Turki, Negara Kaya Peradaban yang Wajib Dikunjungi

Turki, inilah negeri impian saya yang sangat ingin saya kunjungi pada suatu saat nanti. Negara Turki dikenal sebagai negara dengan dua perpaduan peradaban yaitu Asia dan Eropa. Hal ini dikarenakan negara ini diapit oleh dua benua tersebut.

Impian, yah pasti semua orang sangat sering bermimpi menjadi apa yang di idolakan, berlibur ke suatu tempat, membeli sebuah barang, dan masih banyak lagi. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak pernah bermimpi. Semua orang memiliki hak untuk bermimpi dan memilih sendiri impiannya, karena dengan impian inilah hidup kita menjadi lebih terarah dan terlihat jelas ingin dibawa dan menjadi apakah kita kedepannya.

Berbicara mengenai impian, pasti kita tidak asing lagi dengan sebuah kutipan populer dari Presiden pertama kita, bapak Ir. Soekarno, "Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang". Dari kutipan ini kita diajarkan untuk selalu bermimpi sebanyak-banyaknya dan jangan pernah takut gagal, karena dengan mencoba kita akan belajar potensi yang ada dari diri kita pribadi dan belajar dari kegagalan tersebut.

Saya pribadi, selalu mencatatkan semua impian saya sekecil apapun itu pada sebuah buku. Mengapa harus ditulis? Karena agar kita selalu ingat dengan tujuan hidup dan apa saja impian yang ingin diraih. Salah satu impian saya yang tercatat dan belum tercapai pada buku tersebut adalah ingin berlibur ke Turki dan melihat keindahannya.


Turki, inilah negeri impian saya yang sangat ingin saya kunjungi pada suatu saat nanti. Turki merupakan sebuah negara yang saat ini tengah digandrungi oleh masyarakat karena film drama yang sangat apik dengan alur yang menarik dan tidak ketinggalan dengan pemeran berparas cantik dan tampan. Negara Turki juga dikenal sebagai negara dengan dua perpaduan peradaban yaitu Asia dan Eropa. Hal ini dikarenakan negara ini diapit oleh dua benua tersebut.

Bukan hanya itu, terdapat banyak sekali destinasi wisata wajib yang harus kita kunjungi di negara Turki ini seperti wisata religi Blue Mosque. Blue Mosque ini terletak di Istanbul yang merupakan kota terbesar di Negara Turki. Sesuai namanya, masjid ini terkenal dengan bangunannya yang sangat megah yang memancarkan warna biru ketika terkena cahaya. Warna biru ini akan terlihat sangat indah apabila malam hari telah tiba. Ketika pertama kali melihatnya saja, kita akan dibuat takjub oleh susunan kubah-kubah bertumpuk pada masjid ini.

Blue Mosque Istanbul Turki (Skyscanner.co.id)
Negara Turki juga terkenal dengan seorang tokoh yang mungkin semua sudah tau. Siapa yang tidak kenal dengan sang sultan muda penakluk Konstantinopel? Sultan Muhammad Al-Fatih. Ya, di negara Turki ini terdapat sebuah bangunan fenomenal yang berhasil ditaklukkan oleh beliau, yaitu Hagia Sophia. Apabila kamu berkunjung ke Turki, maka kurang lengkap rasanya apabila belum mengunjungi Landmark negara Turki ini. Hagia Sophia pada saat ini menjadi sebuah museum bersejarah di Turki dengan arsitektur bergaya timur tengah dan lukisan-lukisan romawi timur dari era Utsmaniyah.

Hagia Sophia (Hurriyetdailynews.com)
Sangat banyak sekali destinasi wisata lainnya yang sangat ingin saya kunjungi apabila suatu saat berkesempatan mengunjungi negara yang kaya akan peradaban Islam ini.

Untuk masalah biaya hidup, Turki juga memiliki nilai tukar mata uang yang tidak jauh berbeda dengan negara Indonesia. Lira, merupakan mata uang yang digunakan pada negara ini memiliki nilai tukar 1 Lira setara dengan sekitar Rp3000. Jadi, untuk biaya kehidupan disana dijamin masih sangat terjangkau dan tidak terlalu menguras kantong.

Nilai tukar Lira dengan Rupiah pada 16 September 2019 (Google.com)

Eits, sebelum berlibur apa saja sih yang perlu dipersiapkan?

Sebelum kamu berlibur ke destinasi impian, sebaiknya kamu persiapkan dulu segala perlengkapan yang wajib dan tidak boleh ketinggalan agar #LiburanBebasCEMAS dan menjadi lebih menyenangkan. Apa saja sih yang wajib dan perlu kita bawa ketika ingin berlibur? Nah, berikut ini beberapa persiapan yang saya lakukan sebelum berlibur ke destinasi wisata impian.


1. Dokumen Penting

Hal pertama yang wajib kita persiapkan ketika ingin berlibur adalah segala dokumen penting yang mendukung perjalanan kamu, seperti KTP, Visa, Passport, dan masih banyak dokumen penting lainnya. Sebaiknya juga segala dokumen penting ini sudah kamu scan untuk mencegah pada suatu saat tercecer ataupun hilang. Kamu bisa menyimpannya ke dalam smartphone, laptop ataupun kirim ke E-mail. 

2. Obat-obatan

Obat-obatan ini juga tidak kalah pentingnya untuk dibawa ketika ingin berlibur, karena kita tidak tau apa yang terjadi disaat kita sedang berlibur. Bisa saja kita tidak terbiasa dengan cuaca dingin di tempat tersebut dan terserang penyakit *semoga saja enggak hehehe. Namun, apa salahnya jika kita menyediakan dahulu berbagai obat-obatan tersebut. Apalagi bagi kamu yang sudah mengetahui penyakit kamu dan memerlukan obat, maka jangan sampai ketinggalan ya!

3. Gadget

Setiap orang pada saat ini pasti tidak bisa terlepas dari yang namanya Gadget bukan? Segala aktivitas manusia pada saat ini sudah banyak dilakukan melaui gadget, seperti berbelanja, berkomunikasi, hingga bekerja pun bisa dilakukan menggunakan gadget. Oleh karena itu, kamu juga wajib banget mempersiapkan berbagai gadget untuk keperluan liburan seperti kamera DSLR untuk mengabadikan setiap momen liburan, dan juga Smartphone untuk berkomunikasi dengan keluarga ataupun kerabat.

4. Pakaian

Selanjutnya adalah pakaian. Ya pastinya dong kamu harus mempersiapkan pakaian untuk berlibur. Masa iya harus menggunakan satu baju dibadan saja hehehe. Jika kamu berlibur ke destinasi yang beriklim dingin, maka kamu wajib membawa mantel ataupun sweater agar kamu tidak merasa kedinginan. Apabila berkunjung ke tempat beriklim panas, kamu bisa membawa payung ataupun mengenakan topi agar terhindar dari teriknya sinar matahari.

5. Asuransi Perjalanan

Siapa sih yang gak mau liburannya menyenangkan dan tanpa hambatan? Pasti semuanya menginginkan hal tersebut. Namun, apa salahnya kita sedia payung sebelum hujan, dalam artian kita menyediakan dahulu asuransi keselamatan perjalanan agar apabila pada suatu saat terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Instagram.com/tmipartner

Kamu bisa memiliki #AsuransiPerjalanan dari Tokio Marine Indonesia. Mengapa harus #TokioMarineIndonesia? Karena di Tokio Marine ini terdapat yang namanya paket #NewTravelPartner dimana pada paket ini memberikan perlindungan perjalanan untuk keluarga kamu selama dalam perjalanan baik dalam negeri hingga luar negeri sekalipun. Perlindungan yang diberikan oleh Travel Partner dari @tmipartner ini mencakup perlindungan biaya pengobatan, kecelakaan, hingga perlindungan ketidaknyamanan ketika berlibur yang menyebabkan kerugian dari segi non-material.



Nah, itulah beberapa persiapan yang perlu kamu bawa sebelum kamu berlibur. Apabila semua hal diatas sudah disiapkan, saya yakin pengalaman berlibur kita bersama kerabat dan keluarga menjadi lebih menyenangkan dan tanpa cemas.