7 Kerugian Menggunakan SD Card di Android

Memori pada smartphone sering kali kepenuhan dikarenakan file yang kita simpan sudah melebihi kapasitasnya. Banyak pengguna yang mengakalinya dengan cara menambahkan memeori atau SD Card.
7 Kerugian Menggunakan SD Card di Android

TongkolPedia - Memori pada smartphone sering kali kepenuhan dikarenakan file yang kita simpan sudah melebihi kapasitasnya. Banyak pengguna yang mengakalinya dengan cara menambahkan memeori atau SD Card. 

Tanpa banyak diketahui oleh pengguna smartphone bahwasanya menggunakan SD Card juga memiliki kerugian ataupun dampak buruk pada ponsel kesayangan kamu. Berikut ini beberapa kerugian yang bisa dialami bagi kamu yang menggunakan SD Card pada Android.

7 Kerugian Menggunakan SD Card di Android

1. Masalah Kecepatan Kinerja

SD Card mempunyai beberapa jenis yang bisa kamu pilih untuk digunakan pada Android, baik berdasarkan brand, maupun besar kapasitas. Setiap SD Card tersebut tentunya memiliki tingkat kinerja atau performa yang berbeda. Jika kamu menggunakan SD Card dengan kualitas yang rendah, maka kecepatan kinerja pada ponsel Android kamu akan berkurang. Tingkat refresh, duarasi loading, dan juga kecepatan menyesuaikan data akan berkurang.

2. SD Card Tidak Terbaca

Setiap SD Card memiliki siklus read yang sangat terbatas. Setiap kamu mengakses ataupun memformat data, secara otomatis kemampuan SD Card kamu juga akan ikut berkurang. Kita juga tidak bisa memperkirakan berapa lama SD Card yang kita punya bisa bertahan dan juga kita tidak akan mendapatkan peringatan sebelumnya yang berakibat data pribadi yang kamu simpan pada SD Card sewaktu-waktu bisa saja hilang.

3. Susah Menemukan File

Kerugian SD Card Untuk Android

Jika kamu menggunakan dua buah penyimpanan pada ponsel, memori internal dan juga SD Card maka kamu akan sangat kesulitan jika ingin menemukan file. Misalnya, kamu menyimpan foto yang kamu punya pada SD Card, tetapi file download kamu tersimpan pada memori intenal. Jika semakin banyak aplikasi yang kamu gunakan pada ponsel, tentunya akan sangat sulit kamu menemukan file tersebut di smartphone Android kamu.

4. Password hilang saat SD Card Error

Banyak sudah kejadian ini terjadi pada ponsel yang menggunakan SD Card sebagai media penyimpanan tambahan. Khususnya bagi kamu yang menggunakan SD Card sebagai tempat menyimpan data-data aplikasi yang kamu gunakan. Apabila pada suatu saat SD Card tersebut mengalami error maka otomatis seluruh data tersimpan pada aplikasi juga akan ikut hilang.

5. Sulit Saat Berganti Smartphone

SD Card pada dasarnya sangat berbeda dengan flash disk yang bisa kamu gunakan dan pindahkan ke perangkat mana saja. Flash disk ini memiliki sifat portable yang memungkinkan kamu untuk memindahkan datanya dengan mudah. 

Pada saat kamu berganti samrtphone Android baru, banyak kasus ditemukan dimana SD Card tersebut tidak bisa ikut dipindahkan karena sudah diseeting sebagai penyimpanan lokal pada samrtphone lama kamu.

6. Performa Game Berkurang

Game merupakan salah satu aplikasi yang bisa dikatakan sangat banyak memakan RAM pada smartphone. Namun, bukan hanay itu game juga sangat banyak menghabiskan memori internal. Nah, banyak pengguna yang mengakalinya dengan cara memindahkan data tersebut pada SD Card padahal ini merupakan cara yang sangat salah. Jika kamu tetap melakukannya, kamu akan banyak mengalami gangguan seperti crashing ataupun grafis yang hilang.

7. Banyak SD Card Palsu

Kerugian menggunakan SD Card

Karena SD Card ini sangat laris si pasaran, membuat beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya dengan membuat produk SD Card palsu yang dijual dengan harga sangat murah atau bahkan terdapat juga SD Card yang tidak memiliki merek yang dijual bebas dipasarang dan dipastikan itu merupakan barang palsu.

Barang palsu tentunya memiliki performa yang sangat berbeda dan kurang dibanding dengan produk aslinya dan akan berdampak buruk jika kamu tetap menggunakannya. Salah satunya yaitu kamu akan mengalami kerugian pada sektor performa smartphone kamu. Sehingga itu kini banyak produk smartphone Android terbaru yang tidak menyediakan slot SD Card pada produknya. Hal ini dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.



Itulah 7 kerugian apabila kamu menggunakan SD Card pada smartphone Android kamu. Memang sebenarnya SD Card ini sangat membantu untuk menyimpan file di laur kapasitas memeori internal yang tersedia pada bawaan smartphone. Namun, kamu harus tetap berhati-hati dan bijak dalam menggunakannya agar tidak mengalami kerugian yang sudah dijelaskan diatas. Apabila kamu memiliki tambahan ataupun saran, silahkan saja cantumkan di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.