7 Keunggulan USB Type C yang Wajib Kamu Ketahui

USB Type C pertama kali muncul pada tahun 2014 dan produsen teknologi merk Apple menjadi pernagkat yang pertama menggunakan USB Type C ini yaitu pada produk Macbook. Butuh waktu sekitar 3 tahun hingga berbagai produk dari samrtphone dan laptop ikut menggunakan USB Type C ini.
7 Keunggulan USB Type C yang Wajib Kamu Ketahui

TongkolPedia - Kini keunggulan USB Type C semakin diakui oleh berbagai vendor atau produsen teknologi, mulai dari smartphone hingga produk komputer. Oleh karena itulah, hingga kini perangkat elektronik yang menggunakan USB Type C banyak diincar oleh berbagai lapisan masyarakat khusunya yang mengikuti perkembangan teknologi pada saat ini. Sadar atau tidak, semanjak kemunculan USB Type C ini membuat standar teknologi juga sedikit mengalami perubahan.

Perubahan teknologi ini tentunya merupakan perubahan yang sangat positif karena semakin memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Jika dibandingkan dengan tipe sebelumnya, yaitu USB micro keunggulan yang dimiliki oleh USB Type C lebih banyak.

USB Type C pertama kali muncul pada tahun 2014 dan produsen teknologi merk Apple menjadi pernagkat yang pertama menggunakan USB Type C ini yaitu pada produk Macbook. Butuh waktu sekitar 3 tahun hingga berbagai produk dari samrtphone dan laptop ikut menggunakan USB Type C ini.

Bagi kamu yang masih belum mengerti apa sih keunggulan dari menggunakan produk yang sudah didukung dengan USB Type C ini, kali ini TongkolPedia akan memaparkan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh USB Type C.

7 Keunggulan USB Type C yang Wajib Kamu Ketahui

1. Pengisian Daya Lebih Cepat

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh USB Type C adalah kemampuan pengisian daya akan terasa lebih cepat atau biasa disebut sebagai teknologi fast charging. USB Type C memiliki spesifikasi daya sebesar 100 watt dan terdapat 24 pin kecil. Bukan hanya itu, USB TYpe C ini juga mampu dialiri arus listrik yang jauh lebih besar dengan daya 20 volt dan 5 ampere. Jika dibandingkan dengan jenis terdahulunya, USB micro hanya mampu dialiri listrik sebesar 5 volt dan 1,8 ampere.

Dengan adanya teknologi fast charging inilah membuat produk yang didukung dengan USB Type C semakin dilirik di pasaran. Yang lebih kerennya, kini USB Type C juga sudah dikembangkan untuk mengisi daya pada perangkat lainnya seperti pada mesin Printer.

2. Transfer Data Lebih Cepat

Keunggulan USB Type C selanjutnya yang membuat perubahan besar terhadap teknologi adalah kemampuan untuk melakukan transfer data yang lebih cepat. USB Type C memiliki kemampuan transfer data sebesar 10 Gbps. Cukup mengesankan bukan?

Tentu saja dengan keunggulan ini membuat USB Type C semakin disukai dan menarik bagi banyak orang, mengingat pada saat ini penggunaan data semakin memiliki ukuran yang sangat besar. Dengan adanya kemampuan tersebut, membuat pengguna lebih bisa menghemat waktu dalam mentransfer atau memindahkan data.

Kini produsen produk flashdisk juga sudah mengeluarkan beberapa produknya yang didukung oleh USB Type C. Bukan hanay itu, dunia audio recording juga perlahan mengikuti dan menyematkan USB Type C pada produk unggulannya.

3. Reversible

Reversible USB Type C
Reversible USB Type C (bosmurah.com)
Mungkin banyak dari kamu yang masih belum mengerti dengan fitur reversible ini. reversible disini adalah USB Type C ini dapat digunakan atau dipasangkan ke perangkat kamu dalam berbagai posisi. Atau lebih mudahnya bisa dikatakan bahwa USB jeni ini tidak mengenal posisi atau bawah. Desain reversible ini sebenarnya sudah menjadi ciri khas dari USB Type C.

4. Fleksibel

USB Type C sudah ditetapkan sebagai USB yang memiliki fitur yang sangat fleksibel. Maksudnya adalah USB Type C ini bisa digunakan oleh banyak hal, bukan hanya sekedar untuk transfer data ataupun mengisi data. Namun, USB Type C ini juga bisa menggantikan headphone jack 3.5 mm. Mungkin saja, seiring perkembangan teknologi nantinya, USB jenis ini bisa berfungsi untuk hal yang lainnya.

5. Ukuran Ringkas

Ukuran USB Type C
Ukuran USB Type C (xda-developers.com)

Jika dibandingkan dengan USB micro, ukuran konektor yang dimiliki oleh USB Type C ini berukuran lebih kecil yang membuat USB ini dikatakan lebih unggul dan memiliki ukuran yang lebih ringkas dibanding dengan USB jenis lainnya. Bukan hanya itu, konektor pada USB Type C juga sangat kompatibel dengan berbagai jenis perangkat, mulai dari smartphone hingga komputer.

6. Gambar Resolusi 4K

Keunggulan USB Type C berikutnya adalah kemampuan jenis USB ini untuk menampilkan gambar dengan resolusi 4K. Dengan satu buah kabel ini saja kamu sudah bisa menampilkan gambar dan juga suara ke perangkat lebih besar seperti Televisi.

7. Standar Teknologi Masa Depan

Dengan banyaknya perangkat elektronik yang menggunakan USB Type C akan memperbesar kemungkinan adanya perubahan standar teknologi pada pernagkat tersebut. Dengan kata lain, semua jenis perangkat akan menggunakan USB jenis ini. Bahkan kini bukan hanya produk smartphoen ataupun komputer, produk recording audio dan juga flashdisk juga sudah mulai bergeser dengan menggunakan USB Type C ini.


Penutup

Nah itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh USB Type C dan tidak menutup kemungkinan keunggulannya ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi pada saat ini. Apakah kamu saat ini sudah mulai menggunakan perangkat yang menggunakan jenis USB Type C? Bagaimana pengalaman kamu saat menggunakannya? Silahkan kamu tuliskan saja di kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kamu.