Kelebihan dan Kekurangan Evercoss Tera S6

Evercoss Tera S6 sangat menarik banyak perhatian dikarenakan tampilan fisik smartphone ini yang sangat berbeda dari kebanyakan smartphone lokal.
Smartphone murah dengan fitur oke

TongkolPedia - Persaingan antar industri Smartphone khususnya di Indonesia semakin hari semakin pesat dan terus berkembang. Semakin hari juga semakin banyak produsen lokal yang ikut bersaing. Contohnya evercoss dan Advan.

Advan sangat menarik perhatian masyarakat karena menghadirkan smartphone dengan harga yang sangat konsisten yaitu 1 jutaan. Contohnya adalah smartphone Advan G5 atau Advan G9 yang cukup menarik para pengguna untuk kelas murah.

Evercoss juga melakukan hal yang sama dengan Advan. Evercoss bersama saudaranya, Luna dan GenPro juga menghadirkan smartphone yang masih konsisten di kelas harga 1 jutaan seperti smartphone Evercoss Tera S6.

Evercoss Tera S6 sangat menarik banyak perhatian dikarenakan tampilan fisik smartphone ini yang sangat berbeda dari kebanyakan smartphone lokal. Bukan hanya itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan empat kamera belakang yang tentunya bisa menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan. Lalu, seperti apa Evercoss Tera S6 ini? Mari kita lihat pembahasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan pada Evercoss Tera S6.

Spesifikasi Evercoss Tera S6

Chipset Unisoc SC9863A
RAM & Memori 4 GB + 32 GB
Kamera 13 MP + 3x VGA
Baterai Li-Po 4500 mAh
Layar IPS LCD 6,6 inches
CPU Octa Core (8 x ARM Cortex A55 1.6 GHz)
GPU PowerVR Rogue GE8322

Kelebihan Evercoss Tera S6

Dengan harga yang bisa dibilang cukup murah untuk sebuah smartphone, Evercoss Tera S6 menawarkan sejumlah kelebihan yang tentunya sangat menarik. Pada rentang harga 1,3 Juta, apabila masih terdapat sejumlah poin maupun fitur yang kurang, saya kira ini masih sangat wajar. Baiklah, berikut kelebihan yang ditawarkan Evercoss tera S6.

1. Desain Menarik

Evercoss Tera S6 hadir dengan tampilan yang sangat menarik. Garis desain pada smartphone ini sangat bagus dan tidak ketinggalan zaman. Merek atau tulisan evercoss yang melekat pada smartphone ini juga menjadi nilai lebih yang membuatnya telihat sangat keren dan sangat sempurna untuk sebuah smartphone lokal.

2. RAM 4 GB

Keunggulan lain yang ditawarkan oelh Evercoss Tera S6 terdadapat pada bagian RAM. Untuk sebuah smartphone dengan harga 1 jutaan, penawaran RAM 4 GB pasti sangat menarik. Sangat jarang seklai ditemukan smartphone dengan rentang harga 1 juta hingga 1,5 jutaan yang mampu menghadirkan smartphone dengan RAM 4 GB. Hal ini yang saat ini berhasil diwujudkan oleh Evercoss Tera S6.

3. Layar IPS HD+

Dengan teknologi IPS HD+
Pada sektor layar, evercoss Tera S6 hadir dengan layar berdimensi 6,6 inci. Layar yang digunakan juga menggunakan panel IPS dengan resolusi 1600 x 720 piksel. Layar ini sudah dilengkapi dengan teknologi OGS In Cell dengan tampilan Water Drop Style.

Untuk sebuah smartphone pada kelas murah, layar smartphone ini mampu menawarkan tampilan yang snagat memikat dan membuatnya memiliki kelebihan tersendiri. Layar yang cukup jelas dan sangat oke untuk digunakan menonton atau sekedar internetan.

4. Baterai Berkapasitas Besar

Evercoss Tera S6 sudah dibekali oleh baterai besar dengan kapasitas 4.500 mAh. Dengan ukuran baterai sebesar ini ditambah dengan sukungan layar HD, membuat daya tahan pada Evercoss Tera S6 menjadi lebih awet dan tahan lama. Dengan hal ini, berarti smartphone Evercoss Tera S6 memungkinkan untuk digunakan seharian.

5. Kualitas Audio Cukup Kencang

Evercoss Tera S6 memiliki kualitas audio yang tergolong cukup bagus. Suara yang dihasilkan dari audio smartphone ini terbilang cukup kencang walau tidak sebagus jika dibandingkan dengan samrtphone pada kelas harga 2 jutaan. Namun, untuk samrtphone yang masih berada pada kelasnya, Evercoss Tera S6 bisa dikatakan sangat unggul denga audio yang cukup kencang.

6. Kamera Depan Cukup Bagus

Evercoss Tera S6 memiliki kamera depan dengan resolusi 8 MP. Dengan resolusi kamera depan ini membuat Evercoss sangat bagus apabila digunakan berswafoto. Apalgi jika memotret dalam kondisi cahaya yang sangat terang, foto yang dihasilkan cukup bagus dan mampu memberikan detail foto dengan bagus pula.

7. Kamera Belakang Unggul

Memiliki 4 kamera dan kualitas oke
Evercoss Tera S6 memiliki kualitas kamera belakang yang cukup bagus. Kamera belakang yang dimilikinya beresolusi 13 MP yang sudah mampu merekam video hingga 1080p dan juga kamera ini sudah mampu menangkap foto dengan cukup baik.

Namun, kekurangan Evercoss Tera S6 adalah ketiga kamera lain yang dimiliki smartphone ini yang tidak jelas fungsinya sebagai apa dan Evercoss hanya menegaskan memiliki empat kamera saja tanpa menjelaskan fungsi dari kamera tersebut. Padahal fungsi kamera itu saja bisa diwakilkan oleh satu buah kamera saja.

Kekurangan Evercoss Tera S6

Sebagai salah satu smartphone murah, tentu saja terdapat beberapa hal yang membuat Evercoss Tera S6 ini kurang dan agak nanggung dalam segi fiturnya. Apa saja kekurangan yang dimiliki oleh Evercoss Tera S6? Berikut penjelasannya.

1. Performa Kalah Saing di Kelasnya

Evercoss Tera S6 yang sudah dibekali oleh chipset Unisoc SC9863A yang memiliki fabrikasi 28 nm yang sebenarnya bisa dikatakan sudah ketinggalan zaman.  Smartphone yang menggunakan chipset ini harusnya digunakan pada tahun 2018, bukan pada saat ini. Chipset ini sebenarnya bisa mencapai angka ANtutu 99 ribuan dengan keunggulan angka di CPU dan juga memori.

Untuk digunakan bermain game seperti PUBG, secara default pengaturangan grafisnya ada di smooth medium dan game ini masih cukup nyaman dilihat. Namun, ketika dimainkan pergerakan karakter pada PUBG patah-patah dan kurang mulus. Untuk game ringan lainnya, smartphone Evercoss TeraS6 masih cenderung oke dan bisa diandalkan.

Kenapa performanya dikatakan kalah saing di kelasnya? Hal ini dikarenakan untuk smartphone yang berada pada kelasnya, yaitu smartphone yang dibanderol dengan harga 1 jutaan, seharusnya chipset yang digunakan sudah memakai fabrikasi 14 nm atau 12 nm. Penggunaan chipset Unisoc ini membuat Evercoss Tera S6 menjadi kurang menarik dan kalah dengan smartphone lainnya.

2. Tidak Memiliki Sensor Fingerprint

Tanpa sensor sidik jari
Evercoss Tera S6 ini sangat banyak membuat pengguna lainnya tertipu karena pada bagian samping kanan smartphone terdapat tombol power memanjang yang bentuknya sangat mirip dengan sensor fingerprint yang menyatu dengan tombol power. Namun ternyata Evercoss Tera S6 ini tidak memiliki sensor sidik jari.

Evercoss Tera S6 hanya memiliki Face Unlock yang kemampuannya juga cenderung biasa saja namun masih bisa diandalkan. Tentu saja akan lebih menarik apabila smartphone ini juga memiliki sensor sidik jari dan Face Unlock. Bukan hanya itu, Evercoss Tera S6 juga tidak memiliki sensor giroskop yang membuat smartphone ini menjadi kurang asik jika digunakan bermain game yang membutuhkan pergerakan seperti PUBG.

3. Slot SIM Hybrid

Yang sangat mengecewakan dari Evercoss Tera S6 adalah penggunaan slot SIM Hybrid. Padahal smartphone dari produsen luar yang masih berada di kelasnua tidak sedikit sudah memiliki triple slot SIM tray.

Sebagai produsen lokal, Evercoss seharusnya juga sudah bisa memberikan triple slot pada produk barunya karena orang Indonesia sendiri sudah terbiasa untuk menggunakan dua buah kartu dalam bersamaan tanpa perlu lagi mengorbankan slot microSD. Terlebih lagi karena smartphone ini hanya memiliki penyimpanan internal sebesar 32 GB yang membuat microSD sangat dibutuhkan. 

4. Tidak Fast Charging

Hal yang sama juga terjadi pada smartphone yang berada di kelas harga 1 jutaan, yaitu belum dilengkapi dengan teknologi fast charging. Padahal jika fitur ini dihadirkan, maka Evercoss Tera S6 dapat menjadi lebig menarik karena produsen lokal yang gagah berani menghadirkan smartphone murah dengan teknologi pengisian daya cepat, setidaknya minimal 18 watt.

Penutup

Evercoss Tera S6 dibanderol dengan harga Rp1,5 jutaan. Di kela harga ini, Evercoss Tera S6 harus bersaing dengan ponsel lain yang sudah memiliki fitur menarik juga seperti Redmi 9A, Redmi 9C, dan juga Infinix Smart 5.

Evercoss Tera S6 ini bukanlah tidak menarik. Smartphone ini juga memiliki keunikan dan keunggulannya tersendiri seperti yang sudah kita jelaskan diatas tadi. Maklum rasanya jika smartphone pada kelas harga ini masih memiliki kekurangan di segi fitur. Namun smartphone ini masih sangat recomended dan nyaman untuk digunakan.

Nah, itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan pada smartphone Evercosss Tera S6. Apabila kamu memiliki kritik ataupun pertanyaan seputar artikel ini, silahkan cantumkan saja pada kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu.