asing lagi ketika mendengar kata Telepon genggam atau Handphone. Benda inilah sebuah hal penting yang dibawa kemana saja kamu pergi bukan? Handphone adalah sebuah alat komunikasi yang bisa menjangkau orang sejauh apa pun bahkan di belahan dunia. Namun, apakah kamu tau siapa pencetus atau penemu handphone?


Mengintip Sejarah Awal Terbentuknya Handphone. Siapa Penemunya?


1. Pencipta Ide Handphone

Image: Martin Cooper Pencipta Ide Handphone (Talkandroid.com)
Kamu tau gak bahwa pencipta Handohone adalah Martin Cooper yang bekerja di perusahaan Motorola pada tahun 1973. Pada awalnya, perusahaan ini hanya membuat dan menjual telegraf, berkat ide Cooper yang menginginkan alat komunikasi yang mudah dibawa, membuat nama perusahaan ini semakin dikenal.


Tahun 1983, Motorola resmi meluncurkan Handphone pertamanya dengan berat 2 kilogram dan dijual dengan harga 3900 dollar atau senilai 50 juta rupiah.

2. Nama Motorola Menjadi Sorotan

Image: Perkembangan Handphone (Tipsciamik.com)
Walaupun ide Handphone itu berasal dari Cooper, namun semua orang banyak yang menyanjung nama Motorola sebagai pencetus Handphone yang paling efektif pada masanya.


Dibalik sanjungan itu, Handohone ini juga mempunyai kekurangan, seperti Berat handphone tersebut, dan kapasitas handohone yang hanya bisa bertahan selama 20 menit. Pada saat itu, belum ada ilmuwan yang menemukan formula agar handphone itu bertahan lebih lama.

3. Spesifikasi Handphone Pertama Di Dunia

Image: Spesifikasi Handphone Pertama (Manggadget.com)
Pada saat itu, mereka belum mengenal istilah 1G. Mereka hanya mengenal istilah analog yang diberi nama AMPS dengan frekuensi 825-894 Mhz. Akan tetapi, banyak para pengguna yang mengeluh karena berat Handphone ini mencapai 2 kilogram, sehingga tidak nyaman dibawa kemana-mana.


4. Masa Kejayaan Handphone

Image: Masa Kejayaan Handphone (Vecteezy.com)
Karena daya beli masyarakat dan antusias terhadap handphone sangat besar, muncullah beberapa perusahaan tandingan Handphone. Di saat itu, Istilah handphone dengan sinyal 2G sangat populer, sehingga banyak masyarakat yang meninggalkan handphone dengan antena besar. Perkembangan dunia terhdapat handphone yang sangat cepat, sehingga pada saat ini ilmuwan sudah menemukan sinyal 5G.



Nah, itulah ulasan singkat mengenai awal mula terbentuknya Handohone yang dicetuskan dan ditemukan oleh Martin Cooper. Kini kita semua sudah memasuki era baru yaitu Smartphone. Apakah ada yang tau perbedaan Smartphone dan Handphone ini?