Perbedaan Antara TrueType Font (TTF) dan OpenType Font (OTF)

Perbedaan Antara TrueType Font (TTF) dan OpenType Font (OTF)
Perbedaan TTF dan OTF (jalantikus.com)

TongkolPedia
- Ketika kita sedang mencari font yang cocok untuk pekerjaan desain kita, sering kali kita melihat format file TrueType Font (TTF) dan OpenType Font (OTF) pada font tersebut. Mengetahui perbedaan kedua jenis font ini tentunya sangatlah penting, apalagi bagi kamu yang saat ini bekerja pada bidang desain dan kreatif, tentunya kamu wajib sekali untuk mengetahuinya. Karena jika kita lihat secara sekilas saja, maka kedua jenis font baik TTF dan OTF ini seperti tidak menunjukkan perbedaan.
Namun, tahukah kamu perbedaan diantara kedua jenis format file font ini? Jika belum, kali ini TongkolPedia sedikit akan membahas mengenai perbedaan diantara kedua jenis font ini agar kamu tidak bingung lagi dalam menggunakannya.

TrueType Font (TTF)

TrueType Font (TTF) merupakan jenis format file pada font yang dikembangkan oleh Apple pada tahun 1980-an yang tujuannya untuk menyaingi font Type 1 Adobe. Lisensi pada TTF ini diberikan secara gratis oleh Apple pada Microsoft agar penggunaanya bisa lebih meluas. Oleh karena itu, format file font TrueType ini sangat sering kita temui pada sistem operasi komputer seperti Windows dan macOS.

True Type Font (TTF) ini diciptakan agar muncul satu saja format file yang mampu dibaca dengan mudah oleh printer serta agar font ini dapat digunakan dengan mudah secara lintas platform.

OpenType Font (OTF)

OpenType Font (OTF) merupakan jenis format file pada font yang dikembangkan oleh Microsoft berdasrkan TTF dengan menawarkan tingkat fleksibilitas yang lebih jika dibandingkan dengan TrueType. Kemudian, Adobe bergabung untuk berkerja sama dengan Microsoft untuk mengambangkan OpenType Font ini menjadi lebih jauh lagi seperti dalam hal integrasi berbagai aplikasinya mulai dari Photoshop, Illustrator, dan lain sebagainya menjadi koleksi pada bursa font mereka.

Keunggulan format file font OpenType Font ini adalah kemampunnya untuk menampilkan huruf alternatif atau glyph serta mampu menyimpan beberapa jenis font seperti bold, regular, italic, dan lain-lain hanya dalam satu file. Hingga saat ini font jenis OpenType ini sudah banyak tersedia.

Perbedaan Antara TTF dan OTF

Nah, seperti yang sudah kita dijelaskan diatas bahwasanya jenis format file OTF memiliki kelebihan untuk menampilkan glyph, ligatures, karakter otomatis dan lain sebagainya hanya dalam satu file. Hal ini berbeda dengan jenis font TTF dimana ia harus menggunakan beberapa file font terpisah untuk menampilkan kelebihan yang dimilik OTF ini.

Dilihat dari kelebihannya yang tentunya sangat bisa memudahkan kita dalam pekerjaan, maka jenis format font OTF sangat cocok untuk kita pilih karena dapat memberikan ruang gerak yang lebih sehingga kamu dapat bermain dengan berbagai bentuk huruf ketika sedang mengerjakan suatu project. Namun, kadang terdapat beberapa font yang tidak menyediakan format jenis ini. Oleh karena itu, kamu juga harus terbiasa menggunakan kedua format font ini.

Jika kamu hanya pengguna biasa yang tidak membutuhkan banyak detail, maka kedua font ini tentunya tidak memberikan pengaruh yang signifikan sehingga kamu dapat menggunakan jenis fotn apa saja sesuai dengan keinginan serta ketersediaan font yang kamu ingin.

Format Font Lainnya

Format font sebenarnya ada banyak sekali, bukan hanya TrueType Font (TTF) dan OpenType Font (OTF). Berikut ini beberapa format font lainnya selain TTF dan OTF yang bisa kamu gunakan.

PostScript Format file font yang dikembangkan oleh Adobe pada 1980-an ini memiliki resolusi yang cukup tinggi. PostScript juga memiliki dua bagian yang terpisah sehingga pengaturan font ini cukup sulit.
Scalable Vector Graphics (SVG) Format ini sebenarnya berbentuk gambar dan sering digunakan untuk pembuatan font.
Embedded Open Type (EOT) Format file font yang sering digunakan saat pembuatan sebuah website.
Web Open Font Format (WOFF) format file font default yang sering digunakan saat membuat website.

Penutup

Itulah pembahasan singkat mengenai perbedaan kedua jenis format font yaitu TrueType Font (TTF) dan OpenType Font (OTF). Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi ketika dihadapkan dengan kedua jenis font ini. Sebenarnya, apapun pilihan font nya itu aman saja dan tidak ada masalah kecuali jika kamu membutuhkan sisi artistik tertentu, maka penting rasanya utnuk mengetahui kedua perbedaan ini. Semoga informasi kali ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu.


Indonesia Website Awards