15 Lagu 'Self-Healing' Indonesia Sebagai Penenang Hati

15 Lagu 'Self-Healing' Indonesia Sebagai Penenang Hati

TongkolPedia - Disaat diri sedang tidak bersemangat untuk melangkah lebih jauh atau tidak ada orang disekitar kamu yang mampu menemani, sebuah lagu terkadang mampu menjadi 'teman'. Bukan hanya sebagai alat untuk menghilangkan rasa sedih, atau kebosanan, tetapi sebuah lagu juga bisa berfungsi sebagai penyemangat dan bahkan penyembuh diri.

Di saat isu kesehatan mental sedang gencarnya disuarakan, beberapa musisi dari Indonesia juga turut ikut menuangkan kepeduliaanya melalui sebuah karya lagu yang dapat membantu para pendengarkan untuk self-healing. Berikut ini beberapa rekomendasi lagu self-healing Indonesia yang bisa kamu dengarkan.

15 Lagu 'Self-Healing' Indonesia Sebagai Penenang Hati

1. Kunto Aji - Rehat

Bisa dibilang kalau hampir semua lagu dari album Mantra Mantra milik Kunto aji sangat cocok dijadikan lagu untuk self-healing. Mulai dari Rehat, Sulung, Bungsu, Konon Katanya, hingga lagu Saudade. Lagu rehat dari Kunto Aji ini menjadi ost dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

Lirik yang terdapat dalam lagu di album Kunto Aji ini memiliki implikasi psikologis yang bisa digunakan untuk healing. Bukan hanya itu, ternyata Kunto Aji juga melakukan eksperimen dalam membuat lagu pada album ini. Terdapat frekuensi Solfeggio yang bisa mengeluarkan pikiran negatif setiap pendengarnya.

Lagu rehat ini sendiri menggambarkan layaknya bertemu dengan orang yang tepat untuk bercerita. Melalui lagu rehat juga kita diajarkan untuk menenangkan hati dari segala huru-hara kehidupan saat ini. Ketika mendengarkannya, terasa seakan-akan Kunto aji berbisik di telinga pendengarnya setiap kali ingin melangkah melakukan sesuatu yang baru dengan kalimat:
Yang kau takutkan takkan terjadi.

 2. Hindia feat Rara Sekar - Membasuh

Diiringi dengan petikan gitar yang sangat menenangkan, lagu Hindia feat Rara Sekar berjudul membasuh ini sangat menyejukkan hati setiap pendengarnya.

Melalui lagu membasuh, kita diajarkan untuk melihat hal-hal sederhana dalam hidup yang ada di sekitar kita. Seperti yang tergambar dalam musik videonya, terdapat potongan rekaman keseharian orang yang menunjukkan kebahagian berdaarkan versi mereka sendiri. Hasilnya pun sangat beragam, ada yang dengan melihat matahari terbit, menanti senja, menonton konser, berkumpul dengan teman, video call bersama keluarga, hingga bermain bersama hewa peliharaan.

Bukan hanya masalah kebahagiaan, lagu Membasuh juga memeberikan pesan kepada kita untuk tidak mengharapkan belas kasihan dari orang lain. Terkadang dalam hidup, kita sangat sering bergantung dan menaruh ekspektasi kita kepada orang lain. Kita sering berharap kepada orang lain untuk membalas segala apa yang kita lakukan. Padahal, hal tersebut tidak selamanya berujung sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dan mungkin saja, tanpa kita sadari balasan tersebut nantinya akan datang sendirinya dalam bentuk lain tanpa sepengetahuan kita.

3. Isyana Sarasvati - Untuk Hati yang Terluka

Jika kamu berpendapat kalau lagu ini berisikan lirik perihal cinta, maka kamu salah besar. Lagu Untuk Hati`yang Terlukan ini untuk kita yang sering merasa gagal ketika apa yang diinginkan tidak tercapai.

Didalam hidup ini selama kita masih bernapas, pastinya kita tidak akan terhindar dari yang namanya rintanga, cobaan, dan masalah yang mampu melukai diri kita sendiri.Tetapi, melalui lagu Untuk Hati yang Terluka ini kita diajarkan bahwa kita tidak sendirian dalam menghadapi segala masalah ini.

Saat berproses dalam menggapai segala mimpi, pasti kita akan merasakan yang namnya kegagalan dan kekecewaan yang membuat kita merasa berada pada titik terendah dan terpuruk dalam hidup. 

Lagu Untuk Hati yang Terluka milik Isyana Sarasvati ini memiliki alunan musik yang mendayu dan sangat menyentuh. Melalui lagu ini juga pendengar diajak untuk bangkit dari keterpurukan, seperti dalam liriknya:
Jika kau tak dapatkan yang kau impikan bukan berarti kau tlah usai.


4. Yura Yunita - Merakit

Buat kamu yang saat ini sedang berada dalam fase down menggapai mimpi dan cita-cita, mungkin lagu Merakit milik Yura Yunita ini cocok untuk kamu dengarkan sebagai penyemangat untuk bangkit.

Lagu dari penyanyi asal Bandung ini sudah tidak diragukan lagi untuk membantu memabangkitkan semangat. Merakit memiliki nada yang up beat dan full of spirit dimana Yura mengajak setiap pendengarnya untuk bangkit setelah mengalami kegagalan dan berdiri kembali untuk kembali merakit mimpi.

Energi positif yang didapat dari lagu ini tidak hanya dirasakan melalui lirik yang terkandung dan melodinya, namun terdapat juga pada video lirik dan musik videonya. Dalam video lirik lagu Merakit, Yura menampilkan lirik lagu ini menggunakan bahasa isyarat. Sedangkan dalam musik video, Yura dan teman-teman difabel menunjukkan bahwasanya keterbatasan bukanlah halangan sesorang untuk dapat meraih mimpi.

5. Banda Neira - Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti

Walaupun grup musik ini sudah bubar, namun karya mereka yang satu seolah tak lekang oleh waktu. Pasalnya pesan yang disampaikan oleh lagu ini sangat memotivasi para pendengarnya. Kerasnya cobaan dalam hidup yang selalu menerpa apalagi saat baru beranjak dewasa sangat tergambarkan dengan baik pada lirik pembuka lagu.

Disaat diri kita merasa sangat rapuh, seakan tak sanggup lagi untuk melangkah, kecewa dan gagal; ternyata hidup ini tidak selalu sesuai dengan ekspektasi kita.
Jatuh dan tersungkur di tanah aku. Berselimut debu sekujur tubuhku. Panas dan menyengat. rebah dan berkarat.

Setelah merenungi kejadian dalam hidup, lirik selanjutnya memberikan kita secercah pengharapan bahwasanya tidak selamanya yang sia-sia tak bermakna, rasa sakit yang kita derita perlahan akansembuh, dan juga siapapun yang sedang berada pada titik terendah, suatu saau nanti akan bangkit dan berdiri kembali.

 Yang patah tumbuh, yang hilang berganti. Yang hancur lebur akan terobati, Yang sia-sia akan jadi makna, Yang terus berulang suatu saat henti. yang pernah jatuh kan berdiri lagi.

Melalui lagu ini Banda Neira memberikan suasana tenang dan mengembalikan harapan setiap pendengarnya. Saat kita sedang merasa kebingungan di kehidupan saat ini, lagu ini dijamin mampu menemani hingga pada akhirnya kita dapat bangkit dan berdiri lagi. 


6. Kunto Aji - Konon Katanya

Konon katanya, konon katanya, dan selalu konon katanya. Single dari Kunto Aji ini seakan menyindir pendengarnya yang selalu sibuk memikirkan atau mendengarkan segala omongan dari orang lain. Kono katanya begini, konon katanya begitu. Ya begitulah yang sering orang-orang katakan kepada kita. Tetapi ketahuilah hal seperti inilah yang membuat kita cepat lelah menjalani hidup karena masih suka mendengar perkataan orang lain. Pada musik video lagu Konon Katanya, Kunto Aji juga turut menyindir kebiasaan kebanyakan kita saat ini, yaitu asik sendiri bermain handphone.  

Cantik, kau tahu hidup bukan tentang angka.

Lagi-lagi disini Kunto Aji menyindir tentang hidup yang bukan saja perihal angka. Hidup adalah bagaimana cara kita agar bisa bermanfaat bagi orang yang ada disekitar. Jadi, nikmatilah hidup.

 

7. Hindia - Secukupnya

Lagu dari album Menari dengan Bayangan ini meledak saat dirilis dan tambah naik ketika lagu ini menjadi ost pada film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Lagu ini meledak karena bisa dikatakan lirik dan pesan yang terdapat dalam film ini sangat relate dengan siapa saja. Seperti dalam lirik:
Kita semua gagal. Ambil sedikit tisu. Bersedihlah secukupnya.

Dikatakan bahwa jika kita gagal, kita boleh bersedih dan menangis. Tetapi kita juga harus ingat untuk melakukan hal itu secukupnya saja dan setelah itu kita bangkit kembali. Bukan hanya itu, banyak juga lirik yang mengandung berbagai permasalahan yang saat ini kerap terjadi seperti masalah perceraian orang tua yang akan membawa dampak kepada anak-anaknya. Seperti dalam lirik:

Putra putri sakit hati. Ayah ibu sendiri. Komitmen lama mati.

 

8. Hindia - Untuk Apa / Untuk Apa?

Karya-karya dari Hindia ini kebanyakan sangat cocok dijadikan sebagai lagu self-healing karena mengandung arti yang sangat dalam. Seperti dalam lagu ini yang sangat penuh dengan tamparan kepada diri sendiri yang terlalu berambisi untuk memiliki apapun yang diinginkan. Sebenarnya tidak salah untuk memiliki ambisi, tapi jika sudah mengganggu mental dan pikiran kita, bukankah jatuhnya menjadi tidak baik?
Terlepas apa yang kau percayai. Tetap takkan ada yang di bawa mati. Kembali ke tanah dan tumbuh cemara. Mana saja harta yang lebih berharga?

 

9. Hindia - Besok Mungkin Kita Sampai

Lagu ini sangat cocok untuk kami yang sering sekali overthinking dan takut apabila kamu tidak bisa mencapai kesuksesan seperti yang kamu harapkan. Jika kamu orang yang sering memikirkan ini, maka wajib banget kamu mendengarkan lagu ini karena lagu ini penuh motivasi akan hal itu. Seperti dalam lirik:
Tak ada yang tahu kapan kau mencapai tuju. Dan percayalah bukan urusanmu menjawab itu. Katakan pada dirimu, "Besok mungkin kita sampai, besok mungkin tercapai".

Kita tidak perlu takut jika keinginan kita tidak tercapai. Yang perlu kita lakukan saat ini hanyalah jalanin dengan sungguh-sungguh dan nikmati segala prosesnya. Hidup ini bukan adu kecepatan karena semua orang punya waktu dan masanya masing-masing. Percayalah semua akan baik-baik saja dan kita akan mencapai tujuan yang diinginkan.


10. Bondan Prakoso feat Fade2Black - Ya Sudahlah

Ketika mimpimu tak begitu indah, tak pernah terwujud. Ya sudahlah.

Diawal lagu kita sudah disambut dengan lirik ini. Lagu yang begitu simple tetapi kaya akan makna dan didalam musik video juga diperlihatkan berbagai masalah yang sering dialami manusia seperti impian, cita-cita, bahkan masalah percintaan. Lagu Ya Sudahlah ini sangat cocok jika didengarkan ketika kamu sedang lelah dan membutuhkan sedikit motivasi tentang hidup.


11. Tulus - Manusia Kuat 

Setiap manusia diciptakan melalui seleksi alam yang sangat ketat dan kita terlalu tangguh untuk masalah yang tenagh kita hadapi saat ini. Melalui lagu Manusia Kuat, Tulus menyadarkan bahwa kita semua ini adalah manusia-manusia kuat dan tidak boleh menyerah ketika menghadapi masalah. 
Manusia-manusia kuat, itu kita. Jiwa-jiwa yang kuat, itu kita.


12.  D'MASIV - Jangan Menyerah

Saat ini kamu sedang merasa diposisi yang terendah dan sangat lelah menghadapi segala permasalahan hidup?  kamu boleh banget untuk mendengarkan lagu ini. Lagu yang diciptakan oleh D'MASIV ini memberikan banyak sekali energi positif melalu lagu bahkan musik videonya. kamu boleh cape atau bersedih, tapi ingat kamu tidak boleh menyerah. Tetap bersyukur dengan apa yang telah diberikan oleh Tuhan. Seperti dalam lirik:

Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah. Tetap jalani hidup ini, melakukan yang terbaik.


13. Float - Sementara

Lagu yang dibawakan oleh Float ini menjelaskan tentang arti sebuah perjuangan untuk menggapai segala impian kita. Didalam lagu pendengar seolah diingatkan bahwa telah banyak yang sudah terjadi di dalam hidup kita dan kenyataannya kita mampu untuk melalui hal tersebut.

14. Kunto Aji - Sulung

Lagu Kunto Aji yang satu ini sangat ajaib sekali. Lagu yang hanya berisikan 3 bait dan dinyanyikan secara berulang, tetapi pesan yang ingin disampaikan sangat ngena sekali. Kunto Aji memiliki misi yang cukup bagus dilirik ini untuk membuat pendengar memahami dengan baik maksud dari 3 bait yang dinyanyikannya. Diakhir lagu juga Kunto Aji mengingatkan kepada pendengar bahwa hal yang sebaiknya untuk kita jaga adalah diri sendiri.

15. Nosstress - Pegang Tanganku

Didalam lagu Pegang Tangku, Nosstress seakan mengingatkan setiap pendengar bahwa hidup ini tak hanya senang dan bahagia, tanpa berusahan menggurui dengan lirik yang tendensius. pendengar seakan diajak untuk merenung dan mensyukuri hidup yang diberikan. Seperti dalam lirik:
Pegang tangaku. Hentikan tawamu sejenak. Sudah terlalu banyak tuk senang, sudah saat merennung dan bersyukur.

Kita juga diajarkan untuk menghadapi segala sesuatu dengan emosi yang stabil, jika senang jangan terlalu dan sedih jangan terlalu. Karena yakinlah semua akan berakhir dan berubah. Oleh karena itu, perasaan-perasaan tersebut harus dibatasi. 

Jika senang jangan terlalu. Jika sedih jangan terlalu.


Penutup

Nah, itulah beberapa rekomendasi lagu 'self-healing' yang bisa kamu dengarkan untuk penyemangat ataupun penenang hati disaat sedang gundah. Apabila kamu ingin mendengarkan lagu-lagu diatas melalui Spotify, kamu bisa gunakan playlist dibawah. Playlist ini sudah dikumpulkan dengan lagu self-healing lainnya.
Playlist Lagu Self-Healing Indonesia
Apabila kamu memiliki tambahan lagu self-healing lainnya, boleh cantumkan saja pada kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kamu semua.
Indonesia Website Awards