Cara Membuat Watermark di Photoshop Dengan Mudah

Watermark adalah proses pemberian hak cipta pada suatu gambar atau video agar tidak dapat dibajak oleh orang lain. Bukan hanya itu, watermark jug bisa berfungsi sebagai bentuk promosi untuk memperkenalkan suatu produk atau usaha.

TongkolPedia - Watermark adalah proses pemberian hak cipta pada suatu gambar atau video agar tidak dapat dibajak oleh orang lain. Bukan hanya itu, watermark jug bisa berfungsi sebagai bentuk promosi untuk memperkenalkan suatu produk atau usaha.

Nah, pada kesempatakan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara untuk membuat watermark menggunakan software Adobe Photoshop. Tutorial kali ini sangat mudah karena tidak menggunakan banyak langkah dalam praktik pengerjaannya. Bagi kamu yang penasaran, silahkan simak berikut ini.

Cara Membuat Watermark di Photoshop Dengan Mudah


Bahan :

  1. Software Adobe Photoshop
  2. Logo atau brand kamu yang ingin dijadikan watermark. Logo tersebut harus dalam format PNG
  3. Foto yang ingdin ditambahkan watermark

Langkah-langkah :
  • Silahkan buka Adobe Photoshop
  • Buka gambar yang ingin ditambahkan watermark dan logo dengan cara File - Open atau Ctrl + O

  • Gunakan Move Tool atau bisa juga dengan menekan tombol V. Move Tool berfungsi untuk memindahkan logo kamu masuk ke dalam foto yang ingin ditambahkan watermark. Cara memindahkanny adalah pada saat Move Tool sudah aktif, silahkan klik dan tahan logo, kemudian geser sampai ke foto yang ingin ditambahkan watermark. 

  • Jika sudah maka hasilnya akan tampak seperti foto dibawah ini.

  • Selanjutnya, untuk membuat foto menjadi agak transparan. Silahkan kamu cek di sebelah kanan, terdapat menu seperti foto berikut.

  • Silahkan ubah pada Opacity sesuai keinginan kamu agar watermark kamu kelihatan lebih transparan. Maka hasilnya akan seperti berikut.




Penutup
Nah, begitulah tutorial untuk membuat watermark menggunakan Adobe Photoshop dengan mudah. Bagimana dengan kamu, apakah sekarang sudah bisa? apabila ada yang ingin kamu tanyakan, silahkan saja cantumkan di kolom komentar dibawah ini atau langsung saja tanyakan melalui Live Chat. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kamu.