10 Smartphone dengan Kamera Zoom Terbaik

Perkembangan teknologi saat ini telah melahirkan banyak sekali inovasi, khusunya pada bidang Smartphone dengan kamera zoom terbaik.
10 Smartphone dengan Kamera Zoom Terbaik

TongkolPedia - Perkembangan teknologi saat ini telah melahirkan banyak sekali inovasi, khusunya pada bidang Smartphone dengan kamera zoom terbaik. Apalagi, saat ini kamera pada smartphone sudah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari setiap pengguna gadget di seluruh dunia.

Namun sebelum itu, kamu tentunya harus mnegerti dahulu perbedaan dan fungsi diantara digital, optical dan hybrid zoom yang biasanya terdapat pada smartphone dengan kamera zoom. Sebagian smartphone flagship biasanya sudah dilengkapi dengan ketiga teknologi kamera zoom ini. Namun, untuk smartphone mid-range biasanya hanya memiliki satu hingga dua teknologi kamera zoom.

Digital zoom adalah mode zoom yang sering dijumpai pada smartphone dengan kamera zoom mulai dari kelas mid-range hingga flagship. Cara kerja digital zoom adalah dengan membuat seolah lensa kamera sedang mendekati objek yang ingin difoto, padahal kamera hanya memotong gambar sedikit demi sedikit.

Digital zoom ini akan sangat mempengaruhi kualitas resolusi foto yang diambil. Semakin dekat objek diperbesar, maka semakin berkurang ketajaman foto yang diambil dan akan mengakibatkan foto terlihat banyak sekali noise.

Optical zoom tentunya sangat populer karena diakui dapat mengjasilkan kualitas foto yang sangat baik. Hal ini dikarenakan ketika memperbesar foto, optical zoom akan emnggunakan elemen lensa yang bergerak seehingga tidak akan mengorbankan atau memotong kualitas resolusi foto seperti pada digital zoom.

Bukan hanya itu, keunggulan optical zoom lainnya adalah memiliki lensa yang memilik jarak lebih jauh dengan sensor gambar. namun sudah pasti apabila sebuah smartphone memiliki teknologi optical zoom, tentunya harga yang dibanderol lumayan tinggi.

teknologi terakhir yaitu Hybrid zoom. Hybrid zoom merupakan gabungan antara kedua teknologi sebelumnya, yaitu digital zoom dan optical zoom serta dilengkapi dengan bantuan software agar dapat memperhalus dan mempertajam gambar.  Saat ini, smartphone yang memiliki teknologi hybrid zoom biasanya dibekali oleh kemmapuan hybrid zoom mulai 3x, 5x, hingga 10x.  

Apabila kamu sedang mencari rekomendasi atau bahkan ingin segera membeli smartphone dengan teknologi kamera zoom terbaik tapi yang menjadi patokan adalah kata "zoom". Berikut beberapa rekomendasi smartphone dengan kamera zoom terbaik yang bisa kamu pilih untuk segera membelinya.


10 Smartphone dengan Kamera Zoom Terbaik

1. Huawei Mate 40 Pro

Huawei Mate 40 Pro

Bisa dikatakan bahwa Huawei Mate 40 Pro menjadi salah satu smartphone dengan kamera zoom terbaik dari Huawei. pada bagian kamera belakang, smartphone ini dilengkapi dengan modul triple kamera dengan konfigurasi kamera ultra vision 50MP (f/1.9), ultra-wide cine 20 MP (f/1.8), dan telephoto 12MP. Bukan hanya itu, ketiga kamera ini sudah dibekali dengan laser sensor yang memiliki kemampuan sistem auto fokus yang sangat akurat beserta dengan satu port LED Flash.

Berbicara kemampuan zoom, smartphone ini memiliki kamera telephoto 12MP yang sudah mendukung 5x optical zool, 10x hybrid zoom, dan 50x digital zoom. Dengan segala kemampuan kamera ini, Huawei Mate 40 Pro bisa diandalkan karena diakui bisa menghasilkan foto dan gambar yang sangat jernih dan memiliki ketajaman luar biasa. Selain itu, kamera telephoto Mate 40 Pro juga sudah memiliki teknologi OIS yang mampua meredam guncangan dalam video.

2. Samsung Galaxy Note20 Ultra

Samsung Galaxy Note20 Ultra

Samsung Galaxy Note20 Ultra didukung oleh konfigurasi triple kamera dengan ketiga lensa yang disusun secara vertikal ke bawah bersama dengan satu port LED FLash dan laser AF sensor pada punggung smartphone. Konfigurasi kamera utama Samsung Galaxy Note20 Ultra adalah kamera utama 108MP (f/1.8), kamera ultra-wide angle 12MP (f/2.2) dan kamera periscope 12 MP (f/3.0).

Dengan kemampuan kamera periscope yang dimiliki Samsung Galaxy Note20 Ultra membuat smartphone ini mampu memperbesar objek hingga 5x melalui mode optical zoom dan 50x melalui mode uper resolution zoom. Selain iut, smartphone ini juga mmapu merekam video dengan resolusi hingga 8K dan maksimal 120 fps.

3. OPPO Find X2 Pro

OPPO Find X2 Pro

OPPO Find X2 Pro didukung oleh modul triple kamera dengan konfigurasi kamera yaitu kamera wide angle 48MP (f/1.7), kamera ultra-wide angle 48MP (f/2.2), dan kamera periscope telephoto 13MP (f/3.0). OPPO Find X2 Pro juga dilengkapi dengan dua jenis mode zoom, yaitu 10x hybrid zoom dan 60x digital zoom. Dengan perpaduan kedua jenis mode zoom ini, OPPO Find X2 Pro mampu untuk memaksimalkan kamera ketika melakukan perbesaran objek yang akan difoto.

Keunggulan OPPO Find X2 Pro lainnya adalah dilengkapi dukungan dual OIS yang sangat membantu dalam meningkatkan dynamic range dan overexposure saat memotret dalam ruangan bercahaya memadai serta mengurangi noise ketika memotret dalam ruangan yang minim cahaya sehingga foto yang dihasilkan lebih jernih bahkan ketika menggunakan mode zoom sekalipun.

4. Huawei P40 Pro+

Huawei P40 Pro+

Huawei P40 Pro+ diluncurkan dengan modul quad-kamera dengan koonfigurasi kamera ultra vision 50MP (f/1.9), kamera cine 40MP (f/1.8), kamera SuperZoom 8MP (f/2.4). Dalam urursan zoom, smartphone ini mengandalkan dua buah kamera yaitu SuperZoom dengan kemampuan 10x zoom dan telephoto 3x zoom. tentu saja hal ini membuat Huawei P40 Pro+ menjadi smartphone dengan kemampuan kamera zoom tertinggi. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor 3D ToF yang mendampingi keempat kamera tersebut.

Dibalik keunggulan Huawei P40 Pro+ masih terdapat keunggulan lainnya yaitu kombinasi Dual Pixel Detection dengan Quad Bayer yang akan membuat pixel pada foto menjadi lebih rapat dan detail foto tidak akan rusak walaupun diperbesar.

5. Huawei P40 Pro

Huawei P40 Pro

Masih dengan Huawei dan dengan seri yang sama, yaitu Huawei P40 Pro. Smartphone ini menggunakan lensa Leica yang diklaim sangat tangguh untuk menangkap objek hingga menghasilkan foto dengan ketajaman yang baik dan kaya akan warna. Smartphone ini memiliki konfigurasi kamera yaitu kamera ultra vision 50MP (f//1.9), kamera ultra-wide cinema 40MP(f/1.8), dan kamera telephoto 12MP (f/3.4). Ketiga jenis lensa pada smartphone ini dilengkapi oleh salah satu sensor 3D Depth untuk menghasilkan efek bokeh yang terbaik.

Pada bagian kamera telephoto, smartphone ini melengkapinya dengan tiga buah mode zoom, yaitu 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x max zoom. Bukan hanya itu, Smartphone Huawei P40 pro ini juga memiliki sensor RYBB yang mampu menghadirkan 40% lebih banyak cahaya untuk menghasilkan foto yang berkualitas tinggi ketika diambil pada ruangan minim cahaya.

6. Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra mengemas smartphone-nya dengan modul quad-kamera dengan konfigurasi kamera wide-angle 108MP, kamera ultra-wide 12MP, kamera telephoto 48MP, dan tambahan kamera DepthVision. Samsung Galaxy S20 Ultra didukung oleh 10x optic zoom dengan 100x Super Resolution Zoom. Kemampuan zoom ini juga didukung oleh sistem AI kamera yang mampu memaksimalkan hasil foto ketika objek diperbesar.

Selain iut, sistem zoom pada Samsung Galaxy S20 Ultra ini juga mampu menangkap banyak foto sekaligus menjadi satu bidikan ketika kondisi ruangan dengan minim cahaya. namun, hasil foto yang dihasilkan tetap jernih, lebih hidup, kaya akan warna dan sangat detail.

7. Samsung Galaxy S20+

Samsung Galaxy S20+

Masih dengan smartphone besutan Samsung dan seri yang sama yaitu S20, Samsung Galaxy S20 memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan S20 Ultra. Didukung oleh quad-kamera dengan konfigurasi kamera wide angle 12MP, kamera ultra wide 12MP, dan kamera telephoto 64 MP disertai kamera DepthVision. Untuk masalah zoom, smartphon ini mendukung 3x hybrid optical zoom dengan 30x Super Resolution Zoom dan dapat ditingkatkan dengan sistem AI yang dimiliki Samsung. Kamera smartphone ini juga telah mendukung perekam video hingga resolusi 8K.

8. Samsung Galaxy S20

Samsung Galaxy S20

Berbeda dengan seri "Plus", Samsung Galaxy S20 tidak dilengkapi dengan kamera DepthVision. DepthVision ini sebenarnya merupakan sebutan lain untuk lensa ToF (Time of Flight) yang mampu merekam informasi depth gambar hingga menyempurnakan layar blur pada foto.

Meskipun demikian, smartphone ini masih memiliki triple kamera dengan konfigurasi yang hampir sama dengangalaxy S20+. Oleh karena itu, Samsung Galaxy S20 juga didukung oleh 3x hybrid optical zoom dengan 30x Super Resolution Zoom, dan perekaman video hingga resolusi 8K.

9. Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro sangat patut untuk dikatakan sebagai smartphone dengan kemampuan kamera zoom terbaik. Hal ini dikarenakan smartphone ini memiliki lensa Leica quad-kamera dengan konfigurasi yang sangat keren dan mewah yaitu kamera wide-angle 40MP (f/1.6), kamera ultra-wide angle 20Mp (f/2.2), kamera telephoto 8MP, serta sensor ToF untuk meningkatkan kemmapuan autofokus kamera.  Kamera periscope telephoto pada Huawei P30 Pro memungkinkan untuk mendapat teknologi SuperZoom sehingga dapat memberikan mode 10x hybrid zoom dan 50x zoom.

10. OPPO Reno 10x Zoom

OPPO Reno 10x Zoom


Smartphone terkahir yang memiliki kamera zoom terbaik dipegang oleh OPPO reno 10x Zoom. Smartphone ini didukung oleh kemampuan fotografi yang sangat luar biasa dengan triple kameranya yaitu kamera belakang 48MP (f/1.7), kamera wide-angle 8MP (f/2.2), dan kamera telephoto 13MP (f/3.0).

OPPO juga mengklaim smartphonenya ini mampu memperbesar objek foto hingga 10x dalam mode digital zoom dan kamera yang mampu mempertahankan kedetailan dan akurasi objek yang akan difoto. Keunggulan lainnya yaitu smartphone ini didukung oleh 3d audio recording dan audio focus sehingga ketika melakukan perbesaran gambar saat merekam video, maka suara yang dihasilkan juga otomatis membesar. Tak mengejutkan lagi apabila OPPO Reno 10x Zoom dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera zoom terbaik saat ini.


Penutup

Nah itulah 10 smartphone dengan dukungan kamera zoom terbaik yang bisa kamu pilih dan pertimbangkan untuk dibeli. Pada daftar tersebut, hanya smartphone Huawei Mate 40 Pro yang didukung oleh semua mode zoom yaitu digital zoom, optical zoo, dan juga hybrid zoom. Selebihnya, didukung oleh satu hingga dua jenis zoom saja.

Namun, masing-masing smartphone diatas tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Hal ini balik lagi kepada kamu sebagai pengguna untuk memilih smartphone yang tepat sesuai dengan budget dan kebutuhan kamu saat ini. Semoga informasi kali ini dapat membantu kamu dalam pertimbangan sebelum memutuskan membeli smartphoen dengan kamera zoom. Apabila kamu memiliki tambahan, silahkan cantumkan saja pada kolom komentar dibawah ini.