Smartphone Terkena Virus? Begini Tanda-Tandanya

Smartphone kamu terkana virus? Begini tanda-tanda terlengkap jika smartphone kamu terserang virus atau malware

TongkolPedia - Terinfeksi virus merupakan salah satu hal yang sangat menyebalkan sekali. Apalagi jika virus tersebut menyerang secara tiba-tiba.

Sebuah smartphone yang terkena virus memiliki banyak sekali permasalahan yang sangat menggangu seperti lemot, panas, dan lain sebagainya. Lalu apa saja sih permasalahan dan tanda-tanda jika smartphone kamu terserang virus?

Smartphone Terkena Virus? Begini Tanda-Tandanya


1. Timbul Banyak Iklan Yang Tidak Diinginkan

Image: Iklan Yang Muncul Di Smartphone (Jalantikus.com)
Apabila smartphone kamu terinfeksi sebuah virus berupa bug, beberapa smartphone mengalami hal seperti ini. Smartphone kamu akan timbul iklan terus menerus yang tidak kamu inginkan. Iklan yang masuk ini sebenarnya merupakan sebuah "celah" bagi para hacker untuk membuka seluruh data kamu, baik iklan itu dibuka sengaja maupun tidak sengaja. 

2. Pengiriman Telepon dan SMS Yang Tidak Terduga

Image: SMS dan Telepon Tak Terduga (Rinditech.com)
Tanda-tanda lain apabila smartphone kamu terkena virus adalah smartphone kamu bisa melakukan pengiriman SMS dan telepon sendiri secara tidak terduga oleh kamu. Namun, hal ini juga bisa terjadi apabila smartphone kamu berhasil diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Daya Baterai Lemah

Image: Daya Baterai Lemah (Waspada.co.id)
Apakah kamu pernah merasa jika baterai kamu sangat cepat habis? Apalagi jika smartphone itu tidak dimainkan sama sekali. Terasa aneh bukan? 

Hal ini bisa terjadi apabila terdapat kebocoran di baterai kamu dan bisa juga terjadi jika terdapat malware di smartphone. Malware tersebut akan terus bergerak di background kamu yang menyebabkan baterai kamu sangat cepat habis.

4. Lagging dan Booting Yang Cukup Lama

Image: Lagging dan Booting (Technobezz.com)
Lagging ini merupakan hal yang sangat wajar terjadi jika smartphone terserang virus. Hal ini terjadi karena salah satu masalah yang dibawa virus itu adalah menurunkan performa sistem pada smartphone kamu.

5. Timbul Aplikasi Yang Tidak Diunduh

Image: Aplikasi Muncul Tiba-tiba (Abdinesia.blogspot.com)
Apabila hal ini pernah terjadi pada smartphone kamu, yaitu timbulnya aplikasi-aplikasi secara tiba-tiba padahal kamu tidak pernah mengunduhnya merupakan salah satu tanda terserang virus.

6. Bluetooth dan Wifi Restart Otomatis

Image: Wifi dan Bluetooth Restart (Makeuseof.com)
Matinya Wifi dan Bluetooth secara otomatis atau tiba-tiba terjadi karena terdapat kerusakan file dari sistem operasi. Tentunya yang menyebakan kerusakan itu tidak lain dan tidak bukan adalah Malware dan Adware.

7. Pencarian Tidak Bisa Digunakan

Image: Pencarian (Uptopromo.co.id)
Malware dan Adware juga bisa menyebabkan fitur pencarian pada Smartphone kamu tidak bisa digunakan atau tidak memberikan respon apa-apa ketika digunakan.

8. Overheating

Image: Overheating (Naijainformation.com)
Overheating atau Telalu panas ini sama seperti Baterai melemah yang kita jelaskan tadi. Overheating ini terjadi karena terdapat malware yang terus menerus bergerak di background yang menyebakan smartphone kamu cepat panas.

9. Redirect Malware

Image: Redirect Malware (Phandroid.com)
Apabila kamu sedang mencari sesuatu di internet atau biasa disebut berselancar online, lalu terdapat iklan pop-up yang mengarah pada website tertentu. Maka kamu harus waspada, karena bisa saja itu merupakan sebuah malware yang siap menyerang smartphone kamu.



Itulah beberapa tanda-tanda jika smartphoen terserang virus. Apakah kamu pernah mengalami hal-hal ini? Maka dari itu kita harus menggunakan smartphone dengan baik dan bijak agar smartphone kesayangan tetap terjaga.