Cara Mudah Memilih Laptop Yang Cocok

Namun ketika ingin membeli sebuah laptop, kita tidak bisa sembarangan dalam memilih dan hanya melihat luarnya saja. Melihat spesifikasi dan juga disesuaikan dengan kebutuhan kita menjadi hal penting yang wajib kamu pertimbangkan sebelum mengambilnya.
Cara Mudah Memilih Laptop Yang Cocok
Cara Mudah Memilih Laptop Yang Cocok
TongkolPedia - Laptop pada saat ini menjadi perangkat kerja yang masih sangat dibutuhkan oleh setiap orang baik itu pelajar hingga pekerja pun membutuhkan perangkat ini. Namun ketika ingin membeli sebuah laptop, kita tidak bisa sembarangan dalam memilih dan hanya melihat luarnya saja. Melihat spesifikasi dan juga disesuaikan dengan kebutuhan kita menjadi hal penting yang wajib kamu pertimbangkan sebelum mengambilnya.

Bagi kamu yang masih bingung dalam memilih laptop yang cocok, kali ini TongkolPedia akan memberikan sedikit tips cara untuk memilih laptop yang cocok untuk kamu sesuai dengan kebutuhan agar tidak menyesal kemudian hari.

Cara Mudah Memilih Laptop Yang Cocok

1. Desain

Apabila kamu menggunakan laptop sebagai alat kerja yang sering dibawa kemana-mana, maka kamu wajib untuk memilih laptop yang memiliki desain slim dan juga dengan bobot yang cukup ringan sehingga sangat nyaman untuk dibawa. Bobot laptop yang ringan berkisar sekitar 1 hingga 1,4 kg.

Bukan hanya itu, kamu juga perlu memikirkan ukuran layar laptop yang ingin kamu beli. Kamu bisa memilih laptop dengan layar yang tidak terlalu besar. Pilihlah laptop yang memiliki ukuran layar maksimal 14 inci agar mudah dan nyaman untuk kamu bawa.

Namun apabila kamu sering menggunakan laptop kamu untuk pekerjaan seperti editing foto maupun video, maka kamu bisa melirik laptop yang memiliki layar sedikit lebih besar seperti laptop yang memiliki ukuran 15 hingga 17 inci.

2. Spesifikasi

Agar kamu mendapatkan laptop yang pas dan sesuai untuk kebutuhan kamu, maka kamu wajib banget untuk melihat spesifikasi yang dimiliki laptop tersebut.

Cara Mudah Memilih Laptop Yang Cocok

Apabila kamu hanya menggunakan laptop tersebut untuk mengetik ataupun browsing, maka kamu tak perlu memilih laptop dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Cukup memiliki laptop dengan spesifikasi yang sedang atau pada kelas menengah saja.

Namun, hal ini berbeda apabila kamu menggunakan laptop untuk kebutuhan editing video, desain ataupun untuk gaming. Untuk beberapa aktivitas ini kamu memang membutuhkan laptop yang memiliki spesifikasi yang cukup tinggi agar kegiatan kamu menjadi lebih lancar.

3. Prosesor

Berikut ini sedikit penjelasan mengenai prosesor dan fungsinya untuk mendukung aktifitas kamu :
  • Intel Core i3 atau AMD Ryzen 3. Laptop yang didukung oleh prosesor ini cocok digunakan untuk kamu yang hanya menggunakan laptop untuk keperluan mengetik pada Microsoft Office, mendengarkan musik, menonton video ataupun kebutuhan browsing berbagai informasi.
  • Intel Core i5 cocok digunakan untuk memaikan beberapa game pada kelas ringan hingga menengah.
  • Intel Core i7 cocok untuk digunakan bermain game pada kelas berat.
  • AMD Ryzen 5. Prosesor yang satu ini sangat dibutuhkan untuk kamu yang sering menggunakan laptop untuk editing video biasa hingga menengah saja.
  • AMD Ryzen 7 sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan laptop yang mampu digunakan untuk keperluan editing video profesional yang perlu memroses resolusi tinggi (4K).

4. Kapasitas RAM

RAM juga merupakan komponen penting yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli sebuah laptop. Nah berikut ini TongkolPedia berikan urutan kapasitas RAM dan silahkan kamu cocokkan sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • RAM 4GB cocok digunakan untuk kebutuhan pekerjaan standar seperti mengetik berbagai tugas pada Microsoft Office dan juga melakukan browsing.
  • RAM 8GB bisa digunakan oleh kamu yang menginginkan laptop yang bakal digunakan untuk bermain game dan editing video ringan.
  • RAM 16GB nah untuk kamu yang ingin bermain games pada kelas berat ataupun melakukan editing video dengan resolusi tinggi, kamu bisa melirik berbagai laptop yang memiliki kapasitas RAM ini.

5. GPU Grafis

Nah, untuk kamu yang menggunakan laptop sebagai perangkat bermain game berat ataupun editing video profesional, maka ini juga termasuk komponen yang sangat penting kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laptop.
  • Kartu grafis NVidia cocok digunakan untuk laptop yang akan diguakan sebagai perangkat bermain game.
  • AMD Radeon digunakan untuk kebutuhan editing profesional.

6. Media Penyimpanan

Cara Mudah Memilih Laptop Yang Cocok

Pada laptop terdapat dua jenis media penyimpanan yang dipakai, yaitu hardis dan juga SSD. Jika dilihat dari segi harga, maka harga hardisk jauh lebih murah dibandingkan oleh SSD, namun kinerja baca-tulisnya kalah.

Kinerja pada SSD akan terasa sekali ketika sedang melakukan booting, membuka game ataupun aplikasi, serta baca tulis data.

7. Sistem Operasi

Ada dua jenis sistem operasi bawaan yang digunakan oleh sebuah laptop. Pertama sistem operasi Microsoft Windows resmi dan kedua aadalah dijual kosongan dengan sistem operasi DOS. Dari segi harga, tentu saja laptop dengan sistem operasi DOS jauh lebih murah. Namun setiap pengguna diharuskan untuk mnginstal sendiri Windows nya agar bisa digunakan.

Namun disarankan untuk memilih laptop yang sudah terisi oleh sistem operasi Windows agar kamu tidak perlu ribet dan laptop tersebut sudah bisa kamu gunakan untuk mendukung aktifitas kamu.

8. USB dan HDMI

Apabila kamu memutuskan ingin membeli sebuah laptop yang memiliki ruang penyimpanan yang bisa dibilang sangat kecil, maka kamu harus memilih laptop yang sudah dilengkapi oleh USB 3.0 ataupun USB Type-C. Hal ini sangat dibutuhkan agar kamu bisa melakukan transfer data ke ruang penyimpanan eksternal dengan cepat.

Teminal HDMI juga sangat perlu kamu perhatikan karena terminal ini yang akan menentukan laptop kamu bisa di sambungkan ke layar monitor eksternal atau LCD (liquid crystal display).

9. Garansi

Yap, garansi juga merupakan hal yang sangat penting kamu perhatikan. Disarankan untuk membeli laptop yang memiliki garansi resmi dari vendor laptop saja. Pada umumnya kebanyak garansi berlaku selama 1 tahun, namun ada juga yang menambahkannya hingga 2 tahun, minal biaya untuk servisnya.

Apabila kamu membeli laptop yang memiliki garansi resmi, tentunya kamu tidak repot apabila terdapat kesalahan ataupun masalah pada laptop tersebut. Kamu cukup bawa saja laptop tersebut pada service center vendor laptop yang kamu beli.


Penutup

Demikianlah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu membeli sebuah laptop. Laptop yang baik tentunya adalah laptop yang bisa mendukung segala aktifitas yang kamu lakukan. Apabila kamu memiliki tambahan mengenai tips kali ini, silahkan cantumkan saja pada kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kamu.