7 Rekomendasi Earphone Dengan Suara Terbaik

Earphone atau in ear monitor (IEM) yang dicari oleh setiap pengguna kini bukan hanya sekedar bisa berbunyi saja, namun pengguna juga menginginkan earphone yang akan dimilikinya nanti bisa membuat pengalamannya mendengarkan musik menjadi lebih menyenangkan.
7 Rekomendasi Earphone Dengan Suara Terbaik

TongkolPedia - Earphone atau in ear monitor (IEM) yang dicari oleh setiap pengguna kini bukan hanya sekedar bisa berbunyi saja, namun pengguna juga menginginkan earphone yang akan dimilikinya nanti bisa membuat pengalamannya mendengarkan musik menjadi lebih menyenangkan.

Banyak sekali produk dari berbagai brand yang beredar di pasaran dengan berbagai jenis sound signature berbeda-beda. Ada earphone yang sangat dominan bass, mid, dan treble yang dimilikinya. Akan tetapi pastinya kita semua menginginkan earphone yang memiliki suara yang cukup seimbang baik bass, mid, maupun treble. Dengan earphone yang menghasilkan suara seimbang, tentunya akan membuat kita lebih nyaman ketika mendengarkan berbagai macam lagu.

Berikut ini TongkolPedia rangkumkan 7 rekomendasi earphone terbaik yang memiliki suara cukup balance dan dengan harga yang beragam sehingga kamu bisa menyesuaikan sendiri.

7 Rekomendasi Earphone Dengan Suara Terbaik

1. Sony MH1C

Sony MH1C earphone terbaik dengan sound balance
Sony MH1C (bukalapak.com)
Sony MH1C merupakan earphone yang cukup legendara. Earphone ini merupakan earphone bawaan dari ponsel Sony Xperia. Namun sekarang kamu sudah bisa membeli earphonenya saja dan sudah bisa digunakan pada semua jenis smartphone dan juga laptop.

Suara yang dihasilkan dari earphone ini cukup balance, warm dan juga smooth dengan tambahan bass dan juga treble yang tidak membuat telinga kamu sakit. Earphone Sony MH1C ini sangat cocok untuk mendengarkan berbagai macam jenis lagu.

Akan tetapi, karena earphone ini termasuk earphone jenis lama, maka bentuk ini bisa dibilang sangat jadul dengan kabel yang pipih dan juga panjang sebelah sehingga kamu harus melingkarkan ke belakang telinga saat menggunakannya. Akan tetapi, suara yang dihasilkannya tidak kalah bagus dengan berbagai macam earphone saat ini. Ukuran housing-nya juga sangat kecil dan nayaman ketika digunakan. Bukan hanya itu, earphone ini juga terdapat tombol volume, mikrofon, dan juga tombol play atau stop.

Berbicara masalah harga, kamu bisa memiliki earphone ini dengan merogoh kocek sebesar Rp140 ribuan saja. Harga ini sangat murah sekali apabila kita bandingnya pada saat pertama kali eraphone ini rilis dengan harga mencapai Rp500 ribuan.

2. Samsung tuned by AKG

Samsung tuned by AKG earphone terbaik
Samsung tuned by AKG (tokopedia.com)
Tak kalah dengan Sony, Samsung juga memiliki earphone bawaan dari ponselnya yaitu dari jenis ponsel flagship Samsung misalnya pada seri S dan juga seri Note. Samsung tuned by AKG ini memiliki suara yang sangat balance dan akan terasa menyenangkan ketika mendengarkan lagu favorit kamu menggunakan earphone yang satu ini.

Namun sayangnya, dibalik itu semua itu suara yang dihasilkannya masih terdapat boost pada bass dan treble meski tidak terlalu banyak sehingga masih nyaman didengar di telinga. Earphone Samsung tuned by AKG ini tersedia dengan kabel jack 3,5 mm yang dapat dicolok ke berbagai perangkat dan juga kabel USB Type C agar dapat dicolok ke perangkat yang tidak memiliki headphone jack.

Untuk memiliki earphone ini kamu tidak perlu membeli smartphonenya terlebih dahulu karena earphone ini sudah bisa dibeli secara terpisah. Kamu bisa memilikinya dengan harga sekitar Rp140 ribuan. Akan tetapi, kamu tetap harus berhati-hati karena banyak sekali produk palsu yang dijual.

3. Knowledge Zenith ATE

Earphone dengan suara balance Knowledge Zenith ATE
Knowledge Zenith ATE (jakartanotebook.com)
Earphone yang sempat booming dikalangan penikmat musik karena hadir dengan desain yang sangat keren beserta spesifikasi yang ditawarkan cukup memukau dan juga tentunya dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan dengan produk earphone lainnya pada waktu itu. Jika kamu menginginkan earphone dengan suara terbaik dan balance, kamu bisa mencoba membeli earphone seri entry level brand ini yaitu KZ ATE.

Meskipun termasuk entry level namun suara yang dihasilkannya sangat balance  dan smooth dibanding seri lainnya dan tentunya tidak kalah saing dengan brand lainnya pula. KZ ATE ini lebih menonjolkan pada treble meskipun masih terdapat treble boost namun amsih sangat nyaman didengar.

Earphone KZ ATE juga sudah dilengkapi oleh tombol yang berguna untuk mengangkat telepon masuk dan juga mikrofon. Namun yang sangat disayangkan adalah kabel pada earphone ini masih belum detachable sehingga belum dapat dilepas. 

Harga yang ditawarkan oleh earphone KZ ATE ini hanya sekitar Rp165 ribuan saja. Dengan harga segitu kamu sudah bisa mendapatkan earphone yang memiliki suara cukup balance dan smooth.

4. Final Audio E3000

Earphone dengan bass terbaik
Final Audio E3000 (youtube.com)
Earphone selanjutnya adalah earphone buatan negara Jepang yaitu Final Audio E3000. Brand Final Audio ini sudah bergerak pada bidang audio sejak tahun 1970an. Sudah cukup lama bukan? Nah, salah satu earphone bentukannya yang memiliki suara cukup balance adalah produk yang satu ini.

Namun sayangnya earphone ini dijual dengan harga yang cenderung cukup mahal yaitu sekitar Rp 1 jutaan. Akan tetapi harga ini bisa dibilang sangat sebanding dengan spesifikasi yang kita dapatkan dari earphone nya. Dengan suara yang sangat smooth dengan sedikit bass boost namun masih bisa terbilang sangat balance. Desain yang dimiliki Final Audio E3000 juga cukup simpel dan elegan dengan terbuat dari bahan stainless steel.

5. Moondrop Aria

Moondrop Aria earphone elegan terbaik
Moondrop Aria (tokopedia.com)
Masih dengan earphone yang bisa dibilang memiliki harga terbilang tinggi yaitu sekitar Rp 1 jutaan, Moondrop Aria. Earphone ini  memiliki suara yang natural dan tentunya seimbang dengan bass yang tidak terlalu besar.

Namun jika kamu suka bass, kamu dapat menambahkan bass nya dengan mengganti eartips menjadi eartips bawaan Sony yang akan menambah sedikit bass pada earphone. Desain yang dimiliki Moondrop Aria sangat simpel persis dengan Final Audio yang akan memudahkan kamu dan tentunya nyaman dipakai.

6. Tanchjim Cora

Earphone murah terbaik
Tanchjim Cora (head-fi.org)
Rekomendasi arphone selanjutnya merupakan earphone dari negeri Tiongkok yang memiliki desain over ear yang sangat nyaman ditelinga. Bukan hanya itu, earphone ini juga tersedia dengan berbagai warna seperti hitam, hijau, pink, merah, dan juga warna biru sehingga earphone ini sangat cocok digunakan oleh semua orang baik pria maupun wanita.

Sound signature yang dimiliki Tanchjim Cora juga cukup balance dengan tidak terdapat frekuensi yang terlalu tinggi hingga menggangu kenyamanan pengguna. Jika kamu tertarik dengan earphone ini, kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 700 ribuan saja.

7. 1More Triple Driver

Rekomendasi earphone iPhone terbaik
1More Triple Driver (tokopedia.com)
Rekomendasi earphone terbaik yang terakhir adalah 1More Triple driver. Earphone yang satu ini memiliki suara balance. Sesuai namanya Triple Driver, earphone ini memiliki tiga buah driver sekaligus.

1More Triple Driver memiliki dua versi yang dijual yaitu versi biasa dengan kabel jack 3,5 mm dan juga versi lighting yang bisa dicolok langsung ke ponsel iPhone. Bukan hanya terletak pada jenis kabel saja, namun keduanya juga memiliki sound signature yang juga berbeda.

Pada versi biasa memiliki suara yang bisa dibilang kurang balance karena masih emmiliki bass yang cukup besar dan juga treble yang kurang. Sedangkan pada versi lightning memiliki suara yang lebih seimbang dan juga natural dengan mid, bass, dan juga treble yang nyaman. Harga yang ditawarkan oleh 1More Triple Driver versi Lightning adalah sekitar Rp 1,5 jutaan.


Itulah 7 rekomendasi earphone yang memiliki suara yang terbaik dan tentunya seimbang sehingga sangat nyaman ketika digunakan untuk mendengarkan lagu. Silahkan kamu tentukan saja berdasarkan budget yang kamu miliki. Apabila kamu memiliki tambahan mengenai earphone yang terbaik versi kamu, bisa dituliskan di kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kamu dan juga membantu menjawab kebingungan kamu ketika ingin memilih earphone terbaik.