Cara Mudah Merawat Laptop Agar Panjang Umur

Cara Mudah Merawat Laptop Agar Panjang Umur
TongkolPedia - Banyak sekali ditemukan pengguna laptop yang membiarkan laptopnya menyala atau dimatikan dalam mode sleep saja dalam waktu yang sangat lama. Padahal hal ini  bukanlah cara yang teap dalam menggunakan laptop dan justru dapat membuat laptop kesayangan kamu cepat rusak.
Selain mematikan laptop secara rutin, masih terdapat lagi beberapa cara yang bisa kamu ikuti sehari-hari agar laptop kamu dapat bertahan lama dan awet. Jika laptop kamu awet dan berumur panjang, tentunya kamu akan menjadi hemat karena tidak perlu memperbaikinya ataupun membeli berkali-kali. Berikut ini TongkolPedia berikan beberapa cara untuk merawat laptop agar panjang umur.

1. Rutin bersihkan Keyboard dan lubang port-nya


Setiap laptop pasti memiliki celah diantara keyboard dan lubang port, termasuk laptop kesayangan kamu. Nah, celah-celah ini sangat rawan sekali untuk terisi oleh kotoran maupun debu. Oleh karena itu, sangat penting rasanya untuk rutin membersihkan celah-celah tersebut.

Cara membersihkanya, kamu dapat menggunakan vacuum cleaner kecil yang mengambil tenaga dari USB. Jika tidak punya, kamu juga bisa membersihkan manual menggunakan tissue ataupun kapas, tapi tetap dengan hati-hati ya.

Jika keyboard rusak maka akan sulit untuk diperbaiki. Dan jika bisa, maka harganya pun tidak murah.

2. Bersihkan layar dengan rutin

bersihkan layar laptop

Bukan hanya celah-celah keyboard dan port yang perlu dibersihkan, namun layar laptop kamu juga sama pentingnya. Diusahakan layar laptop kamu tidak ada noda membandel yang tertinggal dan sulit dibersihkan.

Kamu bisa membersihkan layar laptop milikmu dengan menggunakan lap microfiber yang biasanya digunakan untuk membersihkan kacamata. Dengan ini, kamu bisa merawat layar laptop kamu agar tetap bersih dan terjaga dari goresan.

3. Gunakan Tas Laptop

Selain bagian layar, bagian luar laptop kamu juga sangat berpeluang untuk tergores. Apalagi jika kamu memasukkannya secara sembarang ke dalam tas.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kamu memiliki tas khusus laptop yang mampu melindungi bagian luar laptop kamu. Dengan menggunakan tas laptop khusus, maka laptop milik kamu akan tetap mulus seperti layaknya baru dibeli.

4. Jauhkan dari Makanan dan Minuman

Dilarang makan depan laptop
Sangat tidak disarankan bagi kamu yang sering makan ataupun minum ketika sedang menggunakan laptop disaat kerja. Hal ini disebabkan cipratan dari minuman ataupun remahan makanan kamu beresiko mengotori laptop ataupun masuk ke dalam celah celah laptop, sehingga laptop kamu bisa rusak. Jika sedikit, mungkin masih bisa dibersihkan. Namun, apabila sudah banyak dan menumpuk, ini yang sangat berbahaya.

Bukan hanya lapto, tapi tubuh kamu juga terkena dampak negatif dan merugi. Laptop yang biasanya kita bawa kemana-mana, sangat dipenuhi oleh baktero. Ketika kamu bergantian memegang makanan dan laptop, maka bakteri tersebut bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

5. Rawat Kesehatan Baterai

Baterai juga termasuk kedalam komponen penting dalam sebuah laptop. Baterai ini merupakan salah satu komponen yang sangat mudah rusak. Padahal, sumber energi dari sebuah laptop berasal dari baterai ini. Oleh karena itu, sangat penting rasanya untuk dapat menjaga kesehatan baterai laptop ini.

Jika baterai laptop ini sampai rusak, maka mau tidak mau kamu harus memakai energi yang berasal dari listrik. Saat sudah seperti ini, maka produktivitas kerjaan kamu juga akan sangat terganggu karena kamu hanya mengandalkan dari listrik. Apabila pada suatu saat listrik tersebut padam, maka laptop kamu juga ikutan mati.

Oleh karena itu, hindari menggunakan laptop hingga baterainya kosong. Disarankan untuk menyambungkanya ke listrik saat kapasitas baterai belum menyentuh 20%.

6. Jaga Ventilasi Laptop

ventilasi laptop
Cara untuk merawat laptop agar dapat berumur panjang selanjutnya adalah dengan menjaga suhunya. Coba perhatikan laptop milikmu, pasti setiap laptop itu memiliki bagian exhaust yang merupakan bagian terpanas pada permukaan laptop. Bagian ini berfungsi sebagai jalan keluarnya suhu tinggi yang berasal dari mesin laptop. Untuk menjaga kesehatannya, maka jangan pernah tutupi bagian exhaust ini dengan apapun. Hal ini sering terjadi ketika kamu menggunakan laptop dan meletakkannya pada permukaan yang empuk seperti kasur. 

7. Matikan Laptop dengan Benar

matikan laptop dengan benar
Setelah laptop dipakai bekerja selama seharian, mematikan laptop pada malam hari menjadi sebuah keharusan yang harus kamu kerjakan. Hal ini berguna untuk memberi ruang agar laptop bisa beristirahat setelah digunakan selama seharian penuh. Saat digunakan keesokan harinya, maka laptop kamu sudah dalam keadaan yang siap. 

Buak hanya itu, jika kamu memiliki jam istirahat selama 1 atau 2 jam, disarankan untuk tidak dimatikan ya. Alangkah baiknya untuk memberinya jeda istirahat menggunakan mode sleep. Sebab, ketika laptop dimatikan, maka laptop kamu akan butuh energi yang sangat besar ketika dinyalakan kembali. Hal ini yang sangat tidak baik jika terus-terusan dilakukan.

8. Tutup Laptop Setelah Digunakan

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan agar laptop kamu tetap sehat adalah dengan menutupnya ketika sedang tidak dipakai. Langkah ini dapat mencegah laptop kemasukan kotoran ataupun debu. Bukan hanya itu,hal ini juga menghindari laptop dari kejatuhan barang atau dorongan yang tidak disengaja.


Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat laptop kesayangan kamu agar tetap sehat dan berumur panjang. Silahkan terapkan hal-hal yang sudah dipaparkan ini agar laptop kerjamu tetap awet. Bukan hanya itu, masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk merawat gadget kesayangan kamu. Nah, apabila kamu memiliki tambahan mengenai tips merawat laptop, silahkan kamu cantumkan saja di kolom komentar dibawah ini ya. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kamu semua.
Indonesia Website Awards