Xiaomi Redmi 7 Vs Redmi 6, Manakah Yang Terbaik?

Xiaomi kembali meluncurkan seri terbarunya untuk ponsel kelas menengah kebawah, yaitu Xiaomi Redmi 7 yang diklaim sebagai penerus seri sebelumnya, Xiaomi Redmi 6.
Xiaomi Redmi 7 Vs Redmi 6, Manakah Yang Terbaik?

TongkolPedia - Xiaomi kembali meluncurkan seri terbarunya untuk ponsel kelas menengah kebawah, yaitu Xiaomi Redmi 7 yang diklaim sebagai penerus seri sebelumnya, Xiaomi Redmi 6.

Jika kita lihat sekilas, Xiaomi melakukan perombakan pada hampir keseluruhan bagian Xiaomi Redmi 7. Perubahan tersebut dapat kita lihat pada desain, kamera bahkan pada baterai. Bagi kamu yang bingung memilih diantara Redmi 7 dan Redmi 6,  berikut ini perbandingannya.

Xiaomi Redmi 7 Vs Redmi 6, Manakah Yang Terbaik?


1. Layar

Layar Redmi 7
Image: Layar Redmi 7
Bingkai pada Redmi 7 terlihat lebih tipis dan poni yang terdapat pada bagian atasnya pun dipangkas oleh Xiaomi. Poni tersebut hanya menyisakan sedikit atau yang disebut sebagai dot drop.

Dengan menggunakan desain dot drop ini, membuat aspek rasio Redmi 7 menjadi 19:9, sementara untuk Redmi 6 hanya 18:9. Walaupun begitu, kedua smartphone ini sama-sama menggunakan layar LCD.

Desain ini sangat mirip dengan Redmi 7. Ukuran layarnya pun juga sangat besar. Xiaomi Redmi 7 memiliki layar 6,26 inchi yang lebih besar dibanding dengan Redmi 6 yang memiliki layar 5,7 inchi.

2. Bahan dan Warna

Xiaomi kali ini tidak menggunakan warna klasik monoton pada smartphone seri Redmi. Untuk Redmi 7 terdapat dua pilihan warna gradasi yaitu Comet Blue dan Lunar Red.

Namun bagi kamu yang menyukai warna klasik, Xiaomi tetap menyertakan beberapa warna klasik yaitu Eclipse Black. Bahan yang digunakan pada Redmi 7 adalah bahan polikarbonat.

3. Kamera dan Baterai

Redmi 7

Tampaknya saat ini Xiaomi sedang mengembangkan dan lebih mengedepankan spesifikasi kamera depan agar lebih bisa bersaing dengan smartphone selfie lainnya. Kamera depan pada Xiaomi Redmi 6 mempunyai resolusi sebesar 5 MP, dan untuk Redmi 7 memiliki kamera depan yang beresolusi 8 MP. 

Kemudian, untuk bagian kamera ganda bagian belakang terdapat sedikit perubahan pada kamera sekundernya. Pada Xiaomi Redmi 6, konfigurasi kamera gandanya yaitu 12 MP dan 5 MP. Sedangkan untuk Xiaomi Redmi 7, konfigurasi kamera belakangnya adalah 12 MP dan 2 MP.

Kamera sekunder 2 MP pada Redmi 7 berfungsi sebagai sensor kedalaman bidang foto atau depth sensor dan juga berfungsi untuk menghasilkan efek bokeh yang lebih menarik.

Pada sektor baterai, Redmi 7 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 4000 mAh. Sedangkan untuk Redmi 6 hanya memiliki baterai dengab kapasitas daya 3000 mAh.

4. Hardware dan Software

Pada sektor dapur pacu, Xiaomi beralih dari chipset MediaTek yang digunakan pada Redmi 6 ke chipset Snapdragon buatan Qualcomm untuk Redmi 7.

Xiaomi Redmi 7 didukung oleh chipset Snapdragon 632 dengan grafis Adreno 506. Dengan menggunakan chipset ini, Xiaomi mengklaim bahwa pengalaman gaming akan menjadi lebih lancar dibanding smartphone lainnya.

Sedangkan untuk software, Xiaomi Redmi 6 sendiri berjalan dengan OS Android 8 Oreo dan kabarnya untuk smartphone ini gagal upgrade ke Android Pie. Sementara untuk Redmi 7 berjalan dengan OS Android 9 Pie dan antarmuka MIUI 10.

5. Harga

Redmi 7 dan Redmi 6 sama-sama dibanderol dengan harga Rp. 1.599.000 untuk varian memori RAM 2 GB dan penyimpanan internal 16 GB. Sementara untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB dijual dengan harga Rp. 1.899.000.


Penutup

Setelah membaca dan melihat perbandingan kedua smartphone diatas, kamu lebih tertarik dengan smartphone mana nih? Jika terdapat pertanyaan, silahkan tuliskan saja di kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.