Dukung TongkolPedia dengan cara vote pada Indonesia Website Awards 2021. Vote

5 Kelebihan SSD Dibandingkan HDD

Hardisk merupakan media penyimpanan pertama yang muncul dan penyimpanan ini sudah dapat dikatakan tua dan uzur. Kemudian, hadirlah SSD.
5 Kelebihan SSD Dibandingkan HDD
SSD dan HDD (jalantikus.com)
TongkolPedia - Pada dasarnya, SSD (Solid State Drive) maupun hardisk memiliki kegunaan yang sama yaitu sebagai tempat penyimpanan sebuah perangkat. Hardisk merupakan media penyimpanan pertama yang muncul dan penyimpanan ini sudah dapat dikatakan tua dan uzur. Kemudian, hadirlah sebuah teknologi pengganti dari hardisk yang kita kenal dengan SSD.

Sebenarnya kelebihan yang dimiliki SSD ini sudah banyak diketahui oleh sebagian pengguna. Namun, untuk kamu yang masih bingung dengan kelebihan apa saja yang dimiliki SSD dibandingkan dengan Hardisk, kali ini TongkolPedia akan membahasanya untuk kamu. Sebelum itu, mungkin ada baiknya untuk lebih dahulu mengetahui pengertian dari masing-masing penyimpanan ini.

Solid State Drive (SSD)

SSD
Solid State Drive (tokopedia.com)
Solid State Drive atau sering dikenal dengan singkatan SSD merupakan salah satu inovasi terbaru sebagai media penyimpanan perangkat kompoter pada saat ini. Hadirnya SSD ini menjadi salah satu alternatif pengganti selain Hard Disk Drive (HDD). Mengikuti perkembangan zaman pada saat ini, membuat lebih banyak produsen perangkat komputer yang lebih memiliki untuk menggunakan SSD dibandingkan hardisk.

Jika kita lihat, SSD ini hampir sama dengan flashdrive. Perbedaannya hanya terdapat pada dimensi SSD yang lebih besar dan juga pipih seperti hardisk 2,5 inchi. Bukan hanya itu, chip yang digunakan pada SSD mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar dan juga kencang dibandingkan dengan flash drive.

Jika kita membedakannya dengan hard disk, SSD juga lebih unggul dengan teknologi yang dimilikinya lebih canggih dan lebih hemat dalam penggunaan daya baterai. Sehingga apabila komputer ataupun laptop yang menggunakan SSD dapat lebih hemat listrik dibanding ketika menggunakan hard disk.

Bentuk memori yang digunakan SSD berupa chip yang saling terhubung dan juga tidak terdapat komponen yang bergerak sehingga membuatnya terasa lebih ringan pada perangkat yang menggunakannya dibandingkan dengan kepingan hard disk yang selalu bergerak.

Hard Disk Drive (HDD)

Hard Disk (tekno.kompas.com)
Hard disk atau HDD merupakan komponen penyimpanan internal data perangkat komputer yang sudah ada sejak tahun 1956. Pada awalnya hard disk dinamakan dengan IBM dengan fungsi sebagai tempat penyimpanan file pada komputer. Hard disk menggunakan piringan magnetik untuk menyimpan data serta untuk menulis ketika dalam keadaan darurat.

Kemudian hard disk mengalami perkembangan yang pada awalnya hanya bisa menyimpan satu byte data saja, sekarang sudah sampai terabytes. Walaupun sudah muncul teknologi penyimpanan SSD yang lebih baru, namun masih ada juga produsen perangkat komputer yang menggunakan HDD sebagai media penyimpanannnya. Hal ini dikarenakan hard disk memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan SSD serta harganya yang jauh lebih murah.

Kelebihan SSD dibandingkan HDD

Booting Lebih Cepat

Booting merupakan hal yang juga penting bagi sebuah perangkat komputer. Apabila proses booting yang dimiliki komputer cepat, maka komputer dapat dihidupkan hanya dalam hitungan detik saja. Hal ini tentunya akan mempermudah pekerjaan kamu dalam segi waktu sehingga lebih cepat dan efisien dikarenakan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggunya.

Transfer File Cepat

SSD mampu menyalin dan menempelkan sebuah file lebih cepat dengan HDD dengan persentase 50% lebih cepat. Kelebihan ini juga sangat menguntungkan pengguna apabila ingin mentrasfer file dalam jumlah besar dan banyak sehingga tidak membutuhkan waktu lama dibanding ketika menggunakan HDD.

Hemat Listrik

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya diatas bahwasanya SSD mempunyai teknologi yang lebih canggih serta lebih hemat penggunaan daya yang otomatis juga sangat menghemat listrik. SSD ini hanya membutuhkan daya 10% dari sebuah perangkat.

Ringan

Perangkat komputer yang menggunakan penyimpanan SSD cenderung lebih memiliki bobot yang sangat ringan dibandingkan dengan yang menggunakan hard disk. Hal ini dikarenakan chip pada SSD saling terhubung satu sama lain dan didalamnya tidak memiliki komponen yang bergerak.

Multitasking

Multitasking merupakan salah satu hal yang sangat penting apabila kamu ingin melakukan sebuah pekerjaan. Dengan dukungan multitasking, pekerjaan yang kita miliki lebih sangat cepat terselesaikan, terlebih jika pekerjaan tersebut dengan jumlah yang sangat besar. Namun, tidak semua perangkat komputer bisa mendukung hal ini. 

Apabila komputer atau laptop yang menggunakan SSD, maka tidak akan menjadi berat ketika melakukan multitasking. Dikarenakan mesin pembaca yang dimiliki SSD ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan memori lainnya.


Penutup

Nah, iutlah kelebihan yang dimiliki oleh SSD dibandingkan dengan hard disk. Sekarang sudah tau kan kamu mau menggunakan perangkat komputer atau laptop dengan penyimpanan yang mana. Sebenarnya antara SSD maupun HDD keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Jadi, silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Apabila kamu memiliki tambahan mengenai penjelasan tentang SSD dan HDD kali ini, silahkan cantumkan saja pada kolom komentar di bawah ini. Semoga informasi kali ini dapat membantu dan menambah wawasan kita semua.

Post a Comment

- Mohon berkomentar dengan wajar.
- Dilarang menyertakan link aktif maupun tidak aktif.
- Dilarang berkomentar dengan unsur Pornografi, SARA, promosi dan hal-hal yang bertentangan dengan hukum yang berlaku.


Jika ada hal-hal yang tidak pantas atau bertentangan, Saya selaku pemilik blog ini tidak segan menghapus komentar Anda.
Terima Kasih!!
© TongkolPedia. All rights reserved. Developed by Jago Desain