Apa itu Fingerprint? Berikut ini Penjelasan Lengkapnya

ingerprint merupakan salah satu sistem keamanan yang paling banyak digunakan saat ini. Misalnya saja dalam absen perkantoran, pembukan keamanan smartphone hingga laptop. Mungkin kamu salah satu yang saat ini menggunakan sistem keamanan fingerprint atau sensor sidik jari ini. Nah, kalau kamu ingin tahu lebih lengkapnya, silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.
Apa itu Fingerprint? Berikut ini Penjelasan Lengkapnya

TongkolPedia - Fingerprint merupakan salah satu sistem keamanan yang paling banyak digunakan saat ini. Misalnya saja dalam absen perkantoran, pembukan keamanan smartphone hingga laptop. Mungkin kamu salah satu yang saat ini menggunakan sistem keamanan fingerprint atau sensor sidik jari ini. Nah, kalau kamu ingin tahu lebih lengkapnya, silahkan simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Fingerprint

Fingerprint merupakan suatu alat elektronik yang menerapkan sensor scanning untuk mengetahui sidik jari seseorang agar terverifikasi identitasnya. Fitur fingerprint ini sudah banyak sekali digunakan di berbagai smartphone, pintu masuk, alat absensi ataupun alat lainnya yang membutuhkan sistem keamanan yang baik.

Fungsi Fingerprint

1. Fingerprint pada Smartphone

Fingerprint Smartphone

Berbagai smartphone saat ini sudah menerapkan sensor fingerprint seperti pada berbagai tipe di Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo dan masih banyak brand smartphone lainnya. Beberapa brand tersebut biasanya menyematkan sensor ini sebagai alat pengaman data pengguna smartphone agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. 

Letak fingerprint bisanya diletakkan di belakang bodi smartphone. Namun, kini sudah ada juga berbagai produk smartphone yang menyematkan sensor fingerprint di bagian depam tepatnya di bagian tombol home.

2. Fingerprint pada absensi

Fingerprint Absensi

Bukan hanya di smartphone, sensor fingerprint juga banyak digunakan di berbagai alat absensi. Absensi yang memiliki sensor fingerprint ini berfungsi untuk meningkatkan tanggung jawab dan disiplin karyawannya, karena sidik jari para karyawan tidak bisa di wakilkan dan dipalsukan. Hal menarik lainnya adalah sensor fingerprint ini mampu menghasilkan data kehadiran yang cukup lengkap sehingga dapat digunakan untuk menunjang pengambilan keputusan manager tingkat menengah.

3. Fingerprint pada pintu dan brankas

Fingerprint Pintu

Nah, apakah pintu kamu menggunakan sensor ini? Ternyata sensor fingerprint juga bisa dipasang di pintu yaitu pintu rumah mewah ataupun pintu ruangan atasan. Bukan hanya itu, sensor fingerprint juga digunakan pada brankas tempat menyimpan barang-barang pribadi dan penting.

Pintu dan brankas yang dilengkapi sensor sidik jari ini tidak akan bisa diakses oleh sembarang orang karena hanya orang tertentu saj yanh sudah merekam ID sidik jarinya pada alat tersebut. Jadi barang-barang kamu dijamin aman jika menggunakan sensor ini.

Cara Kerja Fingerprint

Cara kerja sensor fingerprint ini adalah dengan merekam sidik jari pengguna yang digunakan sebagai acuan dan akan di simpan di database. Ketika kamu ingin membukanya, kamu hanya perlu menempelkan jari kamu ke alat sensor sidik jari ini. Pada alat absensi, sensor fingerprint ini akan melakukan scanning ulang, kemudian sidik jari kamu akan dicocokkan apakah sama dengan sidik jari yang pernah kamu rekam saat pertama kali. 


Penutup

Sekian informasi lengkap mengenai sensor fingerprint atau sensor sidik jari ini. Apakah kamu memiliki alat yang menggunakan sensor sidik jari di rumah? Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.