Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Nokia 4.2

HMD Global secara resmi sudah meluncurkan sebuah produk smartphone yang siap bersaing di kelas menengah yang mereka beri nama Nokia 4.2. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi keren dan menarik serta dengan harga yang sangat terjangkau.
Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Nokia 4.2

TongkolPedia - HMD Global secara resmi sudah meluncurkan sebuah produk smartphone yang siap bersaing di kelas menengah yang mereka beri nama Nokia 4.2. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi keren dan menarik serta dengan harga yang sangat terjangkau.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana smartphone ini dan kepikiran untuk membelinya, sebaiknya kamu lihat dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan pada Smartphone Nokia 4.2 ini.

Kelebihan Nokia 4.2


1. Layar Luas

Layar Nokia 4.2

Smartphone yang hadir dengan aspek rasio 19:9 ini memiliki layar yang memenuhi bagian depan dengan dilengkapi oleh poni atau notch yang berdesain kekinian seperti tetesan air atau water drop. Kemudian, layarnya berukuran 5,71 inchi dengan resolusi HD+ 1520 x 720 piksel.

2. Performa Cepat

Nokia 4.2 ditenagai oleh chipset buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 439 Octa-core yang bertenaga karena teknologi proses 12nm. Sedangkan untuk masalah penyimpanan, perangkat ini hadir dengan RAM 3 GB dengan memori internal sebesar 32 GB yang dapat mengimbangi kecepatan prosesor.

3. Kamera Berkualitas

Untuk kamu yang hobi fotografi, kmau harus melirik smartphone yang satu ini. Hal ini dikarenakan smartphone ini memiliki kamera belakang ganda dengan resolusi 13 + 2 MP yang mampu menghasilkan foto bokeh dengan instan serta kamera depan dengan resolusi 8 MP.

4. Baterai Besar

Nokia 4.2 memiliki baterai dengan kapasitas 3000 mAh yang diklaim HMD Global dapat bertahan sangat lama untuk pemakaian normal. Bukan hanya itu, baterai pada smartphone ini sudah mendukung teknologi Lithium Ion.

5. Tombol Khusus

Tombol Google Assistant Nokia 4.2

Yang menjadi kelebihan lainnya pada Nokia 4.2 adalah terdapat tombol khusus yang dipasangkan oleh HMD Global pada bagian kiri yang mampu memanggil Google Assistant apabila kamu tekan. Dengan terdapatnya tombol khusus ini diyakini akan memudahkan kamu untuk memberikan perintah hanya menggunakan suara.

6. Sistem Keamanan Ganda

Untuk sistem keamanan, smartphone ini sudah memiliki sistem keamanan ganda yaitu sensor Fingerprint dan juga sensor Face Unlock. Sensor fingerprint diletakkan pada bagian bagian punggung smartphone untuk memudahkan kamu membuka kunci menggunakan sidik jari.

Terdapat lagi opsi lain yang akan melindungi privasi data kamu yaitu dengan terdapatnya sensor Face Unlock yang akan memudahkan kamu untuk membuka kunci layar smartphone hanya menggunakan wajah.

7. NFC

Tidak ingin ketinggalan, HMD Global juga menambahkan NFC pada smartphone Nokia 4.2 ini. Fitur NFC ini akan memudahkan kamu dalam melakukan transfer data, pembayaran digital, hingga pengecekan dan pengisian saldo E-Money.

8. Android One

Kelebihan selanjutnya adalah Nokia 4.2 juga sudah diikutsertakan pada Android One miliki Google. Bukan hanya itu, Google juga sudah menjanjikan bahwasanya Nokia 4.2 ini akan terus mendapatkan update Android terbaru selama 2 tahun kedepan.

Kekurangan Nokia 4.2


1. Tidak Terdapat Fast Charging

Walaupun sudah memiliki kapasitas baterai yang terbilang cukup besar, namun sayangnya smartphone ini belum memiliki teknologi Fast Charging yang memiliki kemampuan mengisi daya dengan sangat cepat. Sehingga Nokia 4.2 masih melakukan pengisian daya dengan kecepatan standar dan memakan waktu sekitar 2 jam.

2. Noda Sidik Jari Mudah Menempel

Salah satu kekurangan yang masih terdapat pada sensor fingerprint yang diletakkan pada punggung smartphone adalah mudahnya noda sidik jari bahkan debu untuk menempek dan membekas pada bagian punggung. Namun, untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan casing tambahan agar lebih aman.


Penutup

Kesimpulannya, walaupun memiliki beberapa kekurangan, namun smartphone ini masih sangat nyaman digunakan dan menyelesaikan beberapa tugas kamu. Apakah kamu tertarik memilikinya? Semoga pembahasan kali ini dapat menjadi referensi kamu ketika memilih smartphone.