Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y50 yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan kekurangan vivo y50

TongkolPedia - Selain seri V, vivo juga memiliki seri lainnya seperti seri Y yang saat ini menjadi smartphone andalan pada smartphone di kelas menengah khususnya di Indonesia. Vivo Y50 menjadi salah satu contoh smartphone yang hadir di Indonesia dengan dukungan chipset yang sangat handal dan irit dalam mengkonsumsi energi. Ditambah lagi dengan kapasitas baterai yang sangat besar.

Bukan hanya itu, kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang dimiliki oleh Vivo Y50 ini terasa sangat besar. Sebelum kamu membeli smartphone ini, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Vivo Y50 melalui artikel yang akan dibahas TongkolPedia kali ini.

Spesifikasi Vivo Y50

Chipset Qualcomm Snapdragon 665
CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Memori Eksternal microSDXC (dedicated slot)
Kamera Depan 16 MP, f/2.0, (wide)
Kamera Belakang 13 MP, f/2.2, (wide), 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth)
Format Video 1080p@30fps, 1080p@30fps
Layar IPS LCD Display
Ukuran Layar 6.53 inci, 20:9
Resolusi Layar Full HD+, 2400 x 1080 piksel
Dimensi 162 x 76.5 x 9.1 mm
Berat 197 g
Baterai 5000 mAh
WiFi WLAN 802.11a/b/g/n
Bluetooth Bluetooth 5.0
NFC Tidak Ada
GPS GPS, AGPS, GLONASS, GALILEO
Audio Jack Yes, 3.5 mm Audio Jack Standard
Port 2.0, Type-C 1.0 reversible connector

Kelebihan Vivo Y50

Kelebihan vivo y50
Vivo Y50 sudah dibekali oleh chipset Qualcomm Snapdragon 665 Octa-Core 2 Ghz yang memiliki performas yang sangat cepat untuk smartphone di kelas menengah. Sementara untuk RAM, smartphone ini memiliki RAM dengan kapasitas 8 GB. Penyimpanan internal smartphone ini juga lumayan besar dengan kapasitas 128 GB sehingga sangat memudahkan penggunanya menyimpan banyak data seperti aplikasi, game, foto, lagu, ataupun dokumen. Jika penyimpanan yang disediakan ini dirasa masih belum cukup, pengguna masih dapat menyematkanmicroSD pada slot yang sudah disediakan Vivo Y50.

Dengan melihat pasar Indonesia saat ini, Vivo juga turut menghadirkan baterai dengan kapasitas besar yaitu 5000 mAh pada smartphone Vivo Y50. Bahkan terdapat juga teknlogi 15W Fast Charging sehingga pengguna dapat mengisi daya baterai dengan sangat cepat.

Pada segi desain, smartphone ini memiliki desain yang sangat kekinian dengan bagian depan dipenuhi layar ditambah punch hole pada bagian kira atas. Punch hole ini berfungsi untuk meminimalisir bezel pada bagian atas layar dna juga bisa menyimpan kamera depan 16 MP. Sementara untuk layar, Vivo Y50 memiliki layar yang cukup lebar yaitu 6,53 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dan ditambah teknologi IPS LCD.

Pada bagian belakang, terdapat empat lensa kamera yang terdiri oleh kamera utama 13 MP, ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan depth 2 MP. Selain itu, terdapat juga sensor fingerprint yang bisa digunakan untuk memudahkan membuka kunci hanya dengan menggunakan sidik jari. Sebagai alternatif, Vivo Y50 juga menambahkan teknologi Face Unlock untuk membuka kunci dengan wajah.

Funtouch OS 10 berbasis Android 10 sudah dibenamkan pada smartphone yang satu ini. Belum cukup sampai disini, Vivo Y50 juga memiliki port USB Type-C, WiFi, Bluetooth, GPS, dan port audio jack 3,5 mm.

Kekurangan Vivo Y50

Kekurangan vivo y50
Untuk smartphoen yang memiliki harga sekitar Rp 3,6 jutaan, sangat disayangkan apabila Vivo Y50 ini masih belum memiliki fitur NFC (Near-Field Communication). Padahal kebanyak smartphone pada kelas harga ini bahkan dibawahnya sudah dibekali oleh fitur tersebut.

Sensor NFC ini berfungsi untuk berbagai kebutuhan seperti tarnsfer data antar smartphone dengan sangat cepat, pembayaran digital, pengecekan atau pengisian saldo e-money, dan masih banyak lagi kegunaan dari sensor NFC ini.

Selian itu, fakta bahwa kamera makro yang dimiliki oleh Vivo Y50 hanya memiliki resolusi 2 MP. Hal ini sangat disayangkan karena hasil yang diperoleh akan terasa kurang bagus jika dicetak pada kertas foto. Apabila pengguna smartphone ini hanya ingin membagikan hasil foto pada sosial media,, amka kualitas gambarnya masih dapat dimaklumi.

Penutup

Itulah pembahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh smartphone Vivo Y50. Untuk smartphone pada kelas harga segini, masih dimaklumi apabila masih memiliki kekurangan. Apabila kamu memiliki tambahan untuk informasi kali ini, dapat dituliskan saja pada kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kamu.
Indonesia Website Awards