Cara Mudah Mendapatkan Financial Aid di Coursera

Jika Financial Aid yang diajukan diterima oleh Coursera, maka kamu bisa mengakses segala keuntungan seperti layaknya membayar kursus.
cara-mudah-mendaftar-financial-aid-di-coursera
Coursera

TongkolPedia - Akhir-akhir ini model pembelajaran Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) sedang ramai digunakan serta menjadi pilihan favorit untuk bisa tetap belajar kapan dan dimanapun. Negara-negara maju di Eropa sudah lebih dahulu menggunakan metode pembelajaran ini. Namun, Indonesia juga sudah menggunakan metode pembelajaran ini sebelumnya, seperti di Universitas Indonesia yang menjadi salah satu Pioneer dalam penggunaan metode pembelajaran jarak jauh.

Kini sudah banyak situs-situs yang memberikan program Massive Open Online Course (MOOC) dengan materi yang sangat berkualitas dari berbagai univeristas dan instansi di seluruh dunia. Salah satu website yang menawarkan MOOC adalah Coursera

Menurut Wikipedia, Coursera sudah berdiri sejak tahun 2012 oleh Andrew Ng dan Daphne Koller yang merupakan seorang profesor dari jurusan Ilmu Komputer Univeristas Stanford. Kursus yang ditawarkan oleh Coursera terdiri dari dua pilihan yaitu berbayar dan gratis. Untuk yang berbayar, kamu dapat mengakses dan mengerjakan seluruh materi dan tugas yang diberikan oleh kursus yang dipilih. Apabila telah menyelesaikan kursus, maka kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti kamu sudah menyelesaikan kursus. Sertifikat tersebut bisa kamu gunakan untuk mempercantik CV ataupun LinkedIn. Sedangkan untuk versi gratis, kamu hanya bisa mengakses materi yang terdapat pada kursus tanpa mendapatkan sertifikat.

Namun jangan khawatir, karena Coursera juga menawarkan pilihan agar kamu bisa dapat mengakses seluruh materi pada kursus serta mendapatkan sertifikat secara gratis yaitu dengan mengajukan Financial Aid. Financial Aid ini bisa dikatakan sebagai Beasiswa. Kamu harus mengisi beberapa pertanyaan yang diajukan sesuai dengan kursus yang ingin kamu ambil. Setelah terkirim, maka jawaban kamu akan di cek terlebih dahulu oleh tim dari Coursera. Jika Financial Aid yang diajukan diterima oleh Coursera, maka kamu bisa mengakses segala keuntungan seperti layaknya membayar kursus.

Nah, kali ini akan saya berikan bagaimana cara mudah agar diterima dan mendapatkan Financial Aid di Coursera,


Cara Mudah Mendapatkan Financial Aid di Coursera

1. Silahkan buka website Coursera dan Login menggunakan akun yang sudah kamu miliki.
coursera-login

2. Pilih Course yang ingin kamu ikuti. Disini saya contohkan dengan menggunakan course First Step Korean by Yonsei University.
3. Pilih Bantuan Keuangan tersedia.
financial-aid

4. Selanjutnya akan muncul pop-up pemebritahuan bahwa jika mendaftar Financial Aid membutuhkan waktu sekitar 15 hari proses. Tekan Lanjutkan ke permohonan.
tutorial-daftar-financial-aid

5. Ceklis beberapa pernyataan dan tulis kalimat yang diperintah yaitu Saya menyetujui persyaratan diatas. Selanjutnya klik Lanjutkan.

6. Isi beberapa pertanyaan yang diajukan.

Jika bingung gimana cara jawabnya agar diterima, silahkan ikuti saja jawaban dibawah ini dan lebih baik agar di kreasikan lagi untuk essai nya ya.
  • Latar Belakang Pendidikan (Education Background) : Gelar perguruan tinggi (College degree)
  • Pendapatan tahunan (Annual Income) : 10
  • Status Pekerjaan (Employment Status) : Pelajar (Student)
  • Seberapa banyak yang bisa Anda bayar? (How much can you afford to pay?) : 1 per Bulan (1 per Month)
  • Mengapa Anda mengajukan Bantuan Financial? (Why are you applying or Financial Aid?) : Minimal 150 kata dalam bahasa Inggris.
Contoh: Silahkan di kreasikan lagi untuk essai nya
I'm a student from a university in Indonesia and currently studying in the department of (your Major) and want to learn about (name of course). I think it will be beneficial for my future career. But I don't have my own job to cover the cost to pay for this course certificate. Financial assistance will help me take this course without affecting my basic monthly needs. So I really need this financial help. I want to take this course because I want to learn it. This course will improve my skills for my job prospects after graduating from my institute. This will help me to perform better in understanding and learning this technology and give me an edge over my competitors. A verified certificate will attach credibility to the certificate I received from this course. I plan to complete all tasks on or before.

  • Bagaimana kursus ini dapat membantu Anda untuk meraih sasaran karier Anda? (How will taking this course hel you achieve your career goals?) : Minimal 150 kata dalam bahasa Inggris.

Contoh: Silahkan di kreasikan lagi untuk essai nya
I am a student (your major) now. My main career goal is to learn and improve my skills. I am eager to learn and develop in my career. In this learning process, there needs to be learning and improvement. Taking this course will help me to learn and learn about (the benefits of this course). This can help me advance in my knowledge. This course will help me to understand more about (the benefits of this course). In times of pandemic, it is difficult to learn something new at my university. Taking this course will help me to broaden my background in (your major). I think this course is suitable for me and can help me to gain knowledge and also help me to prepare for my career. Coursera will help me to improve my skills and especially my knowledge of my future.

  •  Apakah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan pinjaman bunga lunak untuk membayar kursus Anda? (Would you consider using a low-interest loan to pay for your courses?) : Tidak.

  • Jika Anda menjawab tidak, mohon bantu kami untuk memahami alasannya (If you answered no, please help us understand why) :

Contoh: Silahkan di kreasikan lagi
I don't have enough money to invest my education. I can only invest my time now.

 

7. Jika semua sudah terisi, klik Ajukan Permohonan dan tunggu sekitar 15 hari (2 minggu) hingga kamu dikirim Email oleh tim Coursera.

financial-aid-diterima

8. Jika sudah diterima, maka kamu sudah bisa mengikuti kursusnya hingga selesai dan mendapatkan sertifikat secara gratis.


Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara mudah untuk mendaftar Financial Aid di Coursera. Dengan mendaftar bantuan ini, maka kamu tidak perlu lagi membayar biaya tambahan untuk mengambil sertifikat. Apabila ada pertanyaan mengenai pembahasan kali ini, tuliskan saja di kolom komentar dibawah ini. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi kamu semua.