Variabel dan Tipe Data Dalam Java

Variabel merupakan tempat/wadah untuk menyimpan suatu nilai sesuai untuk diproses dan diolah oleh skrip program lainnya.

Variabel dan Tipe Data Dalam Java

TongkolPedia - Setelah sebelumnya mempelajari tentang Pendahulan Java dan dilengkapi dengan latihan soal beserta pembahasan mengenai pendahuluan Java, selanjutnya kita akan lanjut mempelajari variabel dan tipe data dalam Java.

VARIABEL

Variabel merupakan tempat/wadah untuk menyimpan suatu nilai sesuai untuk diproses dan diolah oleh skrip program lainnya. Nilai pada variabel dapat disimpan sementara, dipanggil kembali, dihitung, dibandingkan dan dikonversi sesuai dengan  karakteristik tipe data dari variabel tersebut.
Perhatikan skrip berikut ini.
public class SalamNama {
	public static void main(String[] args) { 
    	String nama = "Affandes";
		System.out.println("Assalammu'alaikum " + nama);
	}
}
Pada Skrip 2-1 dapat dilihat bahwa nama merupakan sebuah variabel yang diberi label nama. Variabel ini menyimpan teks yaitu “Affandes”. Karena variabel tersebut menyimpan teks, maka tipe data variabel tersebut adalah String

Skrip di atas menjelaskan bahwa variabel nama dapat dipanggil kembali pada baris kode berikutnya, sehingga ketika program dijalankan, program akan menampilkan tulisan “Assalammu’alaikum Affandes”.

TIPE DATA

Tipe data merupakan karakteristik sebuah variabel. Karakteristik ini akan menentukan fungsi variabel itu nantinya. Ada tipe data yang menyimpan data angka, ada juga tipe data yang menimpan data teks. Perbedaan yang jelas antara tipe data angka dan teks adalah, tipe data angka dapat dihitung menggunakan operasi matematika, sedangkan tipe data teks tidak bisa dihitung. 

Pada Skrip 2-1 di atas, String adalah tipe data teks, sehingga nilai yang disimpan di dalam variabel tersebut adalah teks, meskipun diisi dengan nilai “1000” atau “seribu” tetap dianggap sebagai teks yang tidak bisa dihitung. 

Tipe data bukan hanya tentang menyimpan jenis data angka atau teks, namun juga tentang kapasitas penyimpanannya yang berbeda-beda. Sebagai contoh, tipe data angka Byte hanya bisa menyimpan angka dari -128 sampai 127, sedangkan tipe data Short dapat menyimpan angka -32768 sampai 32767 begitu seterusnya. Untuk tipe-tipe data lainnya dijelaskan pada sub bab berikutnya. 
Ada 2 jenis tipe data pada pemrograman Java, yaitu: 
  • Tipe data primitif, yaitu tipe data yang paling dasar pada Java. Tipe data ini terdiri dari 3, yaitu :
  1. Tipe data angka, tipe data yang menyimpan data angka. 
  2. Tipe data karakter, tipe data yang menyimpan 1 karakter teks. 
  3. Tipe data boolean, tipe data yang hanya bernilai True atau False. 
  • Tipe data turunan, yaitu tipe data yang dibuat dari satu atau lebih tipe data primitif. Pada umumnya tipe data ini berbentuk class. 

TIPE DATA ANGKA

Tipe data ini dapat menyimpan nilai angka dengan kapasitas tertentu. Sehingga variabel yang mengugnakan tipe data ini tidak bisa menyimpan teks ataupun karakter di dalamnya. Salah satu fungsi tipe data angka adalah untuk menyimpan data angka yang dapat dihitung dengan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan sebagainya. 
Ada beberapa jenis tipe data angka, antara lain: 
  • Bilangan Bulat (Integer), merupakan tipe data untuk menyimpan bilangan bulat. Tipe data ini terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan kapasitas penyimpanannya. 
TipeKeywordKapasitasRentang Nilai
Bytebyte1 byte-128 sampai 127
Short Integershort2 byte-32768 s/d 32767
Integerint4 byte–2147483648 s/d 2147483647
Long Integerlong8 byte–9223372036854775808 s/d 9223372036854775807
  • Bilangan Berkoma (Decimal), merupakan tipe data untuk menyimpan bilangan berkoma. Tingkat presisi dan kapasitas nilai yang dapat disimpan terdiri dari 2 tipe
TipeKeywordKapasitasRentang Nilai
Floatfloat4 byte3.4×1038  to 3.4×1038
Doubledouble8 byte1.8×10308  to 1.8×10308

TIPE DATA TEKS

Tipe data teks adalah tipe data yang menyimpan data dalam bentuk teks. Data teks tidak hanya terdiri dari huruf saja, angka yang disimpan ke variabel bertipe teks akan dianggap sebagai teks sehingga tidak bisa digunakan untuk menghitung. 
Ada beberapa jenis tipe data teks, antara lain: 
  1. Char, tipe data yang hanya menyimpan 1 karakter teks saja. 
  2. String, tipe data yang menyimpan rangkaian teks paling banyak 231-1 karakter atau sekitar 2GB teks.

TIPE DATA BOOLEAN

Tipe data boolean merupakan tipe data yang hanya menyimpan nilai True atau False. Tipe data ini digunakan untuk keperluan percabangan.