Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC

Pernah gak sih mengalami internet yang tiba-tiba lemot? Apalagi saat kita sedang streaming anime atau bermain games Mobile Legends, tentunya membuat kita emosi bahkan mengeluarkan kata-kata makian bukan?

TongkolPedia - Di zaman millenial dimana teknologi semakin hari semakin canggih dan pintar ini, menjadikan internet sebagai kebutuhan primer. Segala aktivitas kini dapat dilakukan menggunakan internet dengan mudah dan praktis.

Namun, pernah gak sih mengalami internet yang tiba-tiba lemot? Apalagi saat kita sedang streaming anime atau bermain games Mobile Legends, tentunya membuat kita emosi bahkan mengeluarkan kata-kata makian bukan?

Nah, oleh karena itulah kali ini TongkolPedia akan memberikan cara untuk kamu mengecek kecepatan internet yang kamu gunakan di PC.

Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC


1. Google Internet Speed Test

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan Google Internet Speed Test. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan membuka browser yang terdapat di PC kamu. Kemudian buka saja Google dan ketikkan Internet Speed Test.
Google Internet Speed Test - Cara Mengecek Kecepatan Internet di laptop

Setelah itu, klik tombol Run Speed Test atau Jalankan Uji Kecepatan.Tunggu hingga proses pengecekan selesai. Google akan memberikan data informasi kecepatan upload, download, hingga latensi jaringan internet kamu.


2. Speedtest.net

Selain menggunakan Google, mengecek kecepatan internet juga bisa dilakukan dengan mengunjungi website Speedtest.net di laptop kamu.

Setelah mengunjungi web ini, silahkan langsung saja klik tombol GO yang terdapat di tengah web tersebut. Tunggu sejenak hingga proses pengecekan selesai.
speedtest.net - Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC

Apabila selesai, kamu dapat melihat informasi kecepatan internet kamu mulai kecepatan mendownload hingga mengupload. Seperti di bawah ini.
Hasil speedtest.net - Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC

Catatan:
Disarankan jangan mengunjungi web apapun saat ingin memulai proses pengecekan kecepatan internet, agar jasil yang kamu dapat lebih akurat.

3. Fast.com

Cara selanjutnya adalah dengan mengunjungi situs fast.com. Namun, situs fast.com ini tidak selengkap situs speedtest.com. Walaupun begitu, situs ini masih bisa dijadikan acuan untuk mengecek kecepatan internet kamu.

Cara mengecek di situs fast.com ini juga sangat sederhana karena tidak perlu mengklik tombol apapun. Kamu cukup mengunjungi situs fast.com dan situs ini akan mengecek secara otomatis kecepatan internet yang kamu gunakan.
fast.com - Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC atau laptop

4. Speedcheck.org

Cara mengecek kecepatan intermet di PC selanjutnya adalah dengan situs speedcheck.org.
Caranya, silahkan kamu kunjungi situs speedcheck.org di browser kamu. Kemudian, klik tombol Start Test yang terdapat di tengah web.
speedcheck.org - Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC

Tunggu hingga proses pengecekan selesai dan hasil nya muncul. Hasil yang di dapatkan dari situs ini adalah PING, Download, Upload, dan IP Address.
Hasil Speedcheck.org - Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC

5. meter.net

Selanjutnya, kamu juga bisa mengecek menggunakan situs meter.net. Sama seperti situs-situs sebelumnya, hasil yang kamu dapatkan saat pengecekan ini adalah PING, download, dan juga upload.
meter.net - Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC

Kamu cukup mengunjungi website meter.net, kemudian silahkan klik juga tombol Start Test. Kemudian, situs akan secara otomatis mengecek kecepatan internet kamu. Untuk melakukan pengecekan ulang, silahkan klik tombol Start New Test.
Hasil meter.net - Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC

6. Speedtest.cbn.net.id

Cara mengecek kecepatan internet di laptop yang terakhir adalah dengan melalui situs speedtest.cbn.net.id.
speedtest.cbn.net.id - Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC

Kunjungi saja situs tersebut, setelah itu klik tombol GO. Tunggu sebentar hingga proses pengecekan ini selesai. Setelah selesai, kamu dapat melihat hasil yang ditampilkan meliputi PING, upload, download dan juga jitter.
Hasil speedtest.cbn.net.id - Cara Mengecek Kecepatan Internet di PC


Penutup

Demikianlah informasi mengenai cara untuk mengecek kecepatan internet di Laptop atau PC kamu. Dari beberapa cara diatas, kamu lebih suka menggunakan yang mana? Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kamu semua.