Spesifikasi dan Harga Lenovo Yoga Slim 7i Carbon: Laptop Slim, Performa Kencang

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon disebut sebagai laptop premium dengan harga yang merakyat karena dijual lebih murah dari kebanyakan laptop premium lainnya.
Spesifikasi dan Harga Lenovo Yoga Slim 7i Carbon
Lenovo Yoga Slim 7i Carbon (pemmzchannel.com)

TongkolPedia - Laptop premium dengan spesifikasi desain tipis, fitur yang lengkap, dan performa kencang biasanya juga dibanderol dengan harga selangit. Namun tidak dengan Lenovo Yoga Slim 7i Carbon yang akan kita bahas kali ini. Laptop ini bisa disebut sebagai laptop premium dengan harga yang merakyat.

Pada saat dirilis, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon mendapat predikat sebagai laptop di kelas premium. Pada dasarnya kebanyakan laptop yang berada di kelas premium dijual dengan harga diatas 25 juta. Namun, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini dijual dengan harga yang lebih murah dari kebanyakan laptop premium lainnya. Agar tidak semakin penasaran, mari kita lihat pembahasan lengkap spesifikasi dan harga Lenovo Yoga Slim 7i Carbon.

Spesifikasi Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

CPU 11th Gen Intel® Core™ i7-1165G7 Processor
11th Gen Intel® Core™ i5-1135G7 Processor
OS Windows 10 Home
Memori Hingga 16GB LPDDR4X Dual Channel
Media Penyimpanan HIngga 1TB M.2 Pcle SSD
Layar 13,3" QHD (2560 x 1600), Dolby Vision, 300 nits, 72% NTSC, 100% sRGB, sertifikasi TUV Rheinland
Grafis Intel®Iris®Xe
Input/Output USB 3.0 Gen 1 (Type-C) ® 2x USB-C Thunderbolt 4 (1 x DisplayPort / Power delivery)
Headphone / mic combo
Kamera Infrared (IR)
Konektivitas Intel®2x2 802.11ax WiFi 6
Bluetooth®5
Audio Speaker 2 x 2W Harman Kardon, Dolby Atmos
2 x digital mics
Baterai 50Wh
Dimensi 13,9mm-14,9mm x 296,9mm x 208,55mm
Berat 966 gram

Desain

Desain Lenovo Yoga Slim 7i Carbon
Desain Lenovo Yoga Slim 7i Carbon (hitekno.com)
Seperti namanya yaitu Lenovo Yoga Slim 7i Carbon, laptop ini memang dirancang menggunakan serat karbon berkekuatan aero-grade pada bagian belakangnya. Mungkin ada dari kamu yang bertanya kenapa warnanya tidak hitam seperti karbon pada umumnya, tetapi malah laptop ini berwarna putih? Nah, hal ini dikarenakan laptop ini butuh proses dan usaha yang sangat panjang untuk menciptakan kesan warna tersebut.

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini melalui proses pewarnaan yang sangat rumit dengan 3-layer high heat yang diklaim membutuhkan waktu hingga 9 jam di atas material karbon hitamnya. Proses ini menghasilkan warna putih bersih dengan tekstur sangat halus dan tampak begitu elegan untuk digunakan sehari-hari. Bukan hanya itu, bodi bagian belakang yang terbuat dari serat karbon ini juga sudah dilengkapi oleh anti sidik jari sehingga sangat aman.

Berkat bodi yang dibuat dari serat karbon membuat Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini juga memiliki bobot yang cukup ringan. Lenovo Yoga Slim 7i Carbon memiliki bobot kurang dari 1 kg atau 966 gram saja dengan ketebalan 14,25 mm. Dengan desain ringkas dan tipis ini membuat Yoga Slim 7i memperoleh standar militer MIL-STD 810G sehingga sudah terjamin daya tahannya dan nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Keyboard Lenovo Yoga Slim 7i Carbon
Keyboard Lenovo Yoga Slim 7i Carbon (tek.id)

Keyboard pada Yoga Slim 7i Carbon sudah dibuat sesuai dengan panduan mengetik pada preiode yang lama dari Occupational Safety and Health Administration yang membuat kualitasnya semakin terjamin. Bukan cuma itu, sensor cahaya yang terdapat pada keyboard ini juga mampu menyalakan serta mematikan backlit keyboard tergantung dengan kondisi cahaya disekitar.

Namun, bahan karbon yang dimiliki laptop ini memiliki durabilitas yang lebih rendah dari laptop yang terbuat dari material aluminium. Bukan hanya itu, layar laptop ini hanya bisa dibuka hingga 180 derajat dan belum mampu untuk dibuka hingga 360 derajat.

Layar 

Lenovo Slim 7i Carbon menggunakan layar berukuran 13,3 inci dengan resolusi Qual HD 2560 x 1600 piksel. Layar ini mampu menghasilkan kerapatan piksel 227 ppi, mempunyai 100% akurasi warna sRGB, menampilkan kecerahan hingga 300 nits, serta tersertifikasi Dolby Vision dan TUV Rheinland. Sehingga laptop Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang bekerja pada bidang konten creator atau bidang videografer yang membutuhkan laptop yang bisa menampilkan video dengan resolusi tinggi.

Keunggulan lainnya yaitu bezel yang mengelilingi layar laptop ini tergolong sangat tipis, padahal pada bagian atas terdapat kamera depan yang juga digunakan sebagai salah satu sistem keamanan pengenalan wajah atau Windows Hello.

Dibalik keunggulannya ini, masih terdapat kekurangan yaitu laptop ini belum mendukung teknologi layar sentuh atau touch screen yang sebenarnya sangat menarik apabila laptop seri Yoga Slim 7i Carbon juga mendukung input layar sentuh.

Audio

Desain yang cukup bagus rasanya masih belum jika tidak dibarengi oleh kualitas audio yang sama baiknya. Lenovo Yoga Slim 7i carbon ini sudah dilengkapi oleh speaker stereo buatan Harman Karbon yang sudah didukung oleh Dolby Atmon. Dengan adanya speaker ini membuat suara yang dihasilkan terdengar cukup baik dan jernih. Namun sayang, apabila mendengarkan audio pada kondisi volume full atau 100%, suara yang dihasilkannya masih terdengar kurang seperti efek bass yang masih dirasa kurang.

Konektivitas

Dikarenakan Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini mempunyai desain tipis dan ramping sehingga tidak terdapat port HDMI, VGA, hingga USB-A pada laptop ini. Namun, sebagai gantinya Lenovo memberikan tiga buah lubang USB-C yang bisa kamu gunakan untuk mengisi baterai ataupun transfer data.

Satu port USB-C 3.0 Gen 1 terletak pada bagian kanan bersebelahan dengan tombol power dan audio jack 3.5mm. Sedangkan untuk dua port USB-C lainnya terletak pada bagian kiri yang sudah didukung oleh Thunderbolt 4. Salah satunya juga mendukung DisplayPort dan Power Delivery sehingga pengguna bisa menggunakan adaptor charger 65W ataupun menyambungkan ke monitor eksternal.

Pada sektor konektivitas, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon sudah didukung oleh Bluetooth 5.1 serta WiFi 6 karena adanya chip Intel Wireless AX201.

Performa

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon
Lenovo Yoga Slim 7i Carbon (gizmologi.id)
Laptop seri Yoga Slim 7i Carbon ini sudah berjalan pada platform Intel Evo yang memang dikhususkan untuk laptop berdesain tipis dan premium dengan dukungan prosesor Intel Gen 11 serta GPU Intel Iris Xe.

Platform ini memberikan jaminan Yoga Slim 7i carbon mempunyai kemmapuan responsif yang bagus, baterai dengan daya tahan lama, kualitas audio visual yang bagus, serta dukungan Intel WiFi 6 Gig+. Baterai yang dimiliki oleh Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini mampu bertahan hingga kurang lebih 6 jam penggunaan dalam pemakaian normal serta membutuhkan waktu 2 jam untuk mengisi penuh daya baterai ini.

Harga Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

Seperti yang sudah kita singgung sedikit diatas bahwasanya Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini dibanderol dengan harga yang tergolong murah untuk sebuah laptop di kelas premium. Biasanya laptop kelas premium dibanderol dengan harga diatas 25 jutaan. Namun, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini dijual dengan harga 15 jutaan saja dengan satu varian warna yaitu Moon White.


Penutup

Nah itulah pembahasan mengenai spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh Lenovo Yoga Slim 7i Carbon. Bagaimana pendapat kamu mengenai laptop yang satu in? Laptop premium yang memiliki desain slim serta performa yang sangat kencang ini sangat cocok digunakan untuk menunjang segala pekerjaan kamu sehari-hari. Semoga pembahasan kita pada kali ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.