Cara Membuat Blog Profesional dengan Mudah

Pernahkah anda mendengar kata blog atau blogger? Pastinya sudah dong ya. Yap, kini blog sudah menjadi gaya hidup yang menjadi trend dalam masyarakat. Melalui tulisan-tulisan blog kita bisa membagikan segala sesuatu dalam berbagai bidang kehidupan.
Cara Membuat Blog Profesional dengan Mudah

TongkolPedia - Pernahkah anda mendengar kata blog atau blogger? Pastinya sudah dong ya. Yap, kini blog sudah menjadi gaya hidup yang menjadi trend dalam masyarakat. Melalui tulisan-tulisan blog kita bisa membagikan segala sesuatu dalam berbagai bidang kehidupan. Sudah banyak orang sukses berkat blog, ada juga yang menjadikan blog sebagai ladang untuk mencari penghasilan. Oke, langsung saja. Apakah itu blog? Dan bagaimana cara membuat blog yang profesional dan banyak dikunjungi banyak orang?

Blog adalah salah satu aplikasi website yang memuat konten-konten tertentu. Situs ini bisa diakses oleh semua pengguna internet dengan berdasarkan konten-konten tertentu dimana berisi tulisan-tulisan yang sesuai apa yang diharapkan oleh para pencari atau pengguna internet. Melalui blog anda bisa berbagi berbagai macam tulisan-tulisan anda, baik pengalaman atau pun tips-tips yang bisa berguna bagi orang lain. Misalnya resep makanan dan masih banyak lagi. Dalam dunia blog ini, penulis disebut sebagai blogger.

Selanjutnya, setelah anda mengetahui sedikit tentang blog. Maka ketahuilah bagaimana cara untuk membuat blog profesional dengan mudah, simak saja uraian di bawah ini: 

Cara Membuat Blog Profesional dengan Mudah


1. Menentukan ide blog

Langkah pertama yang bisa anda tempuh yaitu anda harus menentukan apa ide blog yang akan anda dikembangkan. Jika anda kesulitan dalam memperoleh ide, anda bisa menyesuaikan dengan passion anda atau ke tujuan awal pembuatan blog anda. Misalnya anda bisa menyesuaikan dengan hobby dan minat anda seperti contohnya apabila anda menyukai traveller anda bisa membuat blog tentang itu.

2. Memilih nama blog

Langkah selanjutnya yaitu menentukan nama blog yang akan anda gunakan. Pilihlah nama se menarik mungkin yang masih jarang digunakan dan belum terlaku mainstream atu banyak di pasaran.

3. Memiliki hosting

Hosting ini tidak diperlukan apabila anda menggunakan blog wordpress, tumblr, blogspot, dll, karena anda akan diberi ruang tersendiri oleh perusahaan. Akan tetapi, akhiran blog anda akan tercantum wordpress.com , tumblr.com dan masih banyak lagi. Pemggunaan blog tanpa hosting menimbulkan beberapa kelemahan diantaranya tidak dapat mengupload video atu tulisan sebanyak-banyak nya. Sehingga blog anda menjadi terbatas dan sulit untuk berkembang. Oleh sebab itu, untuk menciptakan sebuah blog yang profesional dibutuhkan sebuah hosting dimana anda bisa menggunakan nama blog sesuai dengan kemauan anda. Bisa menulis sebanyak banyak nya yang dilengkapi dengan gambar dan video. Memiliki banyak pilihan tema yang bisa anda pilih, selain itu menggunakan hosting juga menjadi lebih aman dan tentunya lebih profesional bukan?

4. Gunakan fitur instan deploy

Langkah selanjutnya yaitu gunakan fitur instan deploy dari DomiNesia dimana anda bisa membuat blog dengan satu kali klik saja. Setelah itu anda bisa memilih kategori blog yang anda inginkan dan tulislah nama blog dibagian domain dan pilihlah ukuran hosting. Maka, setelah itu tulislah username dan password yang akan anda gunakan. Maka blog anda akan langsung jadi. Sungguh mudah bukan?

5. Tata blog anda

Langkah selanjutnya adalah anda harus mempercantik tampilan blog anda, bisa dilakukam dengan memilih berbagai tema yang tersedia baik yang gratis atau yang berbayar. Buatlah tampilan se menarik mungkin agar orang-orang tertarik untuk mengunjungi blog anda. Jika mereka sudah tertarik maka blog anda akan banyak dikunjungi dan banyak dibaca oleh orang.

6. Amankan blog anda

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah lakukan pengamanan terhadap blog anda dari gangguan hacker, malware, virus dan lain-lain. Hal ini bisa anda lakukan dengan gunakanlah SSL di website, ciptakan password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain, gunakan beberapa plug in security yang tersedia, dsb.


Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan, untuk mengetahui lebih lanjut anda langsung bisa untuk mencobanya. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan cantumkan saja di kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!