Kouta Boros? Inilah Cara Menghemat Kouta Internet

Apakah kamu saah satu orang yang kouta internet na habis secara tidak kamu ketahui? Mau tau cara menghemat nya? Berikut tips atau cara menghemat kouta internet kamu.

TongkolPedia - Pada zaman now saat ini, Pulsa bukan lagi menjadi hal yang sangat penting bagi pengguna Smartphone. Melainkan kouta lah yang saat ini sering diburu dan dibutuhkan para pengguna smartphone untuk melakukan chat kepada sesama teman, Video call, dan lain sebagainya.

Namun, apa jadinya apabila kouta internet kamu sangat boros dan cepat habis? Baru saja membeli kouta, dan beberapa hari kemudian langsubg habis. Hal ini membuat kamu bingung dan sangat risih bukan? Tapi kamu jangan panik, berikut ini tutorial dan tips agar dat menghemat kouta internet kamu agar tidak boros dan cepat habis.

Kouta Boros? Inilah Menghemat Kouta Internet


1. Buang Aplikasi Yang Tidak Penting

Image: Aplikasi Smartphone (droidpoint.com)
Cara pertama yang bisa kamu terapkan untuk menghemat kouta internet adalah dengan cara menghapus atau uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak penting bagi kamu. Mengapa demikian?

Karena setiap aplikasi yang kamu download itu akan memakan kouta internet, sekalipun tidak kamu gunakan. Biasanya aplikasi tersebut akan terus berjalan di balik layar dan menyedot kouta kamu.

2. Gunakan Fitur Chrome Data Saver

Image: Chrome Data Saver (Kaskus.co.id)
Apabila kamu menggunakan Browser Chrome untuk berselancar di internet, kamu bisa mencoba cara yang satu ini. Pada aplikasi Chrome sudah disediakan sebuah fitur yang bernama Data Saver yang berfungsi untuk menghemat kouta internet kamu. 

Cara penggunaanya sangatlah mudah yaitu dengan cara membuka Chrome - Pengaturan - Data Saver - ON. Dengan mengaktifkan firut ini, maka chrome akan mengcompress penggunakan kouta internet kamu.

3. Aktifkan Fitur Pembatasan Penggunaan Data

Aplikasi yang tidak digunakan itu akan tetap menyedot kouta kalian walupun di tidak digunakan sekalipun. Maka dari itu, untuk menghematnya kamu bisa mengaktifkan fitur pembatasan penggunaan data ini dengan cara buka Pengaturan - Data Usage - Klik titik tiga vertikal di ujung atas sebelah kanan - Restrict background data - Oke.
Image: Pembatasan Penggunaan Data (Delapantujuh.com)
Bagi kamu yang menggunakan platform Xiaomi bisa juga dengan cara membuka aplikasi Keamanan - Penggunaan Data - Restrict data usage dan silahkan ubah sesuai kebutuhan kamu.

4. Jarang Terlalu Sering Download Video

Image: Film (Plukme.com)
Apabila kamu memiliki kouta yang tidak terlalu banyak, maka disarankan untuk tidak memaksakan diri kamu untuk mendownload video tersebut. Apakah kamu tau bahwa mendownload video akan menyedot kouta sangat banyak? Apabila kamu hanya memiliki kouta sebesar 2 GB, dan kamu mendownload berbagai video maka kouta kamu dipastikan akan cepat habis.

5. Kurangi Penggunaanya Hotspot

Image: Hotspot (Jamesnews.com)
Jika kamu benar-benar ingin menghemat kouta kamu, maka tips yang bisa kamu terapkan adalah dengan mengurangi penggunaan hotspot atau memberikan hotspot kepada teman kamu. 



Penutup

Baiklah itulah tadi tips atau cara yang bisa kamu terapkan untuk menghemat kouta internet yang kamu miliki. Menurut kamu bagaimana? Apabila kamu memiliki saran mengenai artikel ini, silahkan cantumkan saja di kolom komentar dibawah ini.