Keunggulan dan Kekurangan Aplikasi Telegram yang Wajib Diketahui

Telegram adalah salah satu perangkat lunak yang menyediakan layanan pengiriman pesan instan multiplatform berbasis cloud.
Kelebihan dan kekurangan aplikasi telegram

TongkolPedia - Siapa yang masih belum mengenal aplikasi chat Telegram? Salah satu aplikasi pesan instan yang saat ini sedang naik daun dikarenakan menurut pendirinya Pavel Durov bahwa Telegram sudah diunduh sebanyak 500 juta lebih pengguna aktif dan tercatat sebanyaj 25 juta pengguna baru dalam 72 jam.

Bagi kamu yang masih belum mengenal aplikasi Telegram, aplikasi ini merupakan salah satu perangkat lunak yang menyediakan layanan pengiriman pesan instan multiplatform berbasis cloud yang dapat dinikmati secara gratis dan non-profit. Aplikasi ini juga mudah digunakan baik melalui smartphone maupun perangkat komputer.

Setiap pengguna aplikasi Telegram ini mampu mengirimkan pesan dan berbagai file dari stiker, video, foto, audio, dan berbagai tipe format lain yang didukung Telegram. Untuk segi keamanan, aplikasi telegram menggunakan pengiriman pesan bersistem enkripsi ujung-ke-ujung, artinya pesan yang kamu kirim hanya dapat dibaca oleh pengguna yang sedang berkomunikasi.

Masih banyak lagi keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh aplikasi pesan Telegram ini, begitu pula dengan kekurangan yang kemungkinan dimiliki oleh aplikasi ini. Oleh karena ini, kali ini TongkolPedia akan menguraikan beberapa keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi telegram.

Keunggulan Aplikasi Telegram

1. Ukuran Pengiriman File Besar

Keungulan pertama yang dimiliki Telegram dan tidak dimiliki oleh aplikasi pengirim pesan lainnya adalah kemampuan untuk mengirim berkas berukuran besar hingga maksimal 1,5 GB. Dengan ukuran maksimal berkas pengiriman ini kamu bisa membagikan berbagai film, series, ataupun video yang memiliki size sangat besar. Tentunya hal ini sangat berbeda dengan kebanyakan aplikasi pengirim pesan pada umumnya yang hanya mampu mengirim berkas dengan maksimal size 100 MB. Tidak heran lagi apabila kebanyakan orang akan merekomendasikan untuk menggunakan Telegram jika ingin mengirim file yang berukuran besar.

2. Memberikan Pilihan File Asli/Kompresi

Terkadang ketika kita ingin mendapatkan file gambar dengan ukuran asli, namun kadang kala juga kita membutuhkan file yang sudah dikompresi karena memori smartphone yang tidak cukup. Untuk masalah ini, Telegram sudah memberikan pilihan kepada pengguna untuk memiliki mengirim berkas dengan ukuran asli saja atau berkas yang sudah dikompresi.

Keunggulan ini tentunya jarang kamu temukan pada aplikasi pengirim pesan lainnya yang pada umunya hanya akan mengirimkan gambar ataupun berkas secara otomatis ressolusi, kualitas dan ukuran foto akan menjadi menyusut. Jika di WhatsApp kamu harus menggunakan fitur dokumen untuk mengirimkan file dengan ukuran asli. Namun, dengan telegram kamu hanya perlu mengirim file kamu ke kolom chat, maka Telegram akan memberikan pilihan ingin mengirim dengan file asli atau file yang sudah dikompresi.

3. Akses Mudah

Akses Mudah Telegram

Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini, lupa membawa smartphone disaat sedang sedang genting atau melakukan pembicaraan yang sangat krusial melalui aplikasi berkirim pesan. Namun, hal ini tidak perlu kamu khawatirkan apabila kamu menggunakan Telegram. Aplikasi Telegram memungkinkan kamu untuk tetap bisa berkomunikasi hanya dengan mengakses Telegram melalui perangkat komputer ataupun PC. 

Lalu muncul pertanyaan, apa bedanya dengan aplikasi lain seperti WhatsApp? Jika menggunakan aplikasi lain, kamu dapat membukanya melalui pernagkat lain apabila aplikasi pesan tersebut sedang dalam kondisi aktif di smartphone tersebut. Berbeda dengan Telegram, kamu bisa menggunakan aplikasi ini dalam kondisi dan situasi apapun. Jadi, apabila smartphone kamu tertinggal dalam keaadaan mati karena kehabisa baterai, kamu masih tetap bisa mengakses Telegram melalui perangkat komputer ataupun PC.

4. Tertata Menggunakan Hashtag

Telegram Tertata Menggunakan Hashtag

Siapa sih yang tidak mengenal hashtag atau tanda tagar '#'? Ya, tanda ini bisa juga kamu gunakan di aplikasi berkirim pesan Telegram. Fungsi tagar pada telegram ini juga masih sama yaitu untuk memudahkan mengelompokkan konten.

Dengan menggunakan hashtag, kamu dapat dengan mudah untuk menemukan chat ataupun berkas yang telah tenggelam sehingga tidak perlu repot-repot mencarinya kebawah secara manual. Bukan hanya itu, hashtag ini juga bisa membuat grup chat kamu menjadi telihat lebih rapi.

5. Terdapat Channel dan Bot

Terdapat Channel dan Bot

Fitur Channel ini merupakan salah satu fitru terkenal dari telegram. Tujuan dari fitur ini sebenarnya hampir sama dengan grup chat dimana kamu dapat berkomunikasi dengan banyak anggota. Namun sedikit berbeda dimana jika menggunakan grup chat kamu mampu merespon atau berkomunikasi. Sedangkan pada Channel, kamu tidak dapat merespon dan berkirim pesan atau bisa dikatakan dengan komunikasi satu arah. Fitur ini juga bisa dikatakan sebagai radio, namun dalam versi tulisan.

Kapasitas anggota pada channel memiliki jumlah yang cukup besar, sehingga fitur ini seringkali digunakan oleh Owner online shop  untuk menjajakan atau mempromosikan produknya. Kamu juga bisa mencari channel yang sesuai dengan minat kamu melalui kolom pencarian.

Kemudian telegram juga memiliki fitur bot dimana fitur ini seperti akun biasa, namun dioperasikan melalui perangkat lunak bertenaga kecerdasan buatan atau sering disebut sebagai Artificial Intelligence (AI) yang mampu melakukan banyak hal seperti mengunduh video, lagu, kamu, dan masih banyak lagi.

6. Grup dengan Kapasitas Anggota Besar

Keunggulan lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan Telegram adalah kamu dapat membuat sebuah grup dengan jumlah anggota yang cukup besar bahkan lebih dari 500 anggota. Hal ini tentunya sangat keren, karena pada aplikasi berkirim pesan lainnya kamu hanya mampu membuat grup dengan anggota kurang dari 500 orang. Pada telegram kamu mampu mengundang anggota pada sebuah grup hingga 30.000 anggota.

Dengan keuntungan ini maka Telegram sangat cocok untuk dijadikan wadah grup chat dengan banyak member seperti grup fans idol, alumni sekolah dan lain-lain. 

7. Penyimpanan Besar

Penyimpanan Besar

Telegram memiliki memori penyimpanan yang bersifat cloud yang mampu menghemat penyimpanan internal smartphone kamu. Berbeda dengan aplikasi berkirim pesan lainnya yang menggunakan penyimpanan internal untuk menyimpan seluruh percakapan ataupun file. Pada Telegram, segala bentuk percakapan ataupun file unduhan akan secara otomatis tersimpan pada  penyimpanan cloud.

Dengan adanya penyimpanan cloud ini, Telegram mampu memberikan proses pengiriman pesan yang mudah dan juga cepat. Bahkan kamu juga tetap bisa mengirimkan pesan ketika tiba-tiba jaringan internet kamu Edge, dimana pada kondisi ini biasanya pengiriman pesan pada aplikasi lain menjadi terganggu bahkan pending.


Kekurangan Aplikasi Telegram

1. Tidak Dapat Update Status

Tidak seperti kebanyakan aplikasi berkirim pesan lainnya yang mampu mengunggah status, di aplikasi Telegram kamu tidak bisa melakukan hal tersebut. Pada Telegram sangat kurang dalam segi sosial dan berbaur yang tidak dimiliki oleh penggunanya.

Mungkin sebagai orang merasakan bosan ketika menggunakan Telegram karena kamu tidak dapat membagikan kegiatan ataupun curhatan hati kamu. Jika ingin melakukan hal tersebut, maka kamu bisa menggunakan media sosial lainnya yang memiliki fitur ini seperti Line, WhatsApp dan lainnya. 

2. Tidak Mampu Melakukan Video Call

Di era sekarang ini banyak kegiatan yang dilakukan secara digital, seperti rapat, seminar dan sejenisnya dengan banyak ornag. Jika kamu ingin melakunnya dengan kapasitas orang yang lebih dari 2 orang, maka Telegram bukanlah jawabannya. Hal ini dikarenakan hingga saat ini Telegram belum mendukung fitur grup video call seperti pada aplikasi media sosial lainnya. 

Telegram hanya mendukung video call secara personal dengan maksimal dua orang pengguna. Jadi, apabila kamu sering melakukan rapat ataupun diskusi dengan banyak orang, disarankan untuk menggunakan aplikasi lainnya.

3. Banjir Pesan dari Grup

Banjir Pesan dari Grup

Untuk kamu yang biasanya sering ketinggalan informasi dikarenakan sibuk dan tidak sempat membuka grup dengan sering atau dikenal dengan istilah menimbun pesan mungkin kamu akan malas untuk membaca keseluruh pesan yang terkirim apalagi jika pesan yang masuk tersebut sudah mencapai ratusan bahkan ribuan.

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa Telegram ini mampu untuk menampung banyak anggota dalam sebuah grup. Namun, hal ini juga bisa menjadi salah satu kekurangannya karena akan susah untuk melacak percakapan yang terlah masuk dari banyaknya anggota di grup. Memang terdapat fitur hashtag, namun hal ini juga akan membutuhkan waktu lagi untuk mencari kata kunci yang ingin kamu temukan. terlbih lagi apabila kamu tergabung dalam banyak grup yang memiliki anggota cukup banyak. Tentunya kamu akan kebanjiran chat yang masuk.

4. Tidak Dapat Melakukan Enkripsi

Ketidakmampuan telegram dalam melakukan enkripsi menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Telegram. Pada dasarnya telegram menggunakan enkripsi buatannya sendiri yang disebut MTProto. Namun pengguna tidak dapat mengakses sistem enkripsi yang mereka buat ini karena tidak open source dan hanya pihak Telegram saja yang mengetahuinya.

Bukan hanya iut, jika terdapat chat yang berkeliaran di Telegram termasuk percakapan yang sudah disimpan dengan fitur Secret Chat, maka data tersebut masih akan tersimpan pada server mereka. Namun, hingga sekarang belum terdapat kasus Telegram mengalami kebocoran data dan semoga hal ini tidak terjadi.


Penutup

Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan yang wajib kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan ketika ingin menggunakan Telegram. Bisa saya simpulkan sedikit bahwa telegram ini sangat cocok untuk wadah aktivitas atau bisnis yang serius. 
Apabila kamu memiliki tambahan mengenai keunggulan dan kekurangan pada Telegram, kamu dapat mencantumkannya pada kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kamu semua.