ASUS Expertbook B5 Series, Laptop Bisnis dengan Segudang Fitur Canggih

ASUS ExpertBook B5 di desain secara khusus untuk para pebisnis modern ini memiliki segudang fitur canggih yang bakal memudahkan aktivitas berbisnis.
ASUS-ExpertBook-B5-Series

Bagi seorang pebisnis, laptop menjadi kebutuhan utama yang wajib dimiliki. Apalagi di kondisi pasca pandemi seperti sekarang ini, segala aktivitas bisnis lebih banyak dilakukan menggunakan laptop seperti melakukan meeting online, dan lain sebagainya. Untuk memilih laptop yang cocok tentunya tidak bisa sembarangan. Karena pada dasarnya laptop mempunyai berbagai macam segmentasi, contohnya laptop gaming, laptop bisnis, laptop multimedia, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kamu harus bisa cermat dalam memilih laptop yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kebutuhan. 

Kemampuan untuk melakukan aktivitas secara multitasking dengan berbagai fitur yang dapat menunjang produktivitas bisnis menjadi poin penting yang harus ada pada laptop. Bukan hanya itu, laptop yang ringan agar mudah dibawa ke mana-mana juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih laptop yang cocok. Nah, semua keunggulan ini sudah dimiliki oleh produk laptop terbaru ASUS yang diluncurkan tanggal 27 Februari 2022, yaitu ASUS ExpertBook B5 series yang tersedia dalam dua form factor yaitu ASUS ExpertBook B5 (B5302C) dan ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302F). Kedua tipe ExpertBook B5 ini di desain secara khusus untuk para pebisnis modern dengan  segudang fitur canggih yang bakal memudahkan aktivitas berbisnis kamu. Penasaran keunggulan serta fitur apa saja yang ditawarkan oleh seri laptop ini? Berikut pembahasan lengkapnya.


Desain Tipis dan Ringan

Di era pasca pandemi seperti saat ini, karena kita mulai terbiasa melakukan WFH (work from home) sejak tahun 2020 hingga sekarang membuat pekerjaan yang dilakukan menggunakan laptop sudah bukan menjadi suatu kegiatan yang sulit bagi kita. Bahkan bisa kita lihat saat ini, banyak masyarakat yang malah melakukan pekerjaannya di luar rumah seperti cafe, taman, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan pebisnis yang memiliki mobilitas tinggi seperti sering keluar kota tentunya membutuhkan sebuah laptop yang mempunyai ketahanan jangka panjang serta mudah dibawa ke mana saja. 

Nah, laptop ASUS ExpertBook B5 series ini hadir mengusung desain minimalis juga elegan dengan bodi tipis dan ringan yang terbuat dari bahan aluminium untuk bagian bawah serta aluminium alloy untuk bagian di sekeliling keyboard. Dengan kedua bahan inilah yang membuat ASUS ExpertBook B5 series memiliki bobot yang sangat ringan yaitu hanya 1,3 Kg dengan ketebalan 1.69 mm. 

Walaupun memiliki bodi yang tipis dan ringan, namun ketahanan yang dimiliki laptop ini tidak main-main. ASUS ExpertBook B5 series sudah memiliki standar militer MIL-STD 810H yang menandakan laptop ini sudah lolos melewati beberapa pengujian untuk membuktikan ketahanan jika berada di keadaan ekstrem. 

Military-Grade-ASUS-ExpertBook-B5

Layar yang Comfortable

Berdasarkan survey yang telah dilakukan oleh Detik Network bekerja sama dengan ASUS mendapatkan hasil bahwa 80,20% masyarakat Indonesia mengatakan bahwa pengaruh detail warna dan visual pada laptop adalah sangat penting. Survey ini dilakukan terhadap 500 responden dengan latar belakang, pekerjaan, dan usia yang berbeda-beda. Hal ini menandakan bahwa kualitas layar menjadi salah satu bahan pertimbangan penting sebelum membeli laptop.

OLED-ASUS-ExpertBook-B5-Series

ASUS ExpertBook B5 Series memiliki layar comfortable dengan panel OLED berukuran 13,3" Full HD IPS yang mampu memberikan performa sangat baik dengan rasi warna yang lebih akurat sekaligus melindungi kesehatan mata setiap penggunanya. Kemudian layar pada laptop tersebut juga sudah mendukung fitur touchscreen yang bisa digunakan menggunakan stylus pen. Untuk ASUS ExpertBook B5 Flip memiliki keunggulan lainnya yaitu layarnya dapat dibalik sesuai namanya Flip hingga 360 derajat sehingga dapat digunakan dalam mode tablet.

Sistem Keamanan Ketat dan Canggih

Fingerprint-readin-power-button Webcam-privacy-shield TPM-2-0

Data seorang pebisnis itu lebih mahal dan berharga daripada laptopnya yang menginginkan seluruh data penting yang ada pada laptopnya tetap terjaga dan tidak bocor. ASUS ExpertBook B5 Series memiliki banyak sekali security system baik dari segi hardware maupun software. Pertama, ASUS ExpertBook B5 sudah dilengkapi fingerprint-feading yang sudah terintegrasi dengan power button. Fitur ini mampu mengingat sidik jari saat menekan tombol power sehingga tidak perlu menekan fingerpirnt button atau memasukkan PIN yang sulit diingat. Kemudian, laptop ini juga memiliki face lock yang super cepat, ketika pengguna membuka layar laptop maka secara otomatis sensor face lock akan segera mendeteksi wajah pengguna. 

Selain itu, ASUS ExpertBook B5 Series juga mempunyai security pada bagian webcam dimana terdapat diberikan dua pilihan jika ingin mematikan kamera saat sedang melakukan conferencing video yaitu dengan menekan function button F10 yang akan secara otomatis mematikan video atau bisa menggunakan privacy shutter yang ada di webcam laptop. Penggunaannya juga cukup mudah yaitu cukup dengan menggeser maka webcamnya akan tertutup.

Untuk menjaga keamanan password yang ada pada laptop, ASUS juga meningkatkan keamanannya dengan menambahkan chip kriptografi bernama TPM 2.0 (Trusted Platform Module). TPM ini bekerja dengan cara melindungi segala data penting yang ada pada laptop dengan menyimpan kunci enkripsi yang telah dibuat secara otomatis sehingga menyulitkan pembobol seperti hacker untuk masuk.

Performa Super Ngebut

Jika berbicara soal performa, maka ASUS ExpertBook B5 Series tidak perlu diragukan lagi. Laptop bisnis ASUS ExpertBook B5 sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Untuk prosesor ada sedikit perbedaan antara ExpertBook B5 dengan ExpertBook B5 Flip dimana ExpertBook B5 menggunakan Intel® Core™ i5-Gen11 sedangkan ExpertBook B5 Flip sudah memggunakan Intel® Core™ i7-Gen11. Namun, kedua prosesor ini sama-sama kencang dan mencukupi standar untuk laptop seorang pebisnis.

Peforma yang kencang tanpa dibarengi dengan penyimpanan yang besar tidak akan berarti apa-apa. Namun jangan khawatir, karena ASUS ExpertBook B5 sudah dibekali dengan memori DDR4 3200Mhz berkapasitas 16GB. Jika dirasa belum cukup, memorinya ini bisa ditambah hingga maksimal 48GB. Sedangkan, penyimpanan internalnya berkapasitas 2TB PCIe SSD yang bisa dikonfigurasikan secara RAID.

Daya Tahan Baterai Sangat Panjang

Untuk menunjang segala aktifitas bisnis agar tetap produktif, ASUS ExpertBook B5 Series sudah memberikan baterai 4-Cell dengan kapasitas 66WHrs berteknologi tinggi salah satunya yaitu adanya teknologi fast charging yang di klaim ASUS mampu mengisi daya 60% hanya dalam waktu sekitar 30 menit. Untuk ketahanan baterainya, laptop ini mampu bertahan selama 14 jam dalam penggunaan normal.

Bukan hanya itu, pengisian daya pada laptop ini juga sangat mudah karena seperti yang kita ketahui bahwa laptop ASUS ExpertBook B5 ini menggunakan port USB Type-C Thunderbolt 4 sehingga ketika kamu lupa membawa charger khusus laptop saat bekerja, kamu masih bisa menggunakan charger smartphone atau bahkan powerbank sekalipun asalkan sama-sama menggunakan USB Type-C.

Memiliki Segudang Fitur

ASUS Expertbook B5 series memiliki keyboard yang sangat nyaman ketika mengetik dengan jarak antar tombol yang cukup renggang ditambah dengan adanya bantuan cahaya dari LED backlit. Bukan hanya itu, keyboardnya juga mempunyai layout yang berbeda dengan kebanyakan laptop ASUS lainnya. Terdapat function button pada keyboard yang dibuat lebih simple pada penggunaannya. Jadi, kita cukup menekan function button tanpa harus menekan tombol Fn seperti pada kebanyakan keyboard laptop lain. Function button yang dimiliki ASUS Expertbook B5 series memiliki beberapa fitur tambahan yang sangat membantu aktifitas dalam berbisnis seperti AI noise-cancellation, noise reducing serta camera off button.

Ketika sedang melakukan video conference seperti meeting online dirumah, terkadang ada saja kebisingan-kebisingan yang terjadi di rumah contohnya adalah suara motor yang sedang lewat sehingga menggangu meeting yang sedang berlangsung. Nah, dengan adanya fitur AI noise-cancellation ini membuat segala kebisingan yang ada di sekitar bisa disaring sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih. Akan tetapi bukan hanya suara kebisingan pengguna yang bisa diredam, namun suara lawan juga mampu diredam berkat adanya teknologi AI dua arah yang dimiliki ASUS.

Selanjutnya ada fitur noise reducing. Jika noise-cancellation mampu meredam segala kebisingan suara, maka noise reducing mampu membuat kualitas kamera saat video conference berlangsung menjadi lebih jernih tanpa mengurangi eksposur dan tingkat detail dari kamera.

Beralih pada area touchpad, permukaan yang dimilikinya cukup licin dan masih nyaman digunakan dengan tambahan fitur numPad. Jika kamu seorang pebisnis yang bekerja dalam bidang olah data, maka fitur numPad ini akan sangat membantu. Selain bisa agar menghemat space dalam bekerja, desain yang dimiliki oleh numPad ini juga sangat inovatif dan elegan.

numPad-ASUS-ExpertBook-B5-Series

Bukan hanya memiliki segudang fitur, ASUS juga memberikan banyak sekali port dalam laptop ini. Di sisi sebelah kanan terdapat power button, combo audio jack, USB3.1 Type-C (Gen 2). Kemudian pada sisi sebelah kiri terdapat 2 buah USB Type-C yang sudah support Thunderbolt 4, mini display port, volume button serta lampu indikator.


ASUS ExpertBook B5 series dengan keunggulan dan segudang fitur yang dimiliki seperti desain yang ringan, layar OLED, prosesor Intel® Core™ Gen-11, baterai tahan lama, serta adanya fitur numPad yang mampu menunjang segala aktifitas pebisnis modern, maka laptop ini sudah sangat cocok digunakan sebagai partner kerja disaat pandemi. Bukan hanya memberikan kemudahan dalam berbisnis, laptop ini juga dapat menjamin keamanan data penggunanya agar tetap aman.

Spesifikasi ASUS ExpertBook B5 Series

ASUS ExpertBook B5 (B5302CEA) ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302FEA)
Processor Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz) Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
OS Windows 11 Pro Windows 11 Pro
Graphics Intel Iris Xᵉ Graphics Intel Iris Xᵉ Graphics
Dsiplay 13.3-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 300nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:78 % Touch screen, 13.3-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 300nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:78 %
Memory 16GB DDR4 on board, Max Up to: 48GB 16GB DDR4 on board, Max Up to: 48GB
Storage Max Up to 2TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD Max Up to 2TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD
I/O 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A
2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery
1x HDMI 2.0b
1x micro HDMI (RJ45 lan)
1x 3.5mm Combo Audio Jack
1x USB 3.2 Gen 2 Type-A
2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery
1x HDMI 2.0b
1x micro HDMI (RJ45 lan)
1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720p HD camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6(802.11ax)+BT5.0 (Dual band) 2*2 Wi-Fi 6(802.11ax)+BT5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker
Built-in array microphone
Cortana support
Built-in speaker
Built-in array microphone
Cortana support
Battery 66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion 66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Weight 1.10 kg (2.43 lbs) 1.10 kg (2.43 lbs)
Dimension 30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm (12.17" x 8.29" x 0.67" ~ 0.67") 30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm (12.17" x 8.29" x 0.67" ~ 0.67")
Colors Black Black