Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme 3

Realme 3 telah diluncurkan secara resmi oleh Realme di negara Indonesia dengan berbagai spesifikasi hardware, kapasitas baterai, hingga harga yang terbilang menarik.
Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme 3

TongkolPedia - Realme 3 telah diluncurkan secara resmi oleh Realme di negara Indonesia dengan berbagai spesifikasi hardware, kapasitas baterai, hingga harga yang terbilang menarik.

Pihak Realme juga telah meningkatkan kemampuan kamera pada Realme 3, baik untuk pengambilan foto pada siang hari maupun malam hari. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk Realme 3. 

Untuk itu, bagi kamu yang penasaran dengan kelebihan dan kekurangan pada Realme 3 ini, pada kesempatan ini TongkolPedia akan memberikan informasinya kepada kamu semua.

Kelebihan Realme 3

1. Performa

Performa Realme 3

Smartphone Realme 3 telah dibekali dengan chipset MediaTek Helio P60 Octa-Core yang diklaim memiliki performa kencang karena telah dilengkapi dengan teknologi 12 nm. Sedangkan untuk RAM smartphone ini menawarkan pilihan 3 GB dan 4 GB serta penyimpanan internal sebesar 32 GB dan 64 GB. 

Dengan spesifikasi hardware ini Realme 3 ini mampu menjalankan aplikasi dan game besar dengan lancar. Sementara itu, apabila penyimpanan internalnya dirasa kurang besar, dapat kamu tambah dengan menggunakan microSD.

2. Layar

Layar Realme 3

Smartphone Realme 3 memiliki layar penuh dengan poni dewdrop kecil pada bagian atasnya. Ukuran lebar layarnya mencapai 6,2 inchi dengan resolusi HD+ berteknologi IPS sehingga nyaman dilihat penggunanya.

3. Kamera

Realme 3 dilengkapi dengan dual kamera belakang dengan resolusi 13 MP + 2 MP dan LED Flash yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas terbaik. Bukan hanya itu, aplikasi kamera Realme 3 juga sudah dilengkapi dengan fitur Chroma Boost yang mampu meningkatkan warna pada foto sehingga lebih menarik.

Kamera Realme 3

Sedangkan untuk fitur Nightscape membuat setiap pengguna mampu menghasilkan foto yang tajam dan terang pada malam hari. Pada kamera depan, sudah dilengkapi dengan kamera 13 MP yang mampu mengakomodasi video call dan foto selfie dengan baik.

4. Baterai

Baterai Realme 3

Untuk sumber energi, Realme 3 didukung dengan baterai berkapasitas 4230 mAh yang diklaim mampu bertahan selama seharian untuk penggunaan normal. Jika digunakan untuk bermain PUBG Mobile pun mampu bertahan selama 10 jam.

5. Fingerprint

Fingerprint Realme 3

Sensor Fingerprint juga telah hadi pada smartphone Realme 3 yang terletak di bagian belakang smartphone ini. Jadi pengguna dapat dengan mudah membuka kunci layar hanya menggunakan sidik jari. Realme 3 mengizinkan untuk merekam 5 sidik jari yang berbeda untuk didaftarkan pada sensor ini.

6. AI Face Unlock

Tidak cukup sampai disini, Realme 3 juga menambahkan alternatif sistem keamanannya dengan menambahkan fitur AI Face Unclock yang memudahkan pengguna membuka kunci dengan cepat hanya menggunakan wajahnya.

7. Color OS 6

Realme 3 sudah menggunakan Color OS 6 dengan sistem Android 9 Pie. Bisa dibilang sistem ini memiliki berbagai fitur menarik, seperti dual-split multitasking, kloning aplikasi, screenshot dengan 3 jari, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Kekurangan Realme 3

1. Noda sidik jari mudah menempel

Meskipun bodi pada smartphone Realme 3 sangat menawan, namun noda pada sensor sidik jarinya sangat mudah menempel sehingga mengurangi estetika. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan casing tambahan pada smartphone ini.

2. Pengisian daya tidak begitu cepat

Meskipun daya yang dimiliki Realme 3 ini mampu bertahan dalam waktu yang terbilang lama, namun pada saat pengisian dayanya tidak secepat smartphone yang ada pada saat ini. Bisa dibilang ini yang sering dikeluhkan oleh pengguna Realme 3.


Penutup

Bagaimana setelah melihat kelebihan dan kekurangannya, apakah kamu tertarik membeli Realme 3 ini? Walaupun masih terdapat beberapa kekurangan, namun secara keseluruhan smartphone ini sangat direkomendasikan karena sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat bagi kamu.