Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 ini hadir dengan beberapa keunggulan seperti pada sektor kapasitas baterai yang sangat besar hingga pada sektor kamera.
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A31
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A31
TongkolPedia - Samsung baru-baru ini kembali meluncurkan produk smartphone terbaru dari seri Samsung Galaxy A yaitu Galaxy A31. Samsung Galaxy A31 ini hadir dengan beberapa keunggulan seperti pada sektor kapasitas baterai yang sangat besar hingga pada sektor kamera.

Pada segi prosesor, smartphone ini didukung oleh prosesor MediTek Helio P65 dengan kapasitas RAM sebesar 6 GB serta memori internal 128 GB. Untuk mengetahui spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A31 lebih lanjut, berikut TongkolPedia berikan ulasannya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A31

Desain

Samsung Galaxy A31 memiliki layar Super AMOLED yang berukuran 6,4 inci, serta pada bagian atasnya terdapat desain Infinity-U yang berfungsi untuk menopang kamera selfie.  Pada bagian layarnya masih memiliki bezel yang cukup tebal dan pada bagian atas sangat tipis dan terdapat notch kecil.

Apabila kamu sedikit terganggu dengan desain layar yang tidak simetris ini, kamu bisa mengubah tampilan layarny dan menyembunyikan notch pada pengaturan layar. Kamu cukup membuka Settings > Display > Full screen apps > tekan tombol titik tiga yang terdapat pada pojok kanan atas > Advanced Settings > nyalakan dongle pada pilihan Hide camera out.

Kemudian pada bodi belakang Samsung Galaxy A31 dilapisi oleh bodi yang terbuat dari bahan plastik yang terpisah menjadi dua bagian. Pada bagian atas polos, sedangkan pada bagian bawahnya memiliki tekstur garis-garis vertikal.

Desain Samsung Galaxy A31
Desain Samsung Galaxy A31 (liputan6.com)
Pada Samsung Galaxy A31 tidak terdapat sensor pemindai sidik jadi pada bagian belakang karena sekarang smartphone ini sudah memiliki in-display fingerprint atau sidik jari di dalam layar.

Tombol power serta tombol volume terletak pada sisi bagian kanan smartphone. Pada atas bodi perangkat, hanya terdapat lubang microphone. Galaxy A31 memiliki tiga slot SIM card tray yang digunakan untuk meletakkan dua buah SIM card dan satu microSD sebagai memori eksternal pada bagian kiri smartphone.

Selanjutnya pada bagian bawah bodi smartphone, terdapat jack audio, port USB Type-C, microphone, dan juga speaker. Bukan hanya itu, Samsung Galaxy A31 kini juga sudah didukung dengan teknologi NFC (Near Field Communication) yang bisa digunakan untuk melakukan aplikasi pembayaran digital.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A31 memiliki desain yang sederhana namun sangat nyaman digenggam karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Berat Samsung Galaxy A31 hanya 185 gram sehingga smartphone ini sangat terasa ringan.

Performa

Kemudian kita berpindah pada sektor performa, dimana Samsung Galaxy A31 ini sangat nyaman untuk digunakan streaming film dan juga video. Hal ini dikarenakan smartphone ini telah didukung oleh layar Super AMOLED yang sangat luas. Selanjutnya karena smartphone ini memiliki berat yang cenderung sangat ringan, sehingga sangat nyaman apabila digunakan untuk nonton film sambil rebahan dan tentunya tidak akan membuat tangan pegal.

Performa Samsung Galaxy A31
Performa Samsung Galaxy A31 (JPNN.com)
Sementara itu untuk kamu yang hobi bermain game, smartphone ini juga memiliki performa yang tak kalah hebat dengan smartphone lainnya. Samsung Galaxy A31 ini mampu untuk menjalankan berbagai game kelas berat seperti Mortal Kombat dengan lancar dan tidak nge-lag. Namun, kelemahannya adalah smartphone ini sangat cepat panas untuk memainkan game tersebut dalam durasi yang bisa dibilang sangat sebentar.

Meskipun Samsung Galaxy A31 dibilang sangat nyaman digunakan untuk streaming video dan bermain game, namun ponsel ini memiliki kelamahan ketika digunakan multitasking. Galaxy A31 kurang mampu untuk pindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain dengan cepat. Ketika digunakan, ia memiliki sedikit jeda sekitar lebih dari 1 detik untuk berpindah pada aplikasi lainnya. Bukan hanya itu, untuk kembali dari sebuah menu ke menu lainnya juga terbilang sangat lama bahkan kadang sampai mengalami forced close.

Baterai dan Software

Untuk baterai, Samsung Galaxy A31 ini memiliki baterai dengan kapasitas 5.000 mAh dan dilengkapi dengan fitur fast charging 15 watt. Untuk mengisi baterai hingga penuh dari keadaan baterai lemah sekitar 15%, Galaxy A31 membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Pada keadaan baterai penuh, smartphone ini bisa kamu gunakan sepanjang hari pada penggunaan normal.

Baterai Samsung Galaxy A31
Baterai Samsung Galaxy A31 (valueq.com)
Smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android 10 dengan lapisan user interface One UI terbaru versi 2.1. Tampilan ini keren dan hebat karena sangat user friendly, terdapat banyak variasi warna untuk ikonnya dan juga memiliki banyak fitur.

Selanjutnya, Galaxy A31 juga dilengkapi oleh penyaringan cahaya biru atau blue light filter dan dark mode agar pengguna merasa nyaman dengan antarmuka gelap. Terdapat juga pengaturan tata letak homescreen satu lapis ataupun dua lapis, sistem navigasi full screen gestures, dan edge screen dengan akses cepat.

Untuk sektor keamanan, smartphone ini sudah didukung oleh sensor sidik jari di dalam layar serta face recognition untuk membuka kunci smartphone.  Kedua fitur ini sangat responsif dalam memindai wajah dan juga sidik jari.

Juga, terdapat fitur NFC yang sangat berguna dalam melakukan pengecekan dan mengisi saldo uang elektronik dan juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran digital melalui Samsung Pay.

Kamera

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A31 adalah pada sektor kamera. Pada kamera belakang terdapat empat buah kamera yang tersusun membentuk persegi panjang dengan ditambah oleh LED flash. Untuk konfigurasinya terdiri dari 48 MP kamera utama, 8 MP lensa ultrawide, 5 MP kamera macro dan 5 MP kamera depth sensor.

Secara default, Samsung Galaxy A31 memiliki kamera yang beresolusi 12 MP, namun bisa juga diubah pada mode 48 MP. Kedua mode kamera ini bisa kamu gunakan dengan baik pada dalam ruangan maupun luar ruangan dengan keaadaan minim cahaya. Untuk hasil foto, tidak terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kedua mode tersebut.

Kemudian terdapat kamera 8 MP f/2.2 dengan lensa ultrawide untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas daripada biasanya. Fitur ini tersedia untuk mode foto hingga video. Sesuai namanya, mode ini sangat cocok apabila digunakan untuk melakukan pemotretan pemandangan atau foto yang memiliki banyak objek.

Kamera Samsung Galaxy A31
Kamera Samsung Galaxy A31 (selular.id)
Terdapat juga lensa macro yang mampu mengambil jarak dekat dengan hasil yang sangat tajam, impresif, tekstur gambar sangat detail dan juga warna yang dihasilkan tidak pudar. Namun, mode ini akan tidak bagus apabila dilakukan untuk mengambil gambar dengan pencahayaan yang kurang. Hasilnya akan terdapat noise dan juga blur. Untuk mendapatkan hasil yang cukup maksimal, pengguna harus mengambil gambar objek dengan jarak sekitar 3 hingga 5 cm. 

Pada kamera depan, Galaxy A31 memiliki kaera dengan resolusi 20 MP denga hasil jepretan yang sangat baik apabila digunakan pada luar ruangan dengan pencahayaan yang cukup. Gambar yang dihasilkan akan sangat detail dengan tone warna kekuningan atau warm. Namun, performanya akan menurun apabila digunakan untuk melakukan selfie di dalam ruangan yang memiliki cahaya mini. Hal ini dikarenakan AI (artificial intelligence) akan berusaha untuk meminimalisir noise sehingga yang terlihat adalah foto yang blur dan tidak natural.

Untuk video, performanya kurang lebih sama dengan kualitas foto. Namun Galaxy A31 dapat melakukan pengambilan gambar hingga kualitas FHD 1080p dengan hasil yang cukup memuaskan pada luar ruangan dengan cahaya yang cukup. Hasil yang didapat adalah video dengan tone warna yang warm.

Secara keseluruhan, fitur kamera yang terdapat pada Samsung Galaxy A31 bisa dibilang sangat minim. Selain foto dan video, Galaxy A31 hanya memiliki mode live focus, macro, food, pro dan juga panorama. Kemudian terdapat tambahan fitur Bixby Vision, AR Zone,  dan Scene Optimizer.

Harga Samsung Galaxy A31

Untuk harga, Samsung Galaxy A31 ini dibanderol dengan harga 4,1 Juta kamu sudah bisa menikmati segala keunggulan dan fitur yang terdapat pada smartphone ini. Samsung Galaxy A31 ini hadir dengan beberapa variasi warna seperti prism crush black, prism crush blue, prism crush red dan prism crush white.


Penutup

Demikian pembahasan singkat mengenai spesifikasi dan juga harga yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A31. Apakah kamu tertarik untuk memiliki smartphone yang satu ini? Apabila kamu memiliki informasi tambahan mengenai smartphone yang satu ini, silahkan tuliskan saja di kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi kali ini bermanfaat untuk kamu.