Sebelum Beli, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30

Samsung Galaxy A30 hadir bersamaan dengan rilisnya smartphone Samsung Galaxy A50. Samsung Galaxy A30 ini bisa dikatakan sebagai smartphone yang lebih murah dari Samsung Galaxy A50.
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A30

TongkolPedia  - Samsung Galaxy A30 hadir bersamaan dengan rilisnya smartphone Samsung Galaxy A50. Samsung Galaxy A30 ini bisa dikatakan sebagai smartphone yang lebih murah dari Samsung Galaxy A50. 

Spesifikasi dan desain pada kedua smartphone ini tidak jauh berbeda. Keduanya juga menggunakan desain yang sama yaitu menggunakan Infinity-Display. Pengen tau lebih jauh mengenai Samsung Galaxy A30? Yuk simak kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Samsung Galaxy A30

1. Layar Super AMOLED

Layar Samsung A30

Hampir sama dengan saudaranya yaitu Samsung Galaxy A50, smartphone ini juga dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inchi dan sudah mendukung resolusi hingga Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

Dengan didukung dengan layar Super AMOLED, smartphone ini mampu menghasilkan kecerahan yang tingga tetapi tetap hemat daya. Bukan hanya itu, dengan jenis layar ini membuat warna hitam bisa terlihat benar-benar hitam.

2. Kinerja Kencang

Samsung Galaxy A30 didukung dengan chipset Exynos 7904. Dengan chipset ini, Samsung Galaxy A30 ini mampu memberikan kemampuan yang sangat kencang dan multitasking yang lancar. 

Perangkat Samsung Galaxy A30 ini juga didukung dengan RAM dan memori yang begitu besar. Samsung Galaxy A30 memiliki RAM sebesar 4 GB dan memori internal sebesar 64 GB yang bisa diperbesar lagi hingga 512 GB.

3. Kamera Utama Ganda

Kamera Samsung A30

Samsung Galaxy A30 ini dibuat juga untuk memenuhi kebutuhan para fotografer khususnya yang menggunakan smartphone. Smartphone ini sudah dilengkapi dengan kamera ganda dengan resolusi 16 MP lensa utama dan 5 MP lensa ultra wide.

Bukan hanya itu, perangkat ini juga mampu mengambil video dengan sudut pandang yang lebar hingga mencapai 123 derajat. Untuk kamera depan, Samsung Galaxy A30 ini juga tak kalah dengan kebanyakan smartphone di kalangan menengah. Kamera depan pada smartphone ini memiliki resolusi 16 MP.

4. USB Type-C

Meskipun didasarkan untuk perangkat menengah, namun kedua jenis smartphone ini sudah menggunakan USB Type-C. Dengan USB Type-C ini, maka perangkat kamu mampu untuk melakukan transfer data maupun pengisian ulang daya dengan sangat cepat. 

5. Daya Baterai Besar

Pada sektor daya baterai, perangkat Galaxy A30 ini sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas cukup besar yaitu 4000 mAh. Bukan hanya itu, perangkat ini juga sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat berdaya 5 Watt.

Kekurangan Samsung Galaxy A30

1. Fingerprint belum On-Screen

Fingerprint Samsung Galaxy A30

Nah perbedaan antara Samsung Galaxy A50 dan A30 terletak disini. Untuk perangkat Samsung Galaxy A30 ini masih menggunakan sensor sidik jari yang diletakkan pada bagian belakang casing smartphone. Salah satu kelemahan sensor ini adalah sangat susah digunakan apabila jari sedikit kotor ataupun terkena minyak.

2. Layar Belum HDR10+

Layar HDR10+ merupakan teknologi terbaru yang mampu membuat layar smartphone menampilkan gambar dengan lebih detail dan kaya akan warna. Namun sayangnya, saat ini layar HDR10+ ini hanya tersedia untuk perangkat flagship Samsung.


Penutup

Nah, setelah melihat kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A30 ini, apakah kamu berminat memilikinya? Yuk tulis di kolom komentar pendapat kamu tentang smartphone ini. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi kamu untuk membeli smartphone terbaru.